Pembelian Ulang
a)
Pengertian Perilaku
Konsumen
Perilaku konsumen menurut pendapat Swastha dan Handoko
(2000:10) adalah “Kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat
dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa termasuk didalamnya
proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan
tersebut”.
Pendapat lain mengenai perilaku konsumen dikemukaan
oleh Engel, Blackwell, dan Miniard (1994:3) sebagai berikut: “perilaku konsumen
adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
mengkordinasikan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
menyusuli tindakan ini”.
Pengertian perilaku konsumen dari para ahli manajemen
pemasaran ada banyak sekali pendapat mengenai hal tersebut. Sudut pandang para
ahli ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen adalah sebuah aktivitas
konsumen secara langsung dari proses pengambilan keputusan.
Menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2005:4-5), ada tiga
variabel dalam mempelajari perilaku konsumen, yaitu variabel stimulus, variabel
respons, dan variabel antara:
1)
Variabel Stimulus,
merupakan variabel yang berada di luar diri individu (faktor eksternal) yang
sangat berpengaruh dalam proses pembelian, misalnya harga, layanan, kualitas,
citra merek.
2)
Variabel Respon, merupakan
aktivitas individu sebagai reaksi dari variabel stimulus, variabel respon
tergantung pada individu dan kekuatan stimulus, misalnya keputusan membeli
barang, pemberi penilaian terhadap barang, perubahan sikap terhadap suatu produk.
3)
Variabel antara, merupakan
variabel antara stimulus dan respons. Variabel ini merupakan faktor internal
individu, termasuk motif-motif membeli, sikap terhadap suatu peristiwa, dan
persepsi terhadap suatu barang. Peranan variabel antara adalah untuk memodifikasi
respons.
Variabel antara tidak dipakai dalam penelitian yang
akan dilakukan. Karena dalam penelitian kali ini tidak menganalisis pada faktor
internal individu dari konsumen, akan tetapi menitik beratkan pada faktor
eksternal dari konsumen.
0 komentar :
Posting Komentar