Rabu, 21 Januari 2015

Contoh Populasi dan sampel dalam proposal skripsi

Contoh Populasi dan sampel dalam proposal skripsi
A.    Populasi dan Sampel
1. Populasi
Populasi  diartikan sebagai elemen yang mempunyai karakteristik tertentu yang sama dan mempunyai kesempatan yang sama dan mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel (Umar, 2002 : 136). Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah Bank BRI Cabang Kebumen.
1.      Sampel
Menurut Kuncoro (2003 : 103) sampel adalah suatu himpunan bagian (subset) dari unit populasi. Dalampenelitian ini mengambil sampel sejumlah 100 responden. Besarnya ukuran sampel sebanyak 100 responden di hitung dengan rumus (Djarwanto dan Pangestu, 1993)
n =        Z½ α  2
      E
Keterangan :
n = Banyaknya sampel yang diperlukan
E = Besarnya kesalahan yang diharapkan
α= Tingkat konfidensi yang digunakan  
Dalam penelitian ini besarnya kesalahan yang digunakan (E) sebesar 20% dan tingkat konfidence (α) yang digunakan adalah 5% (0,05).Jadi besarnya sampel yang digunakan adalah sebagai berikut :
n =       1,96      2
            0,20     
n = 96 dibulatkan menjadi 100 responden

2.      Teknik  Sampling
Teknik pengambilan sampel adalah proses pemilihan sejumlah elemen secukupnya dari populasi yang akan dijadikan sebagai sampel (Sekaran, 2006). Pengambilan sampel dalam penelitian ini meggunakan desain non probability sampling. Dalam desain ini, probabilitas elemen dalam populasi untuk terpilih sebagai subjek sampel  tidak diketahui (Sekaran, 2003). Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengambilan sampel dalam hal ini terbatas pada jenis orang tertentu yang dapat memberikan informasi yang diinginkan, kemungkinan  karena  sampel  adalah satu-satunya yang memilikinya, atau memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan oleh peneliti (Sekaran, 2003). Kriteria yang digunakan berdasarkan pertimbangan  (judgement) mengenai karakteristik populasi dan tujuan penelitian ini, di mana kriteria yang digunakan dalam memilih sampel dalam penelitian ini adalah :
1.      Seseorang yang telah menjadi nasabah  (orang yang menpunyai tabungan)  PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. cabang Kebumen lebih dari satu tahun.
2.      Nasabah mempunyai latar belakang pendidikan minimal SMA.



Ditulis Oleh : Unknown // 22.27
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.