Minggu, 01 Februari 2015

Sistem Informasi, Organisasi, Dan Strategi

Sistem Informasi, Organisasi, Dan Strategi
APAKAH ORGANISASI ITU?
Organisasi adalah struktur formal yang stabil dan formal yang mengambil sumber daya dari lingkungan dan memprosesnya untuk menciptakan output.
Ciri-Ciri Organisasi
1.   Rutinitas dan Proses Bisnis
Rutinitas/ operasi standar adalah peraturan, prosedur, dan praktek yang jelas yang telah dikembangkan untuk mengatasi seluruh situasi virtual ang diharapkan. Sedangkan proses bisnis merupakan serangkaian rutinitas.
2.   Politik Organisasi
Semua investsi besar pada sistem informasi oleh perusahaan yang membawa perubahan signifikan pada strategi, tujuan bisnis, proses bisnis, dan prosedur menjadi kegiatan yang terbebani secara politik.
3.   Budaya Organisasi
Budaya organisasi adalah kekuatan pengikat yang kuat yang menghambat konflik politik dan mendorong pemahaman yang sama, perjanjian pada prosedur, dan praktik umum.
4.   Lingkungan Organisasi
Lingkungan umumnya berubah lebih cepat dari organisasi. Alasan utama kegagalan organisasi adalah ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan cepat dan kekurangan sumber daya terutama pada perusahaan baru untuk bertahan bahkan untuk periode yang singkat pada waktuyang bermasalah.
5.   Struktur Organisasi
Klasifikasi Mintzberg menunjukkan lima jenis dasar struktur oeganisasi:
  1. Struktur wirausaha
  2. Birokrasi mesin
  3. Birokrasi dengan divisi
  4. Birokrasi profesional
  5. Adhocracy
Bagaimana Sistem Informasi Memengaruhi Organisasi Dan Perusahaan ?
  1. Dampak Ekonomi
  2. Dampak Organisasi dan Perilaku
  1. TI Meratakan Organisasi
  2. Organisasi Pascaindustri
  3. Memahami Penolakan Organisasi terhadap Perubahan
  1. Internet dan Organisasi
  2. Implikasi Rancangan dan Pemahaman Sistem Informasi
Model Daya Kompetitif Porter
  1. Pesaing Tradisional
  2. Pemain Baru di Pasar
  3. Produk dan Jasa Pengganti
  4. Pelanggan
  5. Pemasok
Strategi Sistem informasi Untuk Berhubungan Dengan Daya Kompetitif
  1. Kepemimpinan Harga Rendah
Menggunakan sistem informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan.
  1. Diferensiasi Produk
Menggunakan sistem informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru.
  1. Berfokus pada Peluang Pasar
Menggunakan sistem informasi untuk memungkinkan strategi yang fokus pada peluang pasar; spesialisasi.
  1. Menguatkan Keakraban Pelanggan dan Pemasok
Menggunakan sistem informasi untuk mengembangkan hubungan kuat dan kesetiaan pelanggan dan pemasok.
Dampak Internet Pada Keunggulan Kompetitif
  1. Produk/ Jasa Pengganti
  2. Daya Tawar Pelanggan
  3. Daya Tawar Pemasok
  4. Ancaman Pemain Baru
  5. Persaingan Perusahaan dan Posisi Perusahaan
Model Rantai Nilai
Model rantai nilai (value chain model) menekankan aktivitas khusus pada bisnis dimana strategi kompetitif dapat diterapkan dengan paling baik dan dimana sistem informasi paling mungkin memiliki dampak strategis. Model ini mengenali titik khusus, dan kritis dimana perusahaan dapat menggunakan TI dengan paling efektif untuk meningkatkan posisi kompetitifnya.


0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.