Analisa Peluang Pasar
Melalui Segmentasi Pasar
Kosep
peluang pasar
- Kotler (1997:72): adalah suatu bidang
kebutuhan pembeli di mana perusahaan dapat beroperasi secara
menguntungkan.
- Pearce dan Robinson (2000:230) adalah
situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
- Kotler (1997:118), potensi pasar
adalah batas yang didekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran
industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah ditentukan.
Analisa
peluang pasar
Analisa
peluang pasar merupakan proses riset terhadap faktor-faktor lingkungan
eksternal yang mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut.
Lingkungan
eksternal merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan
harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang.
Perusahaan
harus berhati-hati dalam menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari
ancaman dan mengambil manfaat dari peluang.
Analisis peluang pasar merupakan
upaya diagnostik untuk menginterpretasikan atribut-atribut lingkungan serta
perubahannya.
Tujuan
analisa peluang pasar
Menganalisa peluang pasar untuk
membuat keputusan apakah perusahaan akan terus menjalankan kegiatannya dengan
meningkatkan produktifitasnya atau harus keluar dari pasar.
Indentifikasi
dan evaluasi peluang pasar
Melalui
segmentasi pasar
1.
Segmentasi geografi,
pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara
bagian, wilayah, provinsi, kota atau lingkungan rumah tangga
2.
Segmentasi
demografis, kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel
demografis seperti, usia, ukuran keluarga, jenis kelamin, penghasilan, agama,
ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial
3.
Segmentasi
psikografis, mengelompokkan pembeli yang berbeda
berdasarkan gaya hidup atau kepribadian akan nilai.
4.
Segmentasi perilaku,
menjadi kelompok- kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau
tanggapan mereka terhadap suatu produk
Indentifikasi
dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
Melalui
segmentasi pasar
1.
Segmentasi ekonomi,
daya beli yang dipengaruhi oleh pendapatan, harga, tabungan, utang,
ketersediaan kredit (leasing);
2.
Segmentasi
lingkungan alam,
kerusakan alam akan mengakibatkan kurang bahan baku, penigkatan level
tinggi, peningkatan beaya enerji, kebijakan pemerintah terhadap ;perlindungan
linjgkungan hidup;
3.
Segmentasi
teknologi, perkembangan teknologi akan mempengaruhi kegidupan
manusia;
4.
Segmentasi politik
dan hukum, pemasaran akan sangat dipengaruhi oleh kondisi
politik dan hukum, misalnya: wajib mensitasi jurnal internasional;
5.
Segmentasi sosial
budaya, masyarakatlah yang membentuk keyakinan, norma dan
nilai. Terkadang masyarakat tidak menyadari telah menyerap pandangan dunia.
Indentifikasi
dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
Para
marketer harus:
- mampu “membaca” secara seksama situasi-situasi
di luar tersebut beserta setiap perubahan yang terjadi di dalamnya.
Setelah itu,
- harus mampu “menerjemahkan” situasi
serta perubahan tersebut ke dalam kerangka peluang pasarnya (marketing
opportunities).
“Marketing opportunity analysis [MOA] is
the diagnostic activity of interpreting environmental attributes and change”
(Zikmund dan D’Amico 1989, p.57)
Indentifikasi
dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
dua
hal pokok yang harus dicermati, yaitu:
kekuatan
dan kelemahan
akan
mampu menyediakan informasi yang berharga tentang para pesaing (competitors)
dan para pendatang/pesaing baru, serta perbandingan kekuatan dan kelemahan
mereka secara relatif dengan organisasi milik kita.
kesesuaian
antara peluang dengan kemampuan organisasi.
di
luar organisasi mungkin menawarkan begitu banyak peluang, tetapi tidak semua peluang tersebut dapat dijadikan
sebagai peluang yang realistik, karena organisasi dihadapkan pada keterbatasan
sumber daya serta visi:
tidak
semua peluang sesuai dengan interest perusahaan
setiap
perusahaan hanya akan berbisnis secara menguntungkan pada peluang-peluang
tertentu yang memang “fit” dengan kemampuan yang dimilikinya.
Indentifikasi
dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
Stanton
dkk. (1994) menemukan bahwa, sejumlah perusahaan telah mencoba mengembangkan
sejumlah pertanyaan yang bersifat memandu untuk membantu mereka dalam melalukan
analisis peluang pasar. Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat memandu tersebut
adalah:
Keunggulan
bersaiang apakah yang akan kita miliki sehingga dapat membantu kita dalam
memasuki peluang atau pasar tersebut? (misalnya, pengalaman dalam penjualan dan
advertensi atau kita telah memiliki jaringan distribusi yang cukup kuat)
Apakah
kita memiliki kemampuan-kemampuan khusus untuk membawa kita memasuki pasar
tersebut? (kemampuan yang bersifat technical atau skill tertent)
Apakah
kita memiliki kelemahan-kelemahan tertentu yang bisa menghambat kelancaran kita
dalam memasuki pasar tersebut? (sumber daya keuangan atau pengalaman manajemen
dalam industri tersebu)
Apakah
peluang pasar tersebut cocok dengan harapan-harapan perusahaan?
(sejumlah perusahaan menginginkan return on investment yang tertentu atau dia
hanya ingin beroperasi pada jenis usaha tertentu)
Apakah
peluang tersebut tepat/sesuai dengan dengan rencana jangka panjang perusahaan?
(misalnya: memperluas pasar memasuki pasar global.
0 komentar :
Posting Komentar