Harga
Harga menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia,
1997:257) adalah nilai sesuatu barang yang ditentukan atau dirupakan dengan
uang. Harga adalah jumlah uang yang ditagihkan atas suatu produk atau jasa,
atau jumlah dari nilai yang ditukarkan para pelanggan untuk memperoleh manfaat
dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa (Kotler, 2008:345).
Harga merupakan salah satu elemen dari bauran
pemasaran dan satu-satunya yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Dalam
hal ini penetapan dan persaingan harga merupakan salah satu strategi penting
dalam persainganantar perusahaan yang sejenis.
Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan satuan
moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan
agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.
Sementara itu dari sudut pandang konsumen, harga
seringkali digunakan sebagai indikator nilai bilamana harga tersebut
dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu barang atau jasa
(Tjiptono, 1997:151).
Harga memiliki dua peran utama dalam proses
pengambilan keputusan para pembeli, yaitu:
a.
Peranan alokasi dari harga,
yaitu fungsi harga dalam membantu para pembeli untuk memutuskan cara memperoleh
manfaat atau utilitas tertinggi yang diharapkan berdasarkan daya belinya.
b.
Peran informasi dari harga,
yaitu fungsi harga dalam mendidik konsumen mengenai faktor-faktor produk,
seperti kualitas. Hal ini terutama bermanfaat dalam situasi di mana pembeli
mengalami kesulitan untuk menilai faktor produk atau manfaatnya secara
objektif. Persepsi yang sering berlaku adalah bahwa harga yang mahal
mencerminkan kualitas yang tinggi (Tjiptono,1997:152).
0 komentar :
Posting Komentar