Jumat, 21 November 2014

STUDI KASUS : Dapatkah eBay terus bertumbuh?

STUDI KASUS : Dapatkah eBay terus bertumbuh?

1.Apa model bisnis dan strategi bisnis eBay? Seberapa sukseskah model dan strategi bisnis tersebut?
A. Model bisnis ebay
Ebay merupakan perusahaan E-Commerce mengenai layanan pelelangan online / pasar lelang online yang membantu penjual dan pembeli memperdagangkan barangya melalui web Ebay.   Pendapatan Ebay  berasal dari pergerakan informasi.
B. Strategi bisnis Ebay.
                        Strategi bisnis Ebay melalui perluasan secara geografis dari lingkup bisnisnya  dan  inovasi yang berkelanjutan. Ebay menggunakan webnya untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memberikan layanan pelelangan barang. Sebagian pendapatan Ebay berasal dari  tarif dan komisi  berkaitan dengan layanan perdagangannya. Penjual membayar suatu biaya pendaftaran agar  barang mereka dapat didaftarkan , yang akan di tampilkan dalam bentuk slide. Ebay juga memperoleh pendapatannya dari iklan langsung di situsnya.
-          dilihat dari perluasan bisnisnya,
2000:   memperkenalkan Ebay Motor
2001:   menunjukkan ebay store
2005: membeli perusahaan e-commers lainnya seperti shopping.com dan mengakuisisi penyedia layanan VOIP, SKYPE Technologis.
         Pengenalan eBay Motors sebagai bagian dari upaya untuk mendorong penjualan besar. eBay Motors termasuk subkategori untuk kapal, sepeda motor, suku cadang dan aksesoris, dan banyak lagi.
         eBay store diluncurkan yang memungkinkan penjual dengan track record yang terbukti, yang diverifikasi ID, atau akun PayPal untuk mendirikan sebuah toko online dan menawarkan harga tetap barang dagangan.
         Acquired penyedia layanan VoIP Skype Technologies untuk menyediakan layanan gratis atau panggilan suara murah melalui Internet.

C. Seberapa sukses model dan strategi bisnis Ebay.
Sejak diciptakan pada tahun 1995, perusahaan mendapatkan lebih dari 200 juta pengguna pada tahun 2006 dan memperkerjakan 8000 karyawan tetap serta beroperasi di 32 negara. Pada tahun 2005, para pengguna eBay melelang 1,8 miliar barang, dengan nilai barang yang berpindah tangan mencapai $40 miliar. Jumlah barang yang terdaftar di eBay pada tahun 2006 diharapkan dapat melampaui 2 miliar.

2. Permasalahan yang dihadapi :
   1.      Tantangan dari pesaing
a.       Yahoo : menyaingi di pasar asia dengan meluncurkan situs pelelangan saingan
b.      Google : menyaingi dengan layanannya ‘AdContext’ yang menjalankan iklan online yang kontekstual yang berdasarkan kata kunci dihalaman web.
   2.      Kejujuran dan integritas dari pelelangannya. Sebagai contoh kasus : pembeli dicurangi oleh penjual online karena penjual melelang barang antic dengan harga tinggi tetapi sebenarnya barang tersebut tidak memiliki nilai atau tidak berarti.
   3.      Kejahatan online : penipuan
 Beberapa pembeli menyatakan bahwa eBay tidak melakukan cukup untuk mencegah penjual yang tidak bermoral dari mengumpulkan biaya meningkat untuk barang yang tidak sah, atau lebih buruk, tidak ada. pengguna eBay juga telah menjadi korban penipuan pencurian identitas yang mengakibatkan dalam penggunaan yang tidak sah dari account mereka.

  4.      Hukum yang berbeda diberbagai wilayah hukum yang berkaitan dengan kewajiban penyedia layanan online misalnya larangan penjualan senjata, minuman keras, alcohol dan lainnya.
   5.      Layanan VoIP  tidak diterima dengan baik oleh banyak penjual tinggkat atas eBay.
• Ancaman terbesar ke eBay adalah kejujuran dan integritas lelang tersebut, lebih dari
yang memiliki beberapa, tapi tidak kontrol total. Mereka telah membuka diri
tuntutan hukum dari pembeli yang mengaku telah ditipu oleh penjual online.
3. Cara ebay menangani masalah :
   1.      Menghadapi tantangan dari pesaing
Mengadakan hubungan kerjasama antar perusahaan di bidang e-commercy dengan google dan yahoo
A.        perjanjian dengan google : google mendapatkan hak exclusive untuk menampilkan iklan teks pada situs pelelangan internasional ebay.
B.   perjanjian dangan yahoo : yahoo mendapatkan hak eksklusif untuk memasang iklan untuk situs-situs ebay di amerika serikat eBay membuat upaya untuk tetap berhubungan dengan komunitasnya

   2.      Program yang disebut Voices, yang membawa pembeli dan penjual bersama-sama 10 kali dalam setahun di kantor pusat perusahaan.
    3.      eBay memantau setiap transaksi dan menggunakan statistik secara real-time, memungkinkan tepat waktu pemecahan masalah. Sebuah program voice mengumpulkan para pembeli dan penjual bersama-sama selama sepuluh kali dalam setahun ke kantor pusat perusahaan. Para pengguna berbincang selama 2 hari penuh dengan pejabat pejabat perusahaan tentang aspek baik dan buruk dari layanan ebay. Ebay juga mengawasi setiap transaksi dan menggunakan statistic secara realtime sehingga permasalahan dapat segera diselesaikan. Komite rules, tras and safety melakukan penilaian apakah barang-barang tertentu dapat dijual pada situs tersebut atau tidak (melarang penjualan organ manusia misalnya).
  4.      Untuk masalah hukum ebay berupaya untuk mematuhi semua hukum dan peraturan yang diterapkan didalam banyak wilayah yang berbeda, meskipun hukum yang berkaitan dengan kewajiban penyedia layanan belum diatur dengan cara memblokir atau melarang penjualan barang-barang yang illegal seperti: senjata, minuman keras dll.
   5.      Ebay seharusnya membuat fitur Voip yang lebih sederhana  dan fitur-fitur lain agar para pengguna ebay  tidak merasa kesulitan dalam menggunakan fitur-fitur yang diberikan.
   
   Apakah cara tersebut adalah cara yang terbaik ?
                    Menurut kami tidak semuanya, misalnya pada solusi menyelesaikan perselisihan antara penjual dan pembeli mengenai kecurangn yang dialami pelanggannya ebay sering kali menjawab keluhan tersebut dengan meminta pembeli dan penjual menyelesaikan perselisihan mereka sendiri, solusi yang perlu dipertimbangkan ebay yakni pihak ebay berusaha membantu tentang kecurangan yang dialami pelanggannya dengan membantunya melalui sarana hukum

4. Faktor  manajemen, organisasi, dan teknologi yang berpengaruh pada respon  eBay terhadap permasalahan tersebut
a. Manajemen:
Ebay harus bertanggung jawab untuk memberikan lingkungan perdagangan yang aman kepada para penggunanya. dan menanamkan kepercayaan pada pelanggan eBay.
b.      Organisasi: Kebijakan Ebay  untuk mengatasi masalah seperti keamanan, penipuan, dan layanan pelanggan.
c.       Teknologi: Mengatur model bisnis berbasis Web baru..

5.Akan eBay menjadi sukses dalam jangka panjang? Mengapa atau mengapa tidak?
Menurut kami, tidak untuk waktu yang lama karena semakin muncul banyaknya pesaing baru sesama perusahaan bisnis ecommercy seperti yahoo, google, amazon yang telah menciptakan bisnis ecommercy nya sendiri. Jika ebay mampu membuat pelanggannya loyal dan membuat komunitas pelanggannya tetap senang di masa depan dan mempertahankan keyakinan dari populasi penjualnya agar tidak dikalahkan dengan pasar online lainnya adalah kunci agar ebay tetap sukses di masa depan.
eBay adalah raksasa di pasar lelang online. Namun, seperti semua perusahaan yang mereka tidak bisa duduk kembali di capai mereka dan berharap bahwa ukuran atau kesuksesan sebelumnya akan menjamin mereka pertumbuhan dan keuntungan yang berkesinambungan. Manajemen harus terus memperkuat brand eBay, membangun basis pengguna mereka, dan terus melakukan inovasi.


0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.