Contoh latar belakang Proposal
skripsi dengan judul :
Pengaruh Trust, Commitment,
Communication, Conflict Handling Terhadap Customer Loyalty Pada Bank
BNI Cabang Kebumen
A.
Latar Belakang
Pertumbuhan
ekonomi suatu negara akan optimal apabila didukung oleh peran sektor jasa yang
tumbuh pesat. Peran sektor jasa terutama pada jasa-jasa infrastruktur seperti
keuangan, telekomunikasi, transportasi dan logistik sangat penting untuk
mendukung pertumbuhan dan daya saing perekonomian. Sektor jasa memegang peranan
yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Karena sektor ini merupakan
sektor penunjang terpenting dalam membantu peningkatan dan pertumbuhan ekonomi
Indonesia. Sektor jasa menyumbangkan 45
persen dari total akun yang dimiliki oleh Indonesia. Sektor jasa juga
menyumbangkan angka 60 sampai 80 persen dalam mengurangi kemiskinan Indonesia.
Ini karena jumlah tenaga kerja Indonesia yang bekerja di sektor jasa berjumlah
50 persen dari jumlah tenaga kerja yang dimiliki oleh Indonesia.
Sektor jasa yang semakin tumbuh pesat saat ini
yakni di sektor jasa keuangan. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya
memperoleh layanan jasa keuangan guna meningkatkan kesejahteraan. keuangan digerakkan oleh dua lembaga keuangan
yaitu lembaga perbankan yang terdiri dari bank-bank umum dan lembaga non
perbankan yang terdiri dari pasar modal, lembaga pembiayaan, asuransi, dana
pensiun dan pegadaian.
Sektor
perbankan sangat berperan dalam memobilisasikan dana masyarakat untuk berbagai tujuan. Hal
tersebut menyebabkan terjadinya persaingan antar perbankan seperti Bank BCA,
Mandiri, BNI, BNI, Danamon, CIMB Niaga.
Indeks
loyalitas nasabah paling tinggi untuk produk tabungan bank konvensional, masih
diraih oleh BCA diikuti Bank Mandiri, BNI, BNI, dan BII secara berturut-turut.
Pada tahun ini, BNI berhasil kembali diposisi tiga menggeser BNI yang turun
diposisi empat (marketplusinsight)
Bank BNI di
tahun 2014 memiliki penurunan indeks loyalty dan turun di posisi 4 digeser oleh
Bank BNI. Sementara bank lainnya, Bank BCA, BNI, Mandiri, CIMB niaga mengalami peningkatanindex
loyalitas nasabah. Hal ini menunjukkan ada kemunduran loyalitas nasabah Bank
BNI. Hal tersebut tidak baik bagi pertumbuhan
Bank BNI karena Syarat utama agar perusahaan bisa tumbuh terletak pada
kemampuannya mengelola pelanggan.
Loyalitas
pelanggan meruapakan sebuah sikap yang menjadi dorongan perilaku untuk
melakukan pembelian produk/jasa dari suatu perusahaan yang menyertakan aspek
perasaan didalamnya, khusunya yang membeli secara teratur dan berulang-ulang
dengan konsistensi yang tinggi, namun tidak hanya membeli ulang suatu barang
dan jasa, tetapi juga mempunya komitmen dan sikap yang positif terhadap
perusahaan yang menawarkan produk/ jasa tersebut. Seorang pelanggan yang loyal
adalah aset yang sangat bernilai bagi perusahaan.
Loyalitas pelanggan terhadap suatu produk dan jasa berkaitan 8 dengan konsep
relationship marketing dilandasi oleh faktor-faktor tertentu. Sorce (2002:12)
menyebutkan beberapa faktor yang menentukan relationship marketing, diantaranya
commitment, trust, power, control, balance of power, interdependence, communication, cooperation,
idiosyncratic investments, dan conflict resolution.
Trust atau
kepercayaan adalah satu variabel utama untuk memelihara suatu hubungan jangka panjang. Hubungan jangka
panjang akan meningkatkan tingkat
kepercayaan konsumen terhadap harapan yang akan diterima dari perusahaan sehingga akan mengurangi rasa
khawatir konsumen terhadap pelayanan
yang diterimanya (Morgan dan Hunt dalam Ellena, 2011:20).
Komitmen
pelanggan dapat diartikan sebagai keinginan pelanggan yang berlangsung dalam
jangka waktu yang lama untuk mempertahankan hubungan yang bernilai (valued
relationship) dengan pihak perusahaan, sehingga komitmen yang tinggi pada
akhirnya akan meningkatkan loyalitas pelanggan (Ellena, 2011:24).
Komunikasi merupakan
bentuk penyampaian informasi dari perusahaan ke konsumen. Penyampaian yang baik dan jujur akan menciptakan
rasa percaya dan loyal terhadap suatu jasa atau barang yang diberikan atau
ditawarkan (Ndubisi, 2007).
Aspek konflik
harus dikelola untuk menciptakan hubungan baik antara nasabah dan bank.
Sehingga solusi terbaik adalah terciptanya hubungan fair/adil. Jika perusahaan
menangani keluhan secara baik dan
efektif, perusahaan berkesempatan untuk tetap menguasai pelanggan dan memperbaiki hubungan dengan pelanggan yang
tentunya berdampak positif terhadap
perusahaan, yaitu loyalitas pelanggan (Bruce, 2004:116).
Upaya dalam
perbaikan atau penyempurnaan terhadap unsur-unsur relationship marketing akan
dapat membantu dan memberikan dampak positif terhadap loyalitas nasabah dan
nilai tambah yang baik serta citra perusahaan dimata nasabah. Oleh karena itu, kepercayaan,
komitmen, komunikasi, dan penanganan masalah harus benar-benar dipahami oleh Bank BNI
Cabang Kebumen agar pelanggan tetap
setia terhadap perusahaan.
Berdasarkan
latar belakang diatas maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan
judul “Pengaruh Trust, Commitment, Communication, Conflict Handling
Terhadap Customer Loyalty pada Bank
BNI Cabang Kebumen”.
0 komentar :
Posting Komentar