Senin, 15 Juni 2015

Aspek manajemen study kelayakan bisnis

BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
   A.    Perencanaan
   1.      Pendekatan dalam Membuat Perencanaan
   a.       Pendekatan Atas – Bawah (Top Down)
Atasan yaitu pemimpin sekaligus pemilik Kedai, pemimpin bertugas memberikan pengarahan dan petunjuk kepada bawahannya. Bawahan hanya bertugas menjalankan perintah dari pimpinan dan bawahan tidak mempunyai wewenang untuk menyusun rencana.
   b.      FungsiPerencanaandanRencana
   1)      PenerjemahKebijakanUmum
Suaturencana yang telahdisusunataudirancangolehpemimpinkemudianditerangkankepadabawahan agar bawahandapatbekerjasecaramaksimaldanmempunyaitujuan yang sama, makaperludibuatrencanakerjauntukbawahan.
   2)      BerupaPerkiraan yang BersifatRamalan
Perusahaan meramalkan bahwakedai kami akansemakindiminatimasyarakatsebagaikedai dengan es cendol dan makanan ringan yang memilikicita rasa yang khas dan beraneka ragam. Perusahaan jugameramalkanuntukmentargetkanomsetpenjualannaik 10% tiaptahunnya.
   3)      BerfungsiEkonomi
Rencana yang telahdisusunpemimpinsemata-mataditujukanuntukkeuntunganperusahaandanmensejahterakankaryawannya.
   4)      MemastikansuatuKegiatan
Perusahaanmemenuhihakdankewajibankaryawansepertigajidanjaminankeselamatan.Sedangkankaryawanharusmenjalankantugasdantanggungjawab yang telahdiberikanpimpinandengansebaik-baiknyauntukmencapaitujuanperusahaan.
   5)      AlatKoordinator

Karyawan
Waktukerja
1.                       Karyawan produksi ada 2 orang dan pelayan ada 3 orang

2.                       Untuk jaga kasir 1 orang
Senin-Jumatpukul 08.00-17.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-20.00
Senin-Jumat pukul 08.00-17.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-20.00

   a.       Macam – macam Perencanaan
   1)      Sisi jangka waktu
Kedai kami merencanakan waktu jangka pendek yaitu 1 tahun kedepan.
   2)      Sisi Tingkat Manajemen
Perencanaan strategik yaitu:
Visi        : Meningkatkan nilai jual produk sedangkan
Misi        :Mempertahankan kualitas rasa.
Bekerja secara efektif dan efisien.
Selalu memberikan pelayan terbaik untuk pelanggan
   b.      Program kerja
Kedai kami memakai teknik APP (Analisis Persoalan Potensial) yaitu teknik perencanaan yang berguna terutama dalam rangka mengamankan satu program kerja agar dapat mengantisipasi setiap persoalan yang muncul pada waktu pelaksanaannya. Teknik ini akan kami pakai  untuk mengantisipasi persoalan seperti masalah pesaing yang semakin merajalela di sekitar lokasi kedai.
   c.       Anggaran
Untuk merencanakan anggaran, kedai kami menggunakan Sistem Anggaran Tradisional:



Pengeluaran
Jumlah
Mesin es krim
Mesin kasir
Peralatan
Perlengkapan
Biaya lain-lain

Jumlah
20.000.000
  2.000.000
  9.750.000
15.000.000
 7.000.0000

53.750.000

   A.    Pengorganisasian
   1.      Langkah pengorganisasian
   a.       Semua karyawan diharapkan dapat mengerjakan semua jenis pekerjaan di kedai kami.
   b.      Karyawan di kedai kami di bedakan menjadi beberapa kelompok yaitu bagian produksi, bagian  pelayanan dan bagian keuangan.
  c.       Pemimpin ataupemilik kedai tidak hanya memantau saja tetapi juga ikut terjun dalam bagian  pekerjaan
   2.      Asas organisasi
Tujuan organisasi
a.       Mendapatkan laba
b.      Mensejahterakan karyawan
c.       Mengembangkan kreativitas dalam bidang minuman
d.      Membuat produk yang inofatif
e.       Pembagian kerja
Di kedai kami ada 3 kelompok kerja, yaitu bagian produksi yang sekaligus bagian pelayanan yang bekerja setiap hari dari pukul 08.00-17.00 pada hari senin sampai jumat dan pukul 08.00-20.00 pada hari sabtu dan minggu.
Koordinasi
Komunikasi dalam sebuah organisasi sangatlah penting, baik antara pemilik kedai dengan karyawan, karyawan dengan karyawan, ataupun karyawan dengan pelanggan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik yng mungkin saja terjadi.
a.         Pelimpahan Wewenang
Pemilik kedai memiliki seorang karyawan yang dapat dipercaya ketika suatu saat pemilik kedai berhalangan hadir.
b.         Jenjang organisasi
Kedai kami memiliki 6 orang karyawan.
c.         Fleksibilitas
Di kedai kamisemua karyawan harus dapat mengerjakan semua posisi dalam pekerjaan.
    



   A.    Penggerakan (Actuating)
   1)      Fungsi penggerakan
Seorang pemimpin harus mampu memotivasi karyawannya supaya karyawan dapat bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.
   2)      Kepemimpinan
Seorang pemimpin tidak harus sebagai pemberi perintah kepada karyawan, melainkan seorang pemimpin juga harus bisa berbaur dan mengakrabkan diri pada karyawan seolah-olah tidk ada batasan antara atasan dan bawahan.
   B.     Pengendalian (Controlling)
   1.      Jenis Pengendalian
a.       Metode Pengendalian Pendahuluan
  Perusahaan hanya menerima pasokan bahan baku seperti buah kelapa muda, yang segar.
b.      Metode Pengendalian Umpan Balik
Produk di kedai kami di maksimalkan memiliki kualitas yang baik produk dan pelayanannya agar dapat diterima masyarakat dan masyarakat merasa puas. Dan jika ada masyarakat yang merasa belum puas merusahaan menerima kritik dan saran sehingga perusahaan akan memperbaikinya.
c.       Metode Pengendalian Umum
Perusahaan selalu mengkoreksi kinerja karyawan dalam hal operasional perusahaan agar perusahaan semakin berkembang lebih baik dalam hal kedisiplinan, kualitas pelayanan serta keramahan dalam melayani konsumen.
d.      Sistem Pengendalian Efektif
Kedai kami  akan selalu bekerja secara professional dan efektif, salah satu contohnya yaitu tepat waktu dalam produksi, kebersihan tempat produksi dan dalam hal pelayanan dan juga pengiriman pemesanan untuk kepuasan konsumen, serta  berusaha meminimalkan biaya produksi dalam penerapan strategi ekonomis.






0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.