Minggu, 01 Februari 2015

Studi Kasus 7-Eleven

Studi Kasus 7-Eleven
Sesi Interaktif: Teknologi
Toko 7-Eleven Bertanya Pada Pelanggan Dengan Meminta Data
  7-Eleven adalah pengecer konvinience terbesar di dunia dan jaringan toko barang kebutuhan sehari-hari nomor satu di Amerika Serikat, dengan 5.300 toko.
Perusahaan ini dimulai sekitar 75 tahun yang lalu sebagai operator gudang es. Ketika kulkas mulai menggantikan kotak es, manajer setiap toko menanyakan pelanggan satu per satu barang apa yang diinginkan pada peralatan barunya. Dengan menanyakan pelanggan secara langsung dan menyimpan barang yang paling diinginkan pelanggan saja, perusahaan tumbuh dan menjadi makmur.

1.       Mengapa memahami pelanggan sangat penting bagi perusahaan seperti 7-Eleven?
  Memahami pelanggan sangat penting bagi perusahaan 7-Eleven karena tanpa pengetahuan terperinci mengenai perusahaan ingin memaksimalkan peluang bisnisnya dengan cara mengetahui kebutuhan pelanggan di setiap wilayah atau negara dimana toko tersebut berada sebab kebutuhan pelanggan di setiap wilayah atau negara berbeda-beda.
  Selain itu jika perusahaan dapat memahami pelanggan maka perusahaan dapat menentukan barang mana yang terjual dengan baik sehingga perusahaan dapat menambah jumlah stok barang yang menguntungkan bagi perusahaan dan mengurangi produk-produk yang kurang diminati pelanggan

 2.      Apa manfaat sistem informasi eceran 7-Eleven?
  Pertama, untuk mengumpulkan data penjualan dari tiap toko, merekam penjualan tiap hari dari 6 juta pelanggan di Amerika Serikat dan mengirim informasi real time ke database 7-terabyte Oracle melalui Sistem Data Elektronik (Electronic Data System-EDS).
  KEDUA, 7-eleven memiliki catatan transaksi pembelian dan menganalisisnya menjadi informasi terkait permintaan pelanggan, penetapan harga, dan minat terhadap produk baru, seperti Diet Pepsi Slurpee.
  KETIGA, untuk mengenali pergerakan penjualan, meningkatkan keragaman produk, menghilangkan produk yang penjualannya lambat dari persediaan, dan meningkatkan penjualan dan persediaan barang pada toko tersebut untuk barang yang permintaannya tinggi.

3.       Merujuk pada model Porter, dorongan strategis apa yang berusaha ditangani sistem informasi eceran?
Pelanggan
  7 Eleven berusaha semaksimal mungkin memberikan kualitas serta performa produk yang terbaik dan mempunyai nilai penting bagi pembeli yang sulit untuk digantikan dengan kompetitor yang lain.
Pemasok
  Kekuatan tawar menawar para pengecer dari industri ritel ini tergolong kuat karena meski jumlah pengecer produk barang ada banyak untuk industri ritel, dan pengusaha ritel dapat berpaling dengan supplier yang mampu menyediakan dengan produk yang lebih murah namun umumnya convenience store selalu menawarkan dan memberikan produk yang memiliki kualitas dan performa yang terbaik untuk ditawarkan kepada konsumen–konsumen. Hal tersebut dimaksudkan agar meningkatkan rasa kepuasan konsumen untuk berbelanja di gerai convenience store tersebut.

Produk dan Jasa Pengganti
  7 Eleven mempunyai konsep yang lebih memfokuskan pada makanan segar yang akan dibuat serta disajikan kepada konsumen, produk subtitusi mereka tidak hanya pesaing sesama convenience store, tetapi juga bersaing dengan restoran atau warung makan karena produk yang serupa. Namun 7 Eleven memiliki beberapa menu original milik mereka sendiri yang dipadukan dengan beberapa menu makanan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kemauan dan minat konsumen itu sehingga para konsumen dapat menambahkan saus atau bumbu penyedap lainnya sesuai minat. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi keunggulan 7 Eleven apabila dibandingkan dengan restoran atau warung makan.
Pemain Baru di Pasar    
  Dari sudut pandang akumulasi pengalaman, rantai 7-Eleven sekarang berada dalam posisi yang menguntungkan dibandingkan dengan pendatang baru. Apalagi 7-Eleven sudah mempunyai produk unggulan seperti Slurpee yang masih belum bisa dikalahkan oleh produk dari toko convenience yang lain.
Pesaing Tradisional
  Ketika 7 Eleven memasuki bisnis convenience store pada tahun 2010, Alfamart dan Indomaret adalah kompetitor terbesar dari 7 Eleven. Kedua brand dari convenience store tersebut sudah lebih dulu memiliki jumlah gerai jaringan yang besar. Akhirnya dengan mengusung visi “A New Level OfConvenience Store “ 7 Eleven kemudian memilih untuk memfokuskan diri pada makanan segar serta penyajian makanan segar tersebut kepada konsumen, berbeda dengan konsep convenience store pada umumnya yang dimana peritel conveniencestore yang lain lebih berfokus pada penawaran produk kebutuhan masyasrakat.

4.       Strategi yang digambarkan pada bab, strategi yang mana yang didukung oleh sistem informasi eceran?
  Untuk kasus 7-Eleven, saya menilai bahwa 7-Eleven menerapkan Strategi Fokus. Mereka menetapkan suatu pangsa pasar tertentu untuk menghindar dari pesaing.


1 komentar :

  1. Loan Opportunity Offered By Mr, Benjamin That Save My Family From Financial Bondage {lfdsloans@lemeridianfds.com}

    Hello Everyone, I am Putri Adiratnaa single mom from Jakarta, I would like to share this great testimony on how I got a loan from Mr, Benjamin, when we were driven out of our home when I couldn't pay my bills anymore, After being scammed by various companies online and denied a loan from my bank and some other credit union I visited. My children were taken by the foster care, I was all alone in the street. The day i shamefully walked into an old school mate who introduced me to Daisy Maureen. At first I told her that I am not ready to take any risk of requesting a loan online anymore, but she assured me that I will receive my loan from them. On a second thought, due to my homelessness I had to take a trial and applied for the loan, luckily for me I received a loan of $80,000.00 from Mr, Benjamin. I'm happy I took the risk and applied for the loan. My kids have been given back to me and now I own a home and a business of my own. All thanks and gratitude goes to Le_Meridian Funding Service and for the help of Mr, Benjamin for giving me a meaning to life when i had lost all hope. If you currently seeking for a loan assistance, you can contact them via: {lfdsloans@lemeridianfds.com} Or WhatsApp +1-989-394-3740

    BalasHapus

 
Diberdayakan oleh Blogger.