BAB VIII
ASPEK LINGKUNGAN INDUSTRI
1.
Ancaman
Masuk Pendatang Baru
1. Skala
Ekonomi
Produk
yang kami pilih termasuk produkinovasi, kami juga melakukan produksi mencapai
lebih kurang 3000 dalam satu bulan.Dengan harga per produk yang mencapai Rp
6.000/ mangkok es dan mulai Rp 8.000-Rp 15.000 untuk roti bakar / bungkus untuk
ukuran yang dibawa pulang, sedangkan untuk roti bakar yang dinikmati di kedai
harganya berkisar Rp 3.000-Rp 6.000 per porsi.Sebagai pendatang baru kami
berani bertahan pada keadaan ini karena dengan inovasi produk yang kami sajikan
akan menarik minat konsumen.
2. Diferensiasi
Produk
Pendatang
baru memang sangat sulit untuk langsung bersaing dengan produk yang sudah
ada.Perlu kerja keras dan biaya yang tidak sedikit untuk menarik minat
pelanggan misalnya dengan iklan dan pelayanan prima. Produk kami merupakan
sebuah inovasi dari es dawet yang biasanya hanya menggunakan santan dan gula,
kami akan beri varian rasa seperti coklat, vanila, strawberry, dan kami
tambahkan buah seperti serutan buah kelapa, strawberry, kacang dan lain-lain.
Kami juga melakukan promosi di berbagai
media, misalnya pada media cetak, radio dan melalui internet dengan berbagai
sosial media yang ada.
3. Kecukupan
Modal
Modal
yang kami butuhkan sebagai pendatang baru dalam menjalankan bisnis Kedai Esti
(Es & Roti) tersebut masih dalam kategori modal rendah.Modal yang kami
gunakan sebagian besar dari modal sendiri dimana kami selaku pemilik kedai
melakukan patungan dan sisanya kami melakukan pinjaman pada sebuah lembaga
keuangan.
4. Peraturan
Pemerintah
Peraturan
pemerintah yang menjadi hambatan salah satunya adalah adanya pajak yang akan
mengurangi pendapatan kami. Tetapi dengan adanya peraturan pemerintah maka
usaha atau bisnis bisa berjalan dengan tertib dan tertata.
2.
Persaingan
Sesama Perusahaan dalam Industri
1. Jumlah
Kompetitor
Banyaknya
jumlah kompetitor produk Es Cendol di wilayah Purworejo dan sekitarnya membuat
persaingan menjadi sangat ketat.
2. Tingkat
Pertumbuhan Industri
Produk
Es Cendol di wilayah Purworejo diperkirakan akan mengalami pertumbuhan industri
yang besar dikarenakan produk kami merupakan sebuah produk baru yang inovatif
dari produk-produk yang telah ada yang akan menjadi pilihan bagi konsumen dalam
memilih minuman segar. Pada dasarnya minuman segar akan selalu dibutuhkan masyarakat.
3. Karakteristik
Produk
Produk
kami bukan sekedar cendol biasa tetapi memiliki nilai tambah dan perbedaan pada
rasa, karena kami memproduksi juga dalam beberapa varian rasa dan sebelumya
belum ada produk Es Cendol yang seperti kami.
4. Biaya
Tetap yang Besar
Kami
akan berusaha untuk tidak menurunkan harga di tengah jalan selama hal itu tidak
perlu dan tidak harus dilakukan. Kami menetapkan harga tersebut sudah dengan
kebijakan dari kami. Kami melihat dengan penurunan harga akan menurunkan respon
masyarakat karena mereka akan menilai kualitas kami rendah. Dan apabila suatu
saat kami harus menurunkan harga kami tidak akan menurunkan kualitas.
5. Kapasitas
Dari
jumlah kapasitas yang di produksi, kami memproduksi produk dalam skala
menengah, hal itu dilakukan untuk melihat respon masyarakat terhadap produk
kami dalam beberapa bulan awal pembuatan produk.Apabila mendapat respon positif
dari masyarakat kami siap memproduksi dalam kapasitas besar.
6. Hambatan
Keluar
Kami
akan berusaha tetap dalam industri ini walaupun kami mengalami kerugian dalam
penjualan produk, kami akan terus berusaha dengan terus melakukan
inovasi-inovasi baik dari segi produk maupun pelayanan untuk kembali menarik
respon konsumen.
3.
Ancaman
dari Produk Pengganti
Adanya
produk pengganti ini memang sangat berpengaruh terhadap produk kami, apalagi
produk memiliki harga yang lebih murah dengan jumlah produk yang diberikan
lebih banyak.Dalam mengantisipasi hal ini kami selalu berusah menonjolkan segi
kualitas produk baik dari segi rasa dan kemasan dengan tujuan konsumen menjadi
loyal terhadap produk kita. Apabila konsumen sudah sampai pada tahap ini kami
akan berusaha memberikan pelayanan yang prima pada konsumen.
4.
Kekuatan
Tawar Menawar Pembeli
Pembeli
merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses jual beli, kami sebagai
produsen dan juga penjual akan menerima kritik dan saran dari konsumen untuk
teruslebih baik lagi dalam memproduksi produk kami. Tetapi dengan masih barunya
produk kami dan masih jarangnya produk serupa diharapkan tawar menawar pembeli
rendah karena belum ada produk serupa untuk pembanding bagi pembeli.
5.
Kekuatan
Tawar Menawar Produk
Pemasok
juga merupakan salah satu faktor penting dalam produksi, dalam produk kami,
pemasok bahan baku (kelapa muda dan buah lainnya, seperti strawberry) sangat
dibutuhkan. Untuk melemahkan kekuatan tawar menawar dari pemasok kami bekerja
sama dengan beberapa pemasok. Hal ini dilakukan agar kami juga dapat ikut serta
menentukan harga bahan baku dan menetukan pemasok mana yang lebih
menguntungkan.
0 komentar :
Posting Komentar