Jumat, 23 Januari 2015

Strategi Promosi Jasa

STRATEGI
PROMOSI JASA
  1.      Advertising(Periklanan)
Adalah komunikasi non individu melalui berbagai media, dengan sejumlah biaya, yang dilakukan oleh perusahaan
Perannya:
a.      Membangun kesadaran (awareness) akan keberadaan jasa yg ditawarkan
b.      Membujuk calon customer untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut.
c.       Meningkatkan loyalitas pengguna jasa
d.      Positioning jasa
Macam-macam Tujuan Periklanan
1. Informative advertising
        Iklan yg secara panjang lebar menerangkan produk jasa dalam tahap rintisan (perkenalan) guna menciptakan brand awareness.
2. Persuasive advertising
        Ajakan untuk selektif .
        Jenis advertising ini digunakan pada situasi persaingan
3. Reminder Advertising
        Menjaga agar konsumen selalu ingat akan produk tsb
        Sangat penting pada tahap maturity suatu produk
4. Reinforcement advertising
        Meyakinkan para pembeli bahwa mereka telah mengambil pilihan yg tepat
  Media Advertising :
         Surat kabar
         Majalah
         Radio
         Televisi
         Papan reklame
         Direct mail
         dll

   2.      Personal Selling
         Personal selling mempunyai peranan yg penting dalam industri jasa, karena:
        Interaksi secara personal antara penyedia jasa dgn konsumen sangat penting
        Jasa  disediakan oleh orang bukan oleh mesin
        Orang merupakan bagian dari produk jasa
Sifat personal selling
         Lebih luwes à karena tenaga penjual dapat secara langsung menyesuaikan penawaran penjualan dgn kebutuhan & perilaku masing-masing calon pembeli
         Dapat mengetahui reaksi calon pembeli thdp penawaran penjualan

   3.      Sales Promotion
         Semua kegiatan yg dimaksudkan untuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhir
         Mengadakan pameran, display, eksibisi, peragaan, dan berbagai kegiatan penjualan lainnya, yang dilakukan sewaktu-waktu dan bersifat tidak rutin.
         Sales promotion dapat diberikan kepada:
        Customer A free offers, demonstration, coupons, cashback , etc.
        Agen A free goods, discount, award, etc
        Sales force A prized for best performer, bonus, etc
   4.      Public Relation
         Kiat pemasaran yg dilakukan dimana perusahaan tidak harus berhubungan hanya dengan pelanggan, pemasok & penyalur, tetapi juga harus berhubungan denga kumpulan kepentingan publik yg lebih besar
         Program PR antara lain
        Publikasi, events, hubungan dengan investor, seminar , pidato & mensponsori berbagai acara
Fungsi Public Relation
         Membangun image (Citra)
         Mendukung aktivitas komunikasi lainnya
         Mengatasi permasalahan & isu yg ada
         Memperkuat positioning perusahaan
         Mengadakan launching untuk produk/jasa baru
    5.      Direct Marketing
         Alat promosi ini bertujuan menjangkau konsumen yang spesifik.
         Penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
   6.      Word Of Mouth (WOM)
         Word of mouth Ü customer akan berbicara kepada pelanggan lain yg berpotensi, tentang pengalamannya dalam menerima jasa
         Metode ini sangat besar pengaruhnya & dampaknya terhadap pemasaran jasa dibandingkan dgn akivitas komunikasi lainnya.
         Buzz Agent, Viral Marketing, etc.
Langkah Pengembangan Promosi :
1.      Mengidentifikasi target audience
        Bisa merupakan individu, kelompok masyarakat khusus atau umum
2. Menentukan tujuan komunikasi
        Apakah untuk menciptakan kesadaran, pengetahuan, kesukaan, pilihan, keyakinan atau pembelian
3. Merancang pesan
        Idealnya suatu pesan harus mampu memberikan perhatian (attention), menarik (interest), membangkitkan keinginan (desire) & menghasilkan tindakan (action) A AIDA
4. Menyeleksi saluran komunikasi
        Saluran komunikasi bisa berupa komunikasi personal ataupun non personal
5. Menetapkan jumlah anggaran promosi
        Anggaran yg tersedia menentukan jenis media & metode yg digunakan, ATAU
        Orientasi pada pencapaian sasaran promosi yg akan dicapai menentukan anggaran yg akan berusaha disediakan
6. Menentukan bauran promosi
        Menentukan alat promosi yg akan digunakan A advertising, personal selling, sales promotion atau public relation atau bauran dari berbagai perangkat tsb
7. Mengukur hasil-hasil promosi
        Apakah mereka mengenal atau mengingat pesan-pesan yg diberikan
        Berapa kali melihat pesan tsb
        Apa saja yg masih diingat
        Bagaimana sikap mereka thd produk / jasa
8. Mengelola & mengkoordinasi proses komunikasi
        Mengarah pada penerapan konsep komunikasi pemasaran yg terkoordinasi (IMC).


Ditulis Oleh : Unknown // 17.45
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.