BAB I
IKHTISAR
A. Objek
penelitian
Es dawet atau es cendol merupakan
minuman khas Indonesia yang sudah merakyat. Cita rasa campuran gula aren dan
santan pun sudah tidak asing di lidah para pecinta cendol. Setiap pedagang
cendol kebanyakan hanya membuat cita rasa yang samadengancrasa original yaitu
dari campuran gula aren dan santan sudah.
Melihat hal ini kami berkeinginan untuk
mengembangkan cita rasa dari es cendol. Es cendol yang notabene memiliki cita
rasa yang biasa saja akan kami beri inovasi dengan memberi tambahan toping pada
es cendol tanpa merubah bahan utama. Untuk menarikminat konsumen, kami
menyajikan beberapa pilihan menu es cendol diantaranya : cendol dengan toping
es krim, cendol dengan tambahan buah-buahan segar dan lain-lain.
B. Waktu
penelitian
Waktu
penelitian dilakukan pada 17 Maret 2015 pukul 10:00 WIB sampai selesai
C. Anggota
Anggota tim penelitian terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa yaitu sebagai beikut :
1) Faisal
Maulana (122210106)
2) Gufron
Nurcholish (122210108)
3) Dewi
Yulianajua (122210114)
Ringkasan hasil penelitian :Setelah
dilakukan penelitian maka hasilnya minat konsumen untuk membeli es cendol
dengan harga ekonomis sangat banyak seiring dengan cuaca yang panas.
Rekomendasi
hasil penelitian : Perlu inovasi rasa
yang disajikan untuk lebih banyak menarik minat konsumen
BAB II
ASPEK PASAR DAN
PEMASARAN
Ide bisnis kedai “ Cocope Dol” di
dapat dari ide bersama teman-teman satu kelompok yang berarti es krim coklat
kelapa kacang dan cendol. Karena karakteristik cuaca di Purworejo yang
cenderung panas sehingga minat untuk mengkonsumsi minuman dingin tinggi.
A. Bentuk
Pasar
Produk kami termasuk pada kelompok
pasar konsumen dimana individu dan rumah yang membeli produk kami untuk
dikonsumsi sendiri, dan jenis struktur pasarnya dikelompokkan ke dalam pasar
persaingan monopolistik yaitu pasar dimana terdapat banyak penjual atau
perusahaan dan memiliki ukuran yang relatif sama besarnya.
B. Meramal
Permintaan dan Penawaran
Kami menggunakan teknik pengumpulan
data primer dengan mewawancarai penjual ,yang mana ada beberapa pertanyaan yang
akan menghasilkan informasi yang akurat.
Dari
informasi hasil wawancara yang didapat adalah sebagai berikut :
n:
150 orang / hari
g:
1 porsi / orang
p:
Rp 4.000 / porsi
Q= n x g x p
Q:
permintaan
n:
jumlah membeli
g:
frekuensi pembelian
p:
harga rata-rata satuan
Hasil
: Q= 150 X 1 X 4000
= 600.000
Jadi
permintaan konsumen es dawet Rp 600.000 per hari ( hasil yang dicapai penjualan
dalam satu hari )
Dapat
diketahui bahwa akan ada perubahan dimasa yang akan datang seperti selera
konsumen, kondisi ekonomi dan kondisi lingkungan daerah setempat. Maka dengan
hal ini permintaan dan penawaran bisa diramalkan tidak akan konsisten. Maka
dari itu dari produsen akan menyesuaikan jumlah produksi untuk masa yang akan
datang.
Penawaran
Penawaran akan produk es sangatlah
tinggi dan persaingan juga sangat ketat karena banyak terdapat penjual es.
Sehingga kami memberikan inovasi rasa yang baru dari para pesaing produk yang
sama. Dengan inovasi yang baru ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan
konsumen.
A. Segmentasi,
Target dan Posisi Pasar
1. Segmentasi
Kami mengelompokkan pasar
berdasarkan semua kalangan masyarakat, dari semua aspek umur , jenis kelamin,
pekerjaan, pendidikan, agama, pendapatan. Potensi jumlah konsumen dari kelas
atas maupun kelas menengah ke bawah adalah optimis tinggi karena bisnis ini
tergolong sedehana, higienis, banyak diminati dan tentunya karena harganya yang
terjangkau. Kesimpulannya segmentasi pasar yang kami miliki sangat luas serta
tidak memiliki batasan sehingga sangat potensial untuk dikembangkan.
2. Target
Pasar Sasaran
Yang menjadi target pasar kami
adalah para pelajar sekolah, mahasiswa, anak muda dan orang dewasa. Tetapi kami
akan lebih memfokus kepada konsumen anak muda yang memiliki minat yang tinggi
untuk nongkrong, nonton film, mendengarkan musik atau hanya sekedar melepas
penat bagi kesibukan sehari-hari.
3. Posisi
Pasar
Kami ingin menciptakan citra
perusahaan kami di benak konsumen sebagai kedai ice cream terlezat di Purworejo
untuk kalangaan anak muda.
B. Situasi
persaingan di lingkungan industri
Situasi persaingan antara produk
sejenis dengan produk kami sangatlah ketat. Dimana bisa dilihat para pesaing
dengan produk sejenis telah merakyat diseluruh purworejo, dengan tingkat
penjualan yang berbeda-beda. Maka dari itu untuk menarik minat konsumen kami
membuat inovasi yang sedikit berbeda dengan produk pesaing.
C. Sikap,
Perilaku dan Kepuasan Konsumen
Karakteristik sikap anak muda yang
cenderung berkelompok saat bepergian keluar rumah / nongkrong / mencari tempat
hiburan dan keinginan untuk menikmati makanan yang baru relatif tinggi.
Perilaku konsumen khususnya anak-anak muda saat ini adalah tindakan
mengkonsumsi produk es ditempat yang santai untuk dihabiskan bersama
teman-teman sambil bersantai.
Kepuasan
konsumen yang akan dicapai oleh kedai kami yakni menyajikan es yang lezat
dengan harga yang terjangkau dan tempat bersantai dan nyaman.
D. Manajemen
Pemasaran
1) Identifikasi
pesaing
Pesaing
kami terdiri dari :
-
Penjual es dawet di
depan kantor pos
-
Penjual es buah di
depan jalan Barata
-
Cafe
-
Penjual es dorong
lainnya
2) Mengidentifikasi
Strategi Pesaing
Cendol memiliki pesaing yang cukup
banyak, bahkan bisa dibilang sudah sangat merakyat dengan harga yang ekonomis.
Adapun pesaing produk sejenis adalah es dawet ireng dan es dawet ayu.
Kebanyakan para pesaing hanya menyajikan rasa yang biasa saja (original). Maka
dari itu kami berupaya untuk menyajikan suatu inovasi dari minuman es cendol
dengan memadukan es krim coklat, buah kelapa dan kacang mede. Dengan harapan para
konsumen bisa terpenuhi kebutuhannya untuk menghilangkan rasa dahaga dengan
rasa yang berbeda
3) Kebijakan
Bauran Pemasaran
a) Produk
Dalam memproduksi kami
menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan buah kelapa yang masih segar.
b) Penetapan
Harga
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan bahan baku
pembuatan, persaingan dan tingkat keberlangsungan usaha,sehingga kami dapat
terus kontinyu beroperasi. Dengan harga Rp 4.000-Rp 6.500 untuk per porsi es
cendol dan Rp 8.000-Rp 13.000 untuk roti bakar.
c) Kegiatan
Promosi
Beberapa
kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi dimedia masa
cetak, leafletdan spanduk, serta siaran di beberapa stasiun radio lokal, serta
jejaring sosial seperti facebook dan twitter dan promosi pada
komunitas-komunitas anak-anak muda.
d) Pemilihan
Lokasi
Kami
memilih lokasi dipusat kota dekat dengan taman bermain / alun-alun kota dan
dekat dengan sekolahan dan universitas sehingga lebih dekat dengan target
konsumen kami yakni anak muda dan keluarga. Tepatnya di Jl Jendral Ahmad Yani
Purworejo dekat lapangan futsal waka-waka.
0 komentar :
Posting Komentar