Rabu, 21 Januari 2015

Contoh Analisis Data dalam Proposal Skripsi

Contoh Analisis Data dalam Proposal Skripsi
A.    Analisis Data
                Tahap analisis  data dilakukan dengan penerapan teknik  statistik,  mengingat penelitian ini dihadapkan pada hipotesa, populasi, dan teknik pengambilan sampel. Selanjutnya,  data-data penelitian dianalisis dengan beberapa teknik pengujian, meliputi: analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas.
Analisis  data dilakukan dengan menggunakan program  (software)  aplikasi SPSS (Statistic Package for The Social Science) for Windows versi 18.0. Dengan software SPSS for Windows versi 18.0  ini, peneliti melakukan berbagai uji statistik sebagaimana yang telah  ditentukan di atas. Pemilihan  software SPSS for Windows versi 18.0 ini didasarkan pada keakuratan dan kecepatan penyajian pengolahan hasil data.


1.  Analisis Deskriptif
Analisis ini berisi tentang bahasan secara deskriptif mengenai tanggapan yang diberikan responden pada kuesioner. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2004). Analisis deskriptif memaparkan gambaran mengenai demografi responden, antara lain: jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, penghasilan. Analisis deskriptif dilakukan dengan mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data observasi agar pihak lain dapat dengan mudah memperoleh gambaran mengenai sifat objek dan data tersebut (Sekaran, 2000).

2.   Uji Regresi Linear Berganda
Digunakan  untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.  Uji ini digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas (commitmen,  trust,  communication,  dan  conflict handling) terhadap variabel tidak bebas (customer loyalty).

3.  Uji Koefisien Regresi Parsial (Uji-t)
Uji-t  digunakan untuk menguji signifikansi setiap variabel independen terhadap variabel dependen (Iriawan dan Astuti, 2006), atau untuk menguji apakah koefisien regresi signifikan atau tidak (Nachrowi dan Usman, 2008). Uji-t  digunakan untuk menguji apakah variabel bebas secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tidak bebas Pengujian regresi ini menggunakan uji regresi dua arah (two tailed test) dengan menggunakan level signifikan (α) sebesar 5% yang berarti bahwa tingkat keyakinan adalah 95%.  Kriteria signifikan adalah apabila nilai  ttabel  < thitung  < ttabel, maka  tidak berpengaruh signifikan. Dan apabila nilai thitung > ttabel atau thitung < ttabel, maka berpengaruh signifikan.
4.  Uji Model Regresi Simultan (Uji F)
Uji F  digunakan untuk menguji  apakah sekelompok variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel tidak bebas. Uji F ini menggunakan level signifikan (α) sebesar 5% yang berarti bahwa tingkat keyakinan adalah 95%. Kriteria signifikan adalah apabila nilai  Fhitung  <  Ftabel,  maka  variabel independen (commitmen,  trust,  communication,  dan  conflict handling)  tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Dan apabila nilai Fhitung > Ftabel, maka variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent.


Ditulis Oleh : Unknown // 22.19
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.