BAB III
ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI
- Pemilihan strategi produksi
Yang menjadi alternatif produk di kedai kami
adalah Es Cendol , Es Cincau, Es Buah, dan Es Dawet dan Roti Bakar
- Pemilihan dan Perencanaan Produk
a.
Penentuan ide produk dan seleksi
Kami memilih produk Es krim Cendol karena kami melihat minat konsumen dan ingin
memberikan suatu produk es yang berbeda dari kebanyakan pesaing kami serta
kondisi cuaca di daerah Purworejo yang panas sehingga permintaan produk minman
dingin relative banyak.
Dan sebagai makanan kami memilih roti bakar comel
(coklat meleleh) karena, roti dan es krim merupakan paduan yang menurut kami
sangat baik dan minat konsumen untuk makanan manis juga tinggi.
b.
Pemilihan dan perencanaan produk
Untuk penentuan desain dan produk awal kami
memilih Es Cendol dengan berbagai toping. Es Cendol kami kemas dengan mangkok
es dan kami beri harga Rp 6.000/porsi ( Es Cocope dol merupakan menu andalan)
Dan Roti bakar dengan varian rasa dengan harga Rp. 8000 - Rp. 13000.
Produk-produk yang kami tawarkan dalam kedai
kami diantaranya
A. Es Cendol
1.
Original Cendol @
4.000
2.
CochopeDol ( Menu Andalan ) @ 6.000
(Es Cendol dengan toping eskrim coklat dan kacang
mede)
3.
Alpukat Cendol @
6.000
4.
Oreo Cendol @
6.000
B.
Roti Bakar
5.
Roti bakar keju @
9.000
6.
Roti bakar coklat keju @
12.000
7.
Roti bakar kacang coklat @ 12.000
8.
Chococrunch keju @
10.000
9.
Roti bakar comel`` @
13.000
Untuk rasa toping
eskrim kami menyediakan :
1.
Coklat
2.
Vanilla
3.
Strawberry
4.
Pandan
5.
White coffe
6.
Kombinasi
- Rencana Kualitas
Untuk Es Cocope Dol :
1.
Performance : minuman segar dan bergizi.
2.
Feature : minuman segar yang penuh dengan berbagai
toping menarik ditengah maraknya es cendol yang hanya di beri santan dan gula.
3.
Reability : produk kami akan dapat menyaingi produk
yang lain karena kami menyajikan inovasi rasa dari es cendol yang kebanyakan
orang jual hanya rasa original saja.
4.
Durability :kami
mengemas minuman ini menggunakan mangkok es untuk yang ingin menikmati di
tempat, sedangkan untuk yang ingin di bawa pulang kami mengemasnya dengan gelas
plastik.
5.
Serviceability :kami
akan memberikan pelayanan yang optimal dengan kualitas SDM dan kualitas produk
yang baik.
6.
Fit and Finish : kami siap memberikan layanan yang
baik dan kualitas produk yang baik pula.
- Masalah Desain
1.
Kami akan menggunakan mesin pendingin untuk menyimpan
bahan baku, mesin pembuat es krim, mixer, mesin kasir untuk transaksi
pembayaran, Kompor gas, lemari pendingin, Lemari es,
oven dan Perkakas dapur lainnya. Serta perlengkapan seperti meja, kursi,
tempat cuci tangan.
2.
Rencana kapasitas produksi yaitu :Kapasitas produksi
yang ditargetkan oleh usaha kami untuk perharinya sesuai dengan kapasitas
sekali proses produksi pada mesin es krim 100 es dan 70 roti bakar. Dan menyesuaikan dengan jumlah
permintaan konsumen.
3.
Rencana letak pabrik
Dalam pemilihan lokasi usaha kami memilih lokasi pada pusat kota
Purworejo dimana terdapat di sekitar sekolah SMP, SMK dan Universitas Muhammadiyah
Purworejo karena melihat faktor utama, pasar konsumen : dekat dengan target pasar
konsumen kita yaitu dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dari
segi pasar bahan baku, dekat dengan pasar tradisional yang menyediakan bahan
baku berlimpah.
- Masalah Operasi
Proses produksi dan
distribusi dilakukan secara langsung di Kedai kami. Penataan interior minimalis
dengan warna-warna yang fresh sehingga dapat menarik dan membuat nyaman
pengunjung.
1. Rencana jumlah
produksi
Untuk rencana jumlah produksi, penghitungan skala produksi ekonomis kami akan memproduksi menu
tiap item dengan jumlah yang berbeda, sesuai dengan produk / menu mana yang
paling diminati konsumen. Berikut adalah rencana produksi kami :
Jika setiap harinya jumlah permintaan konsumen
rata-rata sekitar 50-70 es dan 40-50 roti bakar untuk Setiap kali produksi,
pada mesin es krim ( mesin es krim Tipe T1800D30B) dapat memuat 10 liter dalam
waktu sekitar 30 menit dan per liternya dapat dijadikan 10 porsi es krim (hal
ini dilakukukan saat adonan es krim telah jadi). Sehingga jumlahnya 100 ( Jadi,
setiap kali produksi perusahaan kami dapat memproduksi 150 porsi es krim.
2. Manajemen Persediaan
Jika setiap harinya rata-rata dapat menjual 70 es
krim, maka 30 es krim akan kami masukkan ke dalam lemari pendngin. Serta bhan
baku seperti buah dan susu akan kami masukkan kedlam lemari pendingin untuk
menjaga kualitas.
3. Pengawasan kualitas
produk
Dilakukan dengan cara melakukan pengecekan
kualitas bahan baku setiap harinya , baik dalam gudang maupun dalam lemari
pendingin, menjaga kebersihan rumah produksi, dan memastikan produk steril dan
higienis.
- Metode Pemilihan Lokasi
Penilain Lokasi (skore nilai antara 1-5)
Penentuan bobot berdasarkan tingkat
kepentingannya (bersifat subyektif)
Aspek yang dinilai
|
Bobot
|
Skor Alternatif Lokasi
|
||
Purworejo Kota
|
Kutoarjo
|
Banyuurip
|
||
Minat Konsumen
|
40
|
5
|
4
|
3
|
Ketersediaan Bahan Baku
|
30
|
4
|
4
|
3
|
Transportasi
|
30
|
4
|
3
|
2
|
Jumlah
|
100
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
|
Bobot
|
Hasil ( Bobot x Skor)
|
||
Purworejo Kota
|
Kutoarjo
|
Banyuurip
|
||
Minat Konsumen
|
40
|
200
|
160
|
120
|
Ketersediaan Bahan Baku
|
30
|
120
|
120
|
90
|
Transportasi
|
30
|
120
|
90
|
60
|
Jumlah
|
100
|
440
|
370
|
270
|
Jadi, lokasi yang paling potensial untuk pendirian
kedai kami di Purworejo kota
0 komentar :
Posting Komentar