Selasa, 27 Januari 2015

Manfaat Relationship Marketing

Beberapa  perusahaan  selalu  benar-benar  peduli  terhadap  kesetiaan dan   retensi   pelanggan.   Hal    ini   dikarenakan   tentunya   akan   memberi manfaat   dan   keuntungan   bagi   perusahaan   seperti   pemaparan   Kotler (2000:57) berikut :
a.       Tetap setia lebih lama.
b.      Membeli  lebih  banyak  ketika  perusahaan  memperkenalkan  produk baru dan memperbaharui produk-produk yang ada.
c.       Membicarakan  hal-hal  yang  baik  tentang  perusahaan  dan  produk- produknya.
d.      Memberi perhatian yang  lebih sedikit kepada merek-merek dan  iklan- iklan pesaing serta kurang peka terhadap harga.
e.       Menawarkan gagasan jasa atau produk kepada perusahaan.
f.       Biaya  untuk  pelayanannya   lebih  kecil  dibandingkan  biaya  pelayanan pelanggan baru karena transaksi yang sudah rutin.

Bryan   (2006)   mengemukakan   pendapat   bahwa   ada   beberapa manfaat  yang  akan  diperoleh  pada  penerapan  pengembangan  relationship marketing, yaitu sebagai berikut : 
a.  Meningkatkan  penjualan,  karena  pelanggan  yang  loyal  akan  selalu membeli dan terus membeli produk yang dimiliki perusahaan sehingga pembelian yang berulang-ulang akan meningkatkan penjualan.
b. Meningkatkan  jumlah  pelanggan,  semakin  banyak  pelanggan  yang dimiliki   membuat   semakin   mudah   tugas   tim   pemasaran,   karena pelanggan  yang  loyal  akan  selalu  merekomendasikan  produk  yang dipakai kepada orang lain.
c.  Meningkatkan  marjin  keuntungan,  dengan  meningkatnya  penjualan secara  otomatis maka marjin  keuntungan  yang  didapat  akan  semakin lebih besar. 
d. Meningkatkan  kepuasan  pelanggan.  Dengan  meningkatkan  kepuasan pelanggan  menjadikan  pelanggan  loyal  dan  mencegah  pindah  atau berpaling ke pesaing.
e. Mengurangi biaya penjualan dan pemasaran, adanya efisiensi terutama di  bidang  pemasaran  dalam  hal  promosi,  atau  perekrutan  pelanggan baru.
Selain    itu,   Ali   Hasan    (2008:6-7)    juga   mengatakan   bahwa perusahaan  yang  mengembangkan  relationship  marketing  akan mendapatkan beberapa manfaat yaitu berupa:
a)      Jalinan   relasi  akan  berlangsung  terus  menerus  dalam   jangka  panjang dan tidak berhenti hanya pada satu transaksi penjualan.
b)      Berfokus   pada   kepuasan   non   ekonomik,   seperti   layanan,   waktu pengiriman   produk   (penyampaian   jasa),   dan   kepastian   mengenai kesinambungan pasokan.
c)      Mengutamakan   peluang   untuk   menjalin   hubungan  yang    saling menguntungkan  atas  dasar kesepakatan  yang memuaskan  kedua belah pihak.

d)     Relationship  marketing  yang   sukses  akan  menimbulkan  kepercayaan (trust), kepuasan terhadap produk sebelumnya, persepsi  terhadap nilai, efektivitas  komunikasi,   ikatan   sosial  atau  persahabatan,  dan   sikap bersedia menjadi pelanggan sepanjang waktu.

Ditulis Oleh : Unknown // 01.41
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.