Analisis sistem penjualan berbasis
strategi Seasonal Marketing
pada Perusahaan Hallmark
(Perusahaan
kartu ucapan terbesar di Amerika Serikat)
Gb. Gerai pejualan produk perusahaan kartu ucapan di AS, Hallmark |
Gb. Contoh produk kartu ucapan yang dibuat oleh perusahaan Hallmark |
Hallmark adalah
perusahaan terkemuka di Amerika bahkan merupakan perusahaan terbesar di
industri pembuatan kartu ucapan (greeting cards) untuk
berbagai keperluan dan pada waktu itu dianggap tidak mempunyai pesaing yang
berarti dari luar Amerika. Berdiri pada tahun 1910, Hallmark bermula dari
penjualan sejumlah kartu ucapan selamat dalam kotak sepatu yang dilakukan oleh
pendirinya Joyce C. Hallmark di Norfolk, Nebraska, Amerika Serikat
A. Pengertian
:
Seasonal marketing
adalah cara pemasar untuk mendekati pelanggan dengan memanfaatkan peningkatan
permintaan produk karena suatu event atau kejadian tertentu.
B. Analisis
Seasonal Marketing Perusahaan Hallmark
:
Ø Untuk
event-event tertentu seperti natal, ulang tahun, valentine, perusahaan
meningkatkan jumlah produknya di gerai-gerai dengan menyesuaikan event-event
tertentu karena lonjakan permintaan mengenai kartu ucapan sangat tinggi
perusahaan juga tidak lupa mengadakan promo seperti bonus hadiah apabila
pembelian dalam jumlah besar.
Ø Dampak
terhadap penjualan : permintaan kartu ucapan
pada event-event tertentu melonjak naik sampai rata-rata 500% dari pada
hari biasa, sehingga omset penjualan naik drastis.
0 komentar :
Posting Komentar