Kamis, 20 November 2014

Renault mempercepat pengiriman dengan DSS baru

Renault mempercepat pengiriman dengan DSS baru

    1.      Bagaimana DSS membantu pengambilan keputusan pada Renault ? Jelaskan  beberapa keputusan  yang dibantu dengan menggunakan sistem ini !

            Peranti lunak DSS yang baru dari Renault di desain untuk  semua operasi bisnis Renault.  Peranti ini  membuat pesanan pelanggan mengalir langsung dari penjual ke pabrik perakitan tanpa terlebih dahulu melalui kantor pusat perusahaan, sehingga dapat mempersingkat waktu pesanan pelanggan.

Beberapa keputusan yang dibantu dengan system DSS yang baru :

a.       Mempercepat proses pengiriman dari  pesanan pelanggan.
              Pesanan pelanggan mengalir langsung dari penjual ke pabrik perakitan tanpa terlebih dahulu melalui kantor pusat perusahaan, sehingga dapat mempersingkat waktu pesanan pelanggan.

b.      Perakitan kendaraan yang efisien.
             Peranti lunak mengarahkan urutan proses produksi. Bagian mobil dibuat untuk menghaluskan beban kerja pada lini perakitan dan meminimalisasi biaya produksi ketika warna diubah pada saat sequenscinng, dimana tabunng-tabung cat perlu dicuci.

c.       Membuat masing-masing departemen  fokus pada sasarannya.
                 Setiap departemen memilih  informasi yang dibutuhkan  unntuk  mencapai sasarannya. Sebagai contoh, departemen  penjualan berfokus pada kemampuan untuk mengahasislkan gabungan model, mesin, tigkat perlengkapan. Sedangkan perencana industry berfokus pada jumlah produksi mingguan


    2.      Seberapa besar dampak DSS ini pada kinerja bisnis? Jelaskan jawaban Anda!
Selain mempersingkat waktu pengiriman dan mengurangi persediaan system ini membantu memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan mobil yang mereka inginkan, hal ini menghasilkan bauran produk yang lebih  mengunntungkan bagi  Renault.
Menciptakan kepuasan pelanggan dan kehandalan dalam memproses pesanan pelanggan. Karena Renault memiliki keunggulan dalam mengiirimkan produk, hal ini sebagai tuntudan dalam bisnis saat ini  bahwa persaingan  di pasar otomotif yang sangat  ketat.
     3.      Faktor manajemen, organisasi  dan teknologi apa yang harus diperhatikan agar  system ini dapat berhasil?

a.       Faktor Manajemen

              Perusahaan Renault harus membangun  sekumpulan jalur ekstensif  melalui jaringan  transportasi Renault  di seluruh dunia untuk  mengoptimalisasi waktu pengiriman kendaraan  dari pabrik  ke penjual via pusat-pusat penugasan langsung.
Renaul mengubah rantai pasokannya dari model dorong menjadi model tarik, yang berarti mobil di buat sesuai dengan pesanan.

b.      Faktor Organisasi

                 Setiap departemen  harus fokus dan tepat dalam mencapai sasarannya, misal perencana industry  berfokus pada jumlah produksi mingguan untuk setiap pabrik, departemen  penjualan berfokus pada kemampuan untuk mengahasilkan gabungan model, mesin, tigkat perlengkapan.

c.       Faktor teknologi

                Permintaan modifikasi pada peranti lunak karena tidak dapat mengendalikan sequencing mobil dengan baik. ( Ada terlalu banyak perubahan warna yang harus  ditangani oleh lini perakitan ).


1 komentar :

 
Diberdayakan oleh Blogger.