Senin, 15 Juni 2015

Aspek teknik dan teknologi skb : kedai eskrim

BAB III
ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI
  1. Pemilihan strategi produksi
Yang menjadi alternatif produk di kedai kami adalah Es Cendol , Es Cincau, Es Buah, dan Es Dawet dan Roti Bakar

  1. Pemilihan dan Perencanaan Produk
a.       Penentuan ide produk dan seleksi
Kami memilih produk Es krim Cendol  karena kami melihat minat konsumen dan ingin memberikan suatu produk es yang berbeda dari kebanyakan pesaing kami serta kondisi cuaca di daerah Purworejo yang panas sehingga permintaan produk minman dingin relative banyak.
Dan sebagai makanan kami memilih roti bakar comel (coklat meleleh) karena, roti dan es krim merupakan paduan yang menurut kami sangat baik dan minat konsumen untuk makanan manis juga tinggi.
b.      Pemilihan dan perencanaan produk
Untuk penentuan desain dan produk awal kami memilih Es Cendol dengan berbagai toping. Es Cendol kami kemas dengan mangkok es dan kami beri harga Rp 6.000/porsi ( Es Cocope dol merupakan menu andalan) Dan Roti bakar dengan varian rasa dengan harga Rp. 8000 - Rp. 13000.
Produk-produk yang kami tawarkan dalam kedai kami diantaranya
A.  Es Cendol
1.      Original Cendol                                  @ 4.000
2.      CochopeDol ( Menu Andalan )          @ 6.000
(Es Cendol dengan toping eskrim coklat dan kacang mede)
3.      Alpukat Cendol                                  @ 6.000
4.      Oreo Cendol                                       @ 6.000
B.   Roti Bakar
5.      Roti bakar keju                                    @ 9.000
6.      Roti bakar coklat keju                         @ 12.000
7.      Roti bakar kacang coklat                    @ 12.000
8.      Chococrunch keju                               @ 10.000
9.      Roti bakar comel``                              @ 13.000
Untuk rasa toping eskrim kami menyediakan :
1.      Coklat
2.      Vanilla
3.      Strawberry
4.      Pandan
5.      White coffe
6.      Kombinasi

  1. Rencana Kualitas
Untuk Es Cocope Dol :
1.      Performance : minuman segar dan bergizi.
2.      Feature : minuman segar yang penuh dengan berbagai toping menarik ditengah maraknya es cendol yang hanya di beri santan dan gula.
3.      Reability : produk kami akan dapat menyaingi produk yang lain karena kami menyajikan inovasi rasa dari es cendol yang kebanyakan orang jual hanya rasa original saja.
4.      Durability :kami mengemas minuman ini menggunakan mangkok es untuk yang ingin menikmati di tempat, sedangkan untuk yang ingin di bawa pulang kami mengemasnya dengan gelas plastik.
5.      Serviceability :kami akan memberikan pelayanan yang optimal dengan kualitas SDM dan kualitas produk yang baik.
6.      Fit and Finish : kami siap memberikan layanan yang baik dan kualitas produk yang baik pula.
  1. Masalah Desain
1.      Kami akan menggunakan mesin pendingin untuk menyimpan bahan baku, mesin pembuat es krim, mixer, mesin kasir untuk transaksi pembayaran, Kompor gas, lemari pendingin,   Lemari es,  oven dan Perkakas dapur lainnya. Serta perlengkapan seperti meja, kursi, tempat cuci tangan.
2.      Rencana kapasitas produksi yaitu :Kapasitas produksi yang ditargetkan oleh usaha kami untuk perharinya sesuai dengan kapasitas sekali proses produksi pada mesin es krim 100 es dan 70 roti   bakar. Dan menyesuaikan dengan jumlah permintaan konsumen.
3.      Rencana letak pabrik
Dalam pemilihan lokasi usaha kami memilih lokasi pada pusat kota Purworejo dimana terdapat di sekitar sekolah SMP, SMK dan Universitas Muhammadiyah Purworejo karena melihat faktor utama, pasar konsumen : dekat dengan target pasar konsumen kita yaitu dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dari segi pasar bahan baku, dekat dengan pasar tradisional yang menyediakan bahan baku berlimpah.

  1. Masalah Operasi
Proses produksi dan distribusi dilakukan secara langsung di Kedai kami. Penataan interior minimalis dengan warna-warna yang fresh sehingga dapat menarik dan membuat nyaman pengunjung.
   1.      Rencana jumlah produksi
Untuk rencana jumlah produksi, penghitungan skala produksi ekonomis kami akan memproduksi menu tiap item dengan jumlah yang berbeda, sesuai dengan produk / menu mana yang paling diminati konsumen. Berikut adalah rencana produksi kami :
Jika setiap harinya jumlah permintaan konsumen rata-rata sekitar 50-70 es dan 40-50 roti bakar untuk Setiap kali produksi, pada mesin es krim ( mesin es krim Tipe T1800D30B) dapat memuat 10 liter dalam waktu sekitar 30 menit dan per liternya dapat dijadikan 10 porsi es krim (hal ini dilakukukan saat adonan es krim telah jadi). Sehingga jumlahnya 100 ( Jadi, setiap kali produksi perusahaan kami dapat memproduksi 150 porsi es krim.
    2.      Manajemen Persediaan
Jika setiap harinya rata-rata dapat menjual 70 es krim, maka 30 es krim akan kami masukkan ke dalam lemari pendngin. Serta bhan baku seperti buah dan susu akan kami masukkan kedlam lemari pendingin untuk menjaga kualitas.
    3.      Pengawasan kualitas produk
Dilakukan dengan cara melakukan pengecekan kualitas bahan baku setiap harinya , baik dalam gudang maupun dalam lemari pendingin, menjaga kebersihan rumah produksi, dan memastikan produk steril dan higienis.

  1. Metode Pemilihan Lokasi
  Penilain Lokasi (skore nilai antara 1-5)
  Penentuan bobot berdasarkan tingkat kepentingannya (bersifat subyektif)


Aspek yang dinilai

Bobot
Skor Alternatif Lokasi
Purworejo Kota
Kutoarjo
Banyuurip
Minat Konsumen
40
5
4
3
Ketersediaan Bahan Baku
30
4
4
3
Transportasi
30
4
3
2
Jumlah
100





Aspek yang dinilai

Bobot
Hasil ( Bobot x Skor)
Purworejo Kota
Kutoarjo
Banyuurip
Minat Konsumen
40
200
160
120
Ketersediaan Bahan Baku
30
120
120
90
Transportasi
30
120
90
60
Jumlah
100
440
370
270
Jadi, lokasi yang paling potensial untuk pendirian kedai kami di Purworejo kota

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.