Contoh
Identifikasi Masalah, Batasan Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian
Dan Manfaat Penelitian dalam
proposal skripsi dengan judul:
Pengaruh Trust, Commitment, Communication,
Conflict Handling Terhadap Customer Loyalty Pada Bank BNI Cabang Kebumen
A.
Identifikasi Masalah
1.
Penurunan
Index Loyalty nasabah pada Bank BNI yang artinya terdapat nasabah Bank BNI yang
beralih ke Bank lain karena alasan tertentu.
2.
Persaingan
yang semakin ketat antara perusahaan perbankan yang memicu perbankan untuk
selalu menjaga loyalitas nasabah agar perusahaan dapat memenangkan persaingan.
Oleh kaena itu Bank BNI harus mengetahui apa saja yang yang menjadi
faktor-faktor yang melandasi loyalitas.
B.
Batasan Masalah
Karena Keterbatasan waktu, biaya dan kemampuan, maka penelitian ini
dibatasi dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
Objek
penelitian adalah nasabah Bank BNI Cabang Kebumen yang telah menjadi nasabah
minimal satu tahun dengan latar belakang pendidikan minimal SMA.
2.
Subjek
penelitian adalah tingkat loyalitas nasabah Bank BNI Cabang Kebumen.
3.
Wilayah
penelitian di Kabupaten Kebumen.
4.
Penelitian
ini dibatasi pada variabel kepercayaan (trust), komitmen (commitment),
komunikasi (communication), dan penanganan konflik (conflict handling)
nasabah Bank BNI Cabang Kebumen.
C.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini
adalah :
1.
Apakah
trust berpengaruh terhadap customer loyalty pada Bank BNI Cabang Kebumen?
2.
Apakah
commitment berpengaruh terhadap
customer loyalty pada Bank BNI Cabang Kebumen?
3.
Apakah communication berpengaruh terhadap
customer loyalty pada Bank BNI Cabang Kebumen?
4.
Apakah
conflict handling berpengaruh terhadap customer loyalty pada Bank BNI
Cabang Kebumen?
5.
Apakah trust, commitment, communication, dan conflict
handling secara bersama-sama berpengaruh
terhadap customer loyalty pada Bank BNI Cabang Kebumen?
D.
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.
Untuk
menguji pengaruh Trust terhadap loyalitas nasabah Bank BNI Cabang
Kebumen
b.
Untuk
menguji pengaruh Commitment terhadap loyalitas nasabah Bank BNI Cabang
Kebumen
c.
Untuk
menguji pengaruh Communication terhadap loyalitas nasabah Bank BNI
Cabang Kebumen
d.
Untuk
menguji pengaruh Conflict Handling terhadap loyalitas nasabah Bank BNI
Cabang Kebumen
E.
Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan wacana yang positif bagi
pimpinan perusahaan untuk meningkatkan loyalitas nasabah dengan memperhatikan
faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas nasabah tersebut, terutama mengenai faktor trust, commitment, communication, dan conflict
handling. Adapun manfaat dari penelitian ini
antara lain:
1.
Bagi
Peneliti
Dengan adanya penelitian ini, maka
peneliti dapat secara langsung menerapkan teori-teori yang telah diperoleh di bangku perkuliahan ke
dalam praktek nyata pada kondisi dunia
bisnis perbankan yang sesungguhnya, terutama terkait
pengaruh trust, commitment, communication, dan
conflict handling terhadap customer loyalty.
2. Bagi Perusahaan
Penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan kepada PT.
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang
Kebumen sebagai pedoman dalam
meningkatkan customer loyaty terutama
yang dipengaruhi oleh variabel
commitment, trust, communication, dan
conflict handling. Sehingga ke
depannya perusahaan bisa membuat kebijakan-kebijakan yang strategik untuk dapat
meningkatkan loyalitas nasabahnya.
2.
Bagi
Universitas
Penulis berharap bahwa penelitian ini dapat memberikan tambahan wacana
ilmiah bagi Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai bahan acuan dan atau
pertimbangan dalam penulisan karya ilmiah.
0 komentar :
Posting Komentar