Asumsikan
anda sebagai seorang manajer dalam perusahaan
bagaimana merancang “Kebijakan
Karir” bagi tenaga penjualan di perusahan ?
Saya akan menggunakan teknik system perencanaan
karir yang terpusat pada organisasi yakni
memfokuskan pada pekerjaan-pekerjaan dan pada pembangunan jalur karier
yang menyediakan tempat bagi kemajuan diantara berbagai pekerja yang ada dalam
organisasi. Jalur karir yang akan diterapkan adalah vertical system dimana
seorang dapat menaiki jabatan dengan system hierarki perusahaan. Jalur ini adalah yang dapat diikuti oleh individu
untuk mengembangkan karir mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Namun untuk
seorang tenaga penjualan, karir mereka sedikit terbatas, misalnya gambaran
umumnya apabila tenaga penjualan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang
perusahaan maka jenjang karirnya :
1.
Junior sales
Dimana
pada level ini dibutuhkan penguasaan keahlian bidang administrasi ; penguasaan computer
dengan pekerjaan : membuat jadwal kerja, jadwal pertemuan dengan customer,
penguasaan pengetahuan mengenai produk dan fasilitas
2.
Executif sales / senior sales
Pada
tahap ini, senior sales memiliki selling skills dimana tanggung jawabnya lebih
luas seperti : Memiliki jaringan kerjasama dengan para travel agent , korporasi,
Industry , dalam menjalankan kegiatan sehari hari untuk menunjang tercapainya
target penjualan, Memiliki sense terhadap market inteligen, pemahaman mengenai
kompetitor , dan penguasaan terhadap selling point/unique selling point,
strukturisasi harga , pemahaman mengenai karakter masing masing market/segment.
3.
Sales Management
Pada
tahap ini seorang tenaga penjualan memimpin sebuah tim penjualan dan memotivasi
mengarahkan secara langsung mengenai tugas dan tanggung jawab kepada tenaga
penjualan
4.
Sales Leader/manajer penjualan.
Pada
tahap direktur bagian penjualan tentunya memiliki kemampuan manajerial dengan
tingkat pendidikan yang mumpuni, bertugas merancang business plan tahunan,
event-event tertentu, strategi yang akan diterapkan dan pengambilan keputusan.
Karir
untuk tenaga penjualan memang terbatas, dan tentunya jenjang karir dengan
memperhatikan beberapa faktor seperti :
1. Kebutuhan
staffing (manajer penjualan) dimasa yang akan datang
2. Mengukur
potensi individual dan kebutuhan pelatihan.
3. Mencocokkan
kebutuhan staffing perusahaan dengan kemampuan individu tenaga penjual.
4. Tingkat
pendidikan tenaga penjualan.
Tujuan dari perencanaan karir diatas adalah :
1. Mengembangkan
karyawan yang dapat dipromosikan
2. Menyaring
potensi karyawan
3. Memuaskan
kebutuhan karyawan untuk berkembang
Kriteria
yang dinilai dalam kenaikan karir karyawan yakni :
1. Prestasi
2. Tingkat
pendidikan
3. Sikap
4. Tanggung
jawab
Bolavita Merupakan Bandar Bola Online Terbesar di indonesia, yang menyediakan Promo Bonus Member baru & Cashback 10%..
BalasHapusBolavita Juga Menyediakan banyak game online seperti :
# Sabung Ayam
# Casino
# Togel
# Tangkas
# Wm Casino
# Play1628 (Slot)
# Tembak ikan
# Poker
Bila Anda Ingin bergabung bersama kami, Dapat hubungi :
Line : cs_bolavita
WA: 0812-2222-995
Telegram : @bolavitacc
Daftar Secara gratis di http://159.89.197.59/register