Jumat, 23 Januari 2015

Perubahan Penyebaran

PERUBAHAN PENYEBARAN (DIFFUSION OF CHANGE)

            Agen Perubahan seringkali mengetes proses transformasi dengan proyek percobaan , dan kemudian menyebarkan apa yang telah dipelajari dari pengalaman ini ke bagian lain dari suatu organisasi. Tidak seperti sistem terpusat, perubahan systemwide,  proyek percobaan lebih fleksibel dan memiliki sedikit resiko. Pendekatan proyek percobaan juga membuat lebih mudah dalam menyeleksi group organisasi yang mana lebih siap untuk berubah, yang meningkatkan kesuksesan proyek percobaan.
            Tapi bagaimana membuat kita yakin bahwa proses perubahan di mulai dengan proyek percobaan yang telah diterima oleh bagian lain dari organisasi? Model MARS yang telah diperkenalkan dalam chapter 2 menawarkan berbagai model / contoh yang berguna untuk menyusun / mengorganisir jawaban pertanyaan ini. Pertama, para karyawan lebih menyukai mengambil / mengadopsi latihan-latihan dari proyek percobaan saat mereka dimotivasi untuk melakukannya. Ini terjadi saat mereka melihat bahwa proyek percobaan mencapai sukses dan orang-orang di proyek percobaan menerima “pengakuan” dan “imbalan” untuk mengubah latihan-latihan kerja mereka sebelumnya. Penyebaran membutuhkan pengawas pendukung /supervisors support dan penguatan dari perilaku yang diharapkan. Biasanya, agen perubahan membutuhkan pengurangan sumber-sumber yang dipertentangkan untuk berubah. 
Kedua, para pegawai harus meempunyai kemampuan atas keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengadopsi/mengambil latihan-latihan yang telah diperkenalkan dalam proyek percobaan. Sesuai dengan pembelajaran inovasi penyebaran orang-orang mengambil ide-ide yang lebih siap saat mereka mempunyai sebuah kesempatan untuk berinteraksi dan belajar dari orang lain yang sudah mengaplikasikan latihan-latihan terbaru. Jadi, proyek percobaan tersebar saat para pegawai yang ada di dalam percobaan pertama dibubarkan untuk disebar ke unit kerja lainnya sebagai model teladan dan sumber pengetahuan.
            Ketiga, proyek percobaan disebarkan saat para pegawai mempunyai persepsi peran yang jelas,yang mana mereka mengerti bagaimana latihan-latihan dalam proyek percobaan sebagaimana diaplikasikan pada mereka walaupun perubahan tersebut telah digunakan dalam area fungsional yang sama sekali berbeda. Contohnya, pegawai departemen akunting tidak mudah mengenali bagaimana mereka dapat mengambil latihan peningkatan kualitas yang dikembangkan oleh para pegawai dalam departemen produk. Tantangan disini bagi agen perubahan adalah untuk menghasilkan petunjuk / pedoman yang tidak begitu spesifik (karena hal itu mungkin tidak begitu relevan / berhubungan dengan area organisasi lainnya atau tidak begitu abstrak (karena hal ini membuat instruksi begitu samar-samar). Akhirnya para pegawai menghendaki faktor pendukung situasional  termasuk sumber-sumber dan waktu yang berguna untuk mengambil latihan-latihan yang telah didemonstrasikan dalam proyek percobaan.


Ditulis Oleh : Unknown // 17.44
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.