RINGKASAN HASIL STUDI
1.
Rangkuman Tiap-tiap Aspek Aspek Pasar dan Pemasaran
Kedai kami menurut jenis struktur pasarnya
dikelompokkan ke dalam pasar peraingan monopolistik yaitu pasar dimana terdapat
banyak penjual atau perusahaan dan memiliki ukuran-ukuran yang relative sama
besarnya. Targeting perusahaan terdiri dari mahasiswa, masyarakat sekitar
purworejo dan wisatawan yang datang ke
purworejo dimana produk kami yakni bermacam aneka es cendol dan roti yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.
2.
Aspek Teknik dan Teknologi
Dalam produksi es cendol (es krim cendol) kami
menggunakan teknologi ice cream maker tipe
T1800D30B yang dapat memuat 10 liter dalam waktu sekitar 30 menit dan
per liternya dapat dijadikan 10 porsi es krim (hal ini dilakukukan saat adonan
es krim telah jadi) dan untuk roti bakar kami menggunakan alat pemanggang
biasa. Kami juga mendesain lay out tempat kerja dengan mempertimbangkan
jalannya proses produksi agar lebih efisien dan efektif.
3.
Aspek Manajemen
Perusahaan harus menentukan visi dan misi yang jelas
agar tujuan dari perusahaan itu dapat tercapai.Program kerja di kedai kami
menggunakan teknik APP (Analisis Persoalan Potensial) yaitu teknik perencanaan
yang berguna terutama dalam rangka mengamankan satu program kerja agar dapat
mengantisipasi setiap persoalan yang muncul pada waktu pelaksanaannya. Teknik
ini akan kami pakai untuk mengantisipasi
persoalan seperti masalah pesaing yang semakin merajalela di sekitar lokasi
kedai.
4.
Aspek Sumber Daya Manusia
Kedai kami memiliki 6 karyawan, diantaranya bagian produksi 2 orang, bagian pelayanan 3 orang dan bagian keuangan 1 orang. Kepala bagian produksi
memiliki 1 orang karyawan, kepala bagian pelayanan memiliki 2 orang karyawan
dan kepala bagian keuangan merangkapsebagai karyawan.Perusahaan sudah
memperkirakan dan mempertimbangkan bahwa dengan jumlah karyawan tersebut sudah
cukup mampu untuk menjalankan sebuah usaha.
5.
Aspek Finansial
Sumber dana yang diperoleh perusahaan terdiri dari
modal sendiri sebesar 60% dan modal asing dari Lembaga Keuangan sebesar 40%.
Melihat dari analisis PP, NPV, ARR, IRR, PI hasil penilaian investasi kedai
“esti” (es dan roti) dinyatakan layak untuk dijalankan.
6.
Aspek Ekonomi, Sosial, dan Budaya
Dilihat dari aspek ekonomi perusahaan berupaya
menciptakan lapangan pekerjaan yang baru dan memanfaatkan bahan baku yang
memiliki nilai jual rendah menjadi lebih tinggi. Dilihat aspek social selain
untuk memperoleh keuntungan perusahaan juga mempunyai misi sosial
kemasyarakatan. Dilihat dari aspek politik setiap kebijakan pemerintah berubah
maka akan berpengaruh kepada kebijakan lembaga keuangan.
7.
Aspek Lingkungan Industri
Perusahaan sudah bersiap-siap untuk menanggulangi
permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi yaitu diantaranya ancaman masuk
pendatang baru, persaingan sesama perusahaan dalam industri, ancaman dari
produk pengganti, kekuatan tawar menawar pembeli, kekuatan tawar menawar produk
dan pengaruh kekuatan stakeholder lainnya.
8.
Aspek Yuridis
Perusahaan menggunakan bentuk badan usaha perseroan
untuk usaha yang dijalankan selain itu
perencanaan lokasi wilayah dan status tanah yang digunakan untuk usaha sudah
dengan peraturan perundang-undangan. Jadi perusahaan kami berstatus perusahaan
legal.
9.
Aspek Lingkungan Hidup
Dengan mengelola AMDAL, hal ini memudahkan kami untuk
memperkirakan dampak proses produksi es cendol yang hanya berupa limbah kulit
dari buah dan air sabun sisa cucianyang tidak begitu berdampak dalam lingkungan
karena tidak terdapat campuran zat kimia didalamnya yang merusak lingkungan
atau akan menyebabkan polusi. Oleh karena itu kedai kami mempunyai tempat
khusus untuk membuang limbah tersebut.
- Rekomendasi
Pelaksanaan Dilakukan
Melihat hasil analisis mengenai berbagai aspek yang
telah diperkirakan dan dipertimbangkan kami mendapatkan hasil bahwa usaha
“Kedai EsTi” merupakan bisnis yang layak untuk dijalankan.Hasil analisis dapat
menjadi acuan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha es dan roti
untuk kemajuan perusahaaan.Dan suatu saat perusahaan dapat mengembangkan produk
yang lebih inovatif sehingga memiliki keunggulan kompetitif untuk memenangkan
persaingan.
0 komentar :
Posting Komentar