sistem penjualan berbasis strategi Relationship Marketing pada PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
Grapari Telkomsel yang merupakan pelayanan utama kepada pelanggan |
A. Pengertian
Chan
(2003 : 6); Saputra, 2014 mendefinisikan relationship marketing sebagai
pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi
dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara
pelanggan dan perusahaan.
B. Analisis
:
Dalam menjalin hubungan dan mendekatkan
diri dengan pelanggan, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menggunakan
aplikasi dari oracle yang mengintegrasikan data-data informasi pelanggan untuk
memudahkannya dalam hubungannya dengan pelanggan dalam rangka mempercepat
respon kebutuhan pelanggan.
Ø Strategi
penjualan relationship marketing pada PT Telekomunikasi Selular (telkomsel)
diterapkan pada gerai GraPARI dan Call
center dengan menerapkan aplikasi
oracle tadi yang telah terstandarisasi di seluruh Indonesia. Tujuan dari
strategi ini adalah pelanggan akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan yang
komprehensif dan Aplikasi ini merupakan
sumber semua informasi pelanggan sehingga mempersingkat waktu yang diperlukan
untuk memberikan pelayanan.
Ø Selain
itu strategi penjualan berbasis relationship untuk meningkatkan penjualannya
telkomsel melakukan system promo yang disebut Telkomsel poin yang berawal dari tahun 2010 sampai saat ini.
Melaui Telkomsel Poin, poin yang didapat oleh para pelanggan dapat ditukarkan
sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan seperti untuk mendapatkan diskon
belanja, diskon makan di rumah makan tertentu, dan dapat juga menukarkan tiket
nonton film gratis di bioskop bagi yang menjadi penggemar film (Movie Mania).
Ø Dalam
mengelola hubungannya dengan pelanggan Telkomsel mempunyai komunitas bagi
pelanggan yang tergabung dalam simPATI Zone (bagi pengguna kartu simPATI), Gen
Asik (bagi pengguna KartuAS), dan kartu HALO. Pada umunya program loyalty
diberikan berdasarkan ARPU, hobi, dan umur dari pelanggan, misalnya
bagi pelanggan simPATI yang memiliki hobi nonton, makan diadakan program loyalty gratis
nonton (Telkomsel Friday Movie Mania) dengan cara menukarkan
Telkomsel Poin-nya.
Ø Strategi
relationship marketing telkomsel membantu meningkatkan penjualan telkomsel dalam
hal berikut :
1. Program
penawaran produk baru
Pelanggan
akan memperoleh penawaran mengenai produk baru atau produk eksisting melalui
telepon, maupun SMS.
2. Program loyalty
Perusahaan
akan mengirimkan SMS birthday maupun undangan kepada pelanggan dengan kriteria
tertentu sebagai bagian dari program retensi.
3. Penagihan
tagihan telepon.
Perusahaan
setiap bulannya akan mengirimkan tagihan untuk produk prabayar (kartuHALO)
melalui email maupun surat.
Software
CRM memudahkan Telkomsel akan memberikan penawaran menarik pada pelanggan
dengan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan ARPU(Average Revenue
Per User) atau rata – rata pemakaian telepon dalam 1 bulan. Pada
umumnya bagian telemarketing akan menghubungi pelanggan dengan kriteria ARPU>
500.000 untuk menawarkan nomor kartu HALO, flash, blackberry, serta cicilan
IPhone
Ø Manfaat yang diperoleh dalam layanan dan dukungan
pelanggan :
Sistem CRM membantu
manajer customer service secara cepat membuat, menunjuk, dan mengelola
permintaan layanan. Software helpdesk membantu bagian call centre
untuk membantu pelanggan yang mempunyai masalah dengan suatu produk
atau layanan dengan cara menyediakan data layanan yang relevan dan usulan bagi
pemecahan masalah. Bagian call centre apabila mengalami kesulitan untuk
menangani keluhan pelanggan atau melayani permintaan pelanggan atas informasi
produk, maka dapat dibantu melalui sistem ini, yang menyediakan data mengenai
informasi produk, trauble shooting HP, gangguan pada blackberry, dll.
0 komentar :
Posting Komentar