Studi Kasus 7-Eleven
Sesi Interaktif: Teknologi
Toko 7-Eleven Bertanya Pada Pelanggan Dengan Meminta Data
Sesi Interaktif: Teknologi
Toko 7-Eleven Bertanya Pada Pelanggan Dengan Meminta Data
7-Eleven adalah pengecer konvinience
terbesar di dunia dan jaringan toko barang kebutuhan sehari-hari nomor satu di
Amerika Serikat, dengan 5.300 toko.
Perusahaan
ini dimulai sekitar 75 tahun yang lalu sebagai operator gudang es. Ketika
kulkas mulai menggantikan kotak es, manajer setiap toko menanyakan pelanggan
satu per satu barang apa yang diinginkan pada peralatan barunya. Dengan
menanyakan pelanggan secara langsung dan menyimpan barang yang paling
diinginkan pelanggan saja, perusahaan tumbuh dan menjadi makmur.
1. Mengapa
memahami pelanggan sangat penting bagi perusahaan seperti 7-Eleven?
Memahami pelanggan sangat penting bagi
perusahaan 7-Eleven karena
tanpa pengetahuan terperinci mengenai perusahaan ingin
memaksimalkan peluang bisnisnya dengan cara mengetahui kebutuhan pelanggan di
setiap wilayah atau negara
dimana toko tersebut berada sebab kebutuhan pelanggan di setiap wilayah atau negara berbeda-beda.
Selain itu jika perusahaan dapat memahami
pelanggan maka perusahaan dapat menentukan barang mana yang terjual dengan baik
sehingga perusahaan dapat menambah jumlah stok barang yang menguntungkan bagi
perusahaan dan mengurangi produk-produk yang kurang diminati pelanggan
2. Apa manfaat sistem
informasi eceran 7-Eleven?
Pertama, untuk mengumpulkan data penjualan
dari tiap toko, merekam penjualan tiap hari dari 6 juta pelanggan di Amerika
Serikat dan mengirim informasi real time ke database 7-terabyte Oracle melalui
Sistem Data Elektronik (Electronic Data System-EDS).
KEDUA, 7-eleven memiliki catatan transaksi pembelian dan menganalisisnya menjadi informasi terkait permintaan pelanggan, penetapan harga, dan minat terhadap produk baru, seperti Diet Pepsi Slurpee.
KEDUA, 7-eleven memiliki catatan transaksi pembelian dan menganalisisnya menjadi informasi terkait permintaan pelanggan, penetapan harga, dan minat terhadap produk baru, seperti Diet Pepsi Slurpee.
KETIGA, untuk mengenali pergerakan penjualan,
meningkatkan keragaman produk, menghilangkan produk yang penjualannya lambat
dari persediaan, dan meningkatkan penjualan dan persediaan barang pada toko
tersebut untuk barang yang permintaannya tinggi.
3. Merujuk
pada model Porter, dorongan strategis apa yang berusaha ditangani sistem
informasi eceran?
Pelanggan
7
Eleven berusaha semaksimal mungkin memberikan kualitas serta
performa produk yang terbaik dan mempunyai nilai penting bagi pembeli yang
sulit untuk digantikan dengan kompetitor yang lain.
Pemasok
Kekuatan
tawar menawar para pengecer dari industri ritel ini tergolong kuat karena meski
jumlah pengecer produk barang ada banyak untuk industri ritel, dan pengusaha
ritel dapat berpaling dengan supplier yang mampu menyediakan dengan
produk yang lebih murah namun umumnya convenience store selalu
menawarkan dan memberikan produk yang memiliki kualitas dan performa yang
terbaik untuk ditawarkan kepada konsumen–konsumen. Hal tersebut dimaksudkan
agar meningkatkan rasa kepuasan konsumen untuk berbelanja di gerai convenience
store tersebut.
Produk dan Jasa Pengganti
7
Eleven mempunyai konsep yang lebih memfokuskan pada makanan
segar yang akan dibuat serta disajikan kepada konsumen, produk subtitusi mereka
tidak hanya pesaing sesama convenience store, tetapi juga bersaing
dengan restoran atau warung makan karena produk yang serupa. Namun 7 Eleven
memiliki beberapa menu original milik mereka sendiri yang dipadukan dengan
beberapa menu makanan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kemauan dan minat
konsumen itu sehingga para konsumen dapat menambahkan saus atau bumbu penyedap
lainnya sesuai minat. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi keunggulan 7 Eleven
apabila dibandingkan dengan restoran atau warung makan.
Pemain Baru di Pasar
Dari
sudut pandang akumulasi pengalaman, rantai 7-Eleven sekarang berada dalam
posisi yang menguntungkan dibandingkan dengan pendatang baru. Apalagi 7-Eleven
sudah mempunyai produk unggulan seperti Slurpee yang masih belum bisa
dikalahkan oleh produk dari toko convenience yang lain.
Pesaing Tradisional
Ketika
7 Eleven memasuki bisnis convenience store pada tahun 2010,
Alfamart dan Indomaret adalah kompetitor terbesar dari 7 Eleven. Kedua brand
dari convenience store tersebut sudah lebih dulu memiliki jumlah gerai
jaringan yang besar. Akhirnya dengan mengusung visi “A New Level
OfConvenience Store “ 7 Eleven kemudian memilih untuk memfokuskan diri pada
makanan segar serta penyajian makanan segar tersebut kepada konsumen, berbeda
dengan konsep convenience store pada umumnya yang dimana peritel conveniencestore
yang lain lebih berfokus pada penawaran produk kebutuhan masyasrakat.
4. Strategi
yang digambarkan pada bab, strategi yang mana yang didukung oleh sistem informasi
eceran?
Untuk
kasus 7-Eleven, saya menilai bahwa 7-Eleven menerapkan Strategi
Fokus. Mereka menetapkan suatu pangsa pasar
tertentu untuk menghindar dari pesaing.
Loan Opportunity Offered By Mr, Benjamin That Save My Family From Financial Bondage {lfdsloans@lemeridianfds.com}
BalasHapusHello Everyone, I am Putri Adiratnaa single mom from Jakarta, I would like to share this great testimony on how I got a loan from Mr, Benjamin, when we were driven out of our home when I couldn't pay my bills anymore, After being scammed by various companies online and denied a loan from my bank and some other credit union I visited. My children were taken by the foster care, I was all alone in the street. The day i shamefully walked into an old school mate who introduced me to Daisy Maureen. At first I told her that I am not ready to take any risk of requesting a loan online anymore, but she assured me that I will receive my loan from them. On a second thought, due to my homelessness I had to take a trial and applied for the loan, luckily for me I received a loan of $80,000.00 from Mr, Benjamin. I'm happy I took the risk and applied for the loan. My kids have been given back to me and now I own a home and a business of my own. All thanks and gratitude goes to Le_Meridian Funding Service and for the help of Mr, Benjamin for giving me a meaning to life when i had lost all hope. If you currently seeking for a loan assistance, you can contact them via: {lfdsloans@lemeridianfds.com} Or WhatsApp +1-989-394-3740