BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
A. Perencanaan
1. Pendekatan
dalam Membuat Perencanaan
a. Pendekatan
Atas – Bawah (Top Down)
Atasan
yaitu pemimpin sekaligus pemilik Kedai, pemimpin bertugas memberikan pengarahan
dan petunjuk kepada bawahannya. Bawahan hanya bertugas menjalankan perintah
dari pimpinan dan bawahan tidak mempunyai wewenang untuk menyusun rencana.
b.
FungsiPerencanaandanRencana
1)
PenerjemahKebijakanUmum
Suaturencana yang
telahdisusunataudirancangolehpemimpinkemudianditerangkankepadabawahan agar
bawahandapatbekerjasecaramaksimaldanmempunyaitujuan yang sama,
makaperludibuatrencanakerjauntukbawahan.
2) BerupaPerkiraan yang BersifatRamalan
Perusahaan
meramalkan bahwakedai kami akansemakindiminatimasyarakatsebagaikedai dengan es
cendol dan makanan ringan yang memilikicita rasa yang khas dan beraneka ragam.
Perusahaan jugameramalkanuntukmentargetkanomsetpenjualannaik 10% tiaptahunnya.
3)
BerfungsiEkonomi
Rencana yang telahdisusunpemimpinsemata-mataditujukanuntukkeuntunganperusahaandanmensejahterakankaryawannya.
4)
MemastikansuatuKegiatan
Perusahaanmemenuhihakdankewajibankaryawansepertigajidanjaminankeselamatan.Sedangkankaryawanharusmenjalankantugasdantanggungjawab
yang telahdiberikanpimpinandengansebaik-baiknyauntukmencapaitujuanperusahaan.
5) AlatKoordinator
Karyawan
|
Waktukerja
|
1.
Karyawan produksi ada 2 orang dan pelayan ada 3 orang
2.
Untuk jaga kasir 1 orang
|
Senin-Jumatpukul 08.00-17.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-20.00
Senin-Jumat pukul 08.00-17.00, Sabtu-Minggu pukul
08.00-20.00
|
a. Macam
– macam Perencanaan
1) Sisi
jangka waktu
Kedai
kami merencanakan waktu jangka pendek yaitu 1 tahun kedepan.
2) Sisi
Tingkat Manajemen
Perencanaan
strategik yaitu:
Visi : Meningkatkan nilai jual produk
sedangkan
Misi :Mempertahankan kualitas rasa.
Bekerja
secara efektif dan efisien.
Selalu
memberikan pelayan terbaik untuk pelanggan
b. Program
kerja
Kedai
kami memakai teknik APP (Analisis
Persoalan Potensial) yaitu teknik perencanaan yang berguna terutama dalam
rangka mengamankan satu program kerja agar dapat mengantisipasi setiap
persoalan yang muncul pada waktu pelaksanaannya. Teknik ini akan kami
pakai untuk mengantisipasi persoalan
seperti masalah pesaing yang semakin merajalela di sekitar lokasi kedai.
c. Anggaran
Untuk
merencanakan anggaran, kedai kami menggunakan Sistem Anggaran Tradisional:
Pengeluaran
|
Jumlah
|
Mesin es krim
Mesin kasir
Peralatan
Perlengkapan
Biaya lain-lain
Jumlah
|
20.000.000
2.000.000
9.750.000
15.000.000
7.000.0000
53.750.000
|
A. Pengorganisasian
1. Langkah
pengorganisasian
a. Semua
karyawan diharapkan dapat mengerjakan semua jenis pekerjaan di kedai kami.
b. Karyawan
di kedai kami di bedakan menjadi beberapa kelompok yaitu bagian produksi,
bagian pelayanan dan bagian keuangan.
c. Pemimpin
ataupemilik kedai tidak hanya memantau saja tetapi juga ikut terjun dalam
bagian pekerjaan
2. Asas
organisasi
Tujuan organisasi
a. Mendapatkan
laba
b. Mensejahterakan
karyawan
c. Mengembangkan
kreativitas dalam bidang minuman
d. Membuat
produk yang inofatif
e. Pembagian
kerja
Di
kedai kami ada 3 kelompok kerja, yaitu bagian produksi yang sekaligus bagian
pelayanan yang bekerja setiap hari dari pukul 08.00-17.00 pada hari senin
sampai jumat dan pukul 08.00-20.00 pada hari sabtu dan minggu.
Koordinasi
Komunikasi
dalam sebuah organisasi sangatlah penting, baik antara pemilik kedai dengan
karyawan, karyawan dengan karyawan, ataupun karyawan dengan pelanggan. Hal ini
dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik yng mungkin saja terjadi.
a.
Pelimpahan Wewenang
Pemilik
kedai memiliki seorang karyawan yang dapat dipercaya ketika suatu saat pemilik
kedai berhalangan hadir.
b.
Jenjang organisasi
Kedai
kami memiliki 6 orang karyawan.
c.
Fleksibilitas
Di
kedai kamisemua karyawan harus dapat mengerjakan semua posisi dalam pekerjaan.
A. Penggerakan
(Actuating)
1) Fungsi
penggerakan
Seorang
pemimpin harus mampu memotivasi karyawannya supaya karyawan dapat bekerja
sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.
2) Kepemimpinan
Seorang
pemimpin tidak harus sebagai pemberi perintah kepada karyawan, melainkan
seorang pemimpin juga harus bisa berbaur dan mengakrabkan diri pada karyawan
seolah-olah tidk ada batasan antara atasan dan bawahan.
B. Pengendalian
(Controlling)
1. Jenis
Pengendalian
a. Metode
Pengendalian Pendahuluan
Perusahaan hanya menerima pasokan bahan baku seperti buah kelapa muda,
yang segar.
b. Metode
Pengendalian Umpan Balik
Produk di kedai kami di maksimalkan memiliki kualitas
yang baik produk dan pelayanannya
agar dapat diterima masyarakat dan masyarakat merasa puas. Dan jika ada
masyarakat yang merasa belum puas merusahaan menerima kritik dan saran sehingga
perusahaan akan memperbaikinya.
c. Metode
Pengendalian Umum
Perusahaan
selalu mengkoreksi kinerja karyawan dalam hal operasional perusahaan agar
perusahaan semakin berkembang lebih baik
dalam hal kedisiplinan, kualitas pelayanan serta keramahan dalam melayani
konsumen.
d. Sistem
Pengendalian Efektif
Kedai kami akan selalu bekerja secara professional dan efektif, salah satu
contohnya yaitu tepat waktu dalam produksi,
kebersihan tempat produksi dan dalam hal pelayanan
dan juga pengiriman pemesanan untuk kepuasan konsumen, serta berusaha meminimalkan biaya produksi dalam
penerapan strategi ekonomis.
0 komentar :
Posting Komentar