Analisis
sistem penjualan berbasis strategi Worry Marketing pada PT Unilever dengan
produknya : sabun Lifebuoy clini shield 10
Gambar iklan lifebuoy dengan stimuli kekhawatiran : kuman yang berevolusi |
A. Pengertian
Worry marketing adalah
strategi pemasaran yang berfokus
pada kekhawatiran pelanggan untuk
meningkatkan omzet penjualan.
B. Analisis
:
Ø Stimuli
kekhawatiran dalam iklan produk lifebuoy yakni : tubuh menjadi sangat rentan
terkena penyakit karena kuman berevolusi lebih cepat.
Ø Latar
belakang pemicu pembentukan stimuli diatas :
Seiring dengan semakin
padatnya penduduk, perpindahan kuman pun semakin cepat terutama di area publik,
termasuk rumah sakit. Kuman pun terus berevolusi sehingga berpotensi
menciptakan berbagai macam penyakit. Karena itu, tindakan pencegahan perlu
dilakukan, sehigga PT. Unilever melalui produknya sabun lifebuoy mengangkat isu
ini untuk menjadi iklan dengan strategi worry. Dijelaskan dalam iklan ini,
sekarang ini, kuman terus bertambah kuat, lebih cepat menyebar, dan mudah
beradaptasi. Dan tangan adalah salah satu media penyebaran kuman melalui
sentuhan. Terkait ini, pihak Unilever pun melakukan survei, khususnya kepada
para ibu yang memiliki anak usia di atas 4 tahun. Survei pun memperlihatkan
bahwa 92 persen ibu menyadari kuman berevolusi dan anak-anak rentan terhadap
berbagai macam penyakit yang diakibatkan olehnya. Akan tetapi, para ibu kerap
tidak sadar bagaimana dan di mana kuman bisa cepat menyebar.
Oleh karena itu
Unilever meluncurkan produk terbaru Lifebuoy ini mengandung formula activ natural shield yang ditemukan para
ilmuwan Unilever serta telah direview oleh British Skin Foundation dan berbagai
laboratorium internasional. activ natural shield merupakan
gabungan 2 molekul yaitu terpineol yang berasal dari pohon pinus dan thymol
yang berasal dari daun thyme. Kombinasi kedua molekul tersebut bisa memberikan
efek anti bakteri.
Ø Efek
iklan lifebuoy dengan strategi worry terhadap penjualan :
Pasar
merespon kehadiran produk inovasi yang baru dengan lifebuoy dengan teknologinya
yakni active natural shield dengan sangat baik , terbukti di peluncuran pertamanya,
lifebuoy dapat menjadi leader diantaranya sabun keluarga lainnya. produk sabun
ini dikategorikan sebagai produk premium. Harga sabun Lifebuoy Clini-Shield10
bentuk batang dengan ukuran 70 gram Rp 5.000 per buah. Mahalnya harga produk ini mengingat teknologi
yang digunakan terbilang mutakhir. Sabun ini mengandung Activ Naturol Shield
0 komentar :
Posting Komentar