KUALITAS LAYANAN JASA
KUALITAS
l Definisi
kualitas yang paling sederhana (namun dapat menangkap pemikiran mutakhir dalam
bisnis) adalah “kesesuaian dengan spesifikasi pelanggan”.
l Kualitas
bukanlah memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan perusahaan/instansi,
sebaliknya kualitas adalah memenuhi kriteria yang ditetapkan pelanggan.
l karena itu
penting sekali untuk mengetahui siapa pelanggannya dan apa yang mereka
inginkan.
Inti definisi kualitas:
- Kualitas
merupakan usaha untuk memenuhi harapan pelanggan
- Kualitas
merupakan kondisi mutu yang setiap saat mengalami perubahan
- Kualitas
itu mencakup proses, produk (barang dan jasa) manusia, dan lingkungan
- Kualitas
merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa,
manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.
LAYANAN PRIMA
(EXCELLENT SERVICE)
(EXCELLENT SERVICE)
l “Pelayanan”
berarti melayani orang lain atau membantu menyiapkan apa yang diperlukan
konsumen. Sedangkan “Prima” atau excellent berarti bermutu tinggi dan
memuaskan.
l Pelayanan Prima
adalah pelayanan
terbaik yang diberikan oleh perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan
pelanggan.
l Pelayanan yang
baik meliputi; kesederhanaan/simpel, kejelasan dan kepastian, keterbukaan,
keamanan, efisiensi, ekonomis, keadilan merata, dan ketepatan waktu
UNSUR-UNSUR PELAYANAN
PRIMA
- Responsif
- Visioner
- Problem
solving
- Exceed
Expectation
- Improve
- Care
- Empower
- Self
Esteem
METODE SERVQUAL
l Metode servqual
adalah suatu metode penilaian untuk mengukur kualitas jasa, dengan kuesioner
yang telah disesuaikan dengan objek yang dinilai berdasarkan
dimensi-dimensinya.
l Cara ini mulai
dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Zeithaml,Parasuraman & Berry, dan
telah digunakan dalam mengukur berbagai kualitas jasa.
l Pengukuran
metode ini dengan mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi,
sehingga akan diperoleh nilai gap yang merupakan selisih antara persepsi
konsumen terhadap layanan yang diterima dengan harapan konsumen terhadap
layanan yang akan diterima.
5 DIMENSI
UNTUK MENGUKUR KUALITAS JASA
l SKALA
SERVQUAL meliputi
lima dimensi kualitas jasa yaitu;
1. Tangibles (bukti fisik terukur), menggambarkan fasilitas fisik,
perlengkapan, dan tampilan dari personalia, serta kehadiran para pengguna.
2. Reliability (keandalan), merujuk kepada kemampuan untuk
memberikan pelayanan yang dijanjikan secara akurat dan handal.
3. Responsiveness (daya tanggap), yaitu kesediaan untuk membantu
pelanggan serta memberikan perhatian yang tepat.
4. Assurance (jaminan), merupakan karyawan yang sopan dan
berpengetahuan luas yang memberikan rasa percaya serta keyakinan.
5. Empathy (empati), mencakup kepedulian serta perhatian
personal kepada para pengguna.
0 komentar :
Posting Komentar