Minggu, 01 Februari 2015

Mengembangkan sistem - sistem informasi manajemen

1. Sistem sebagai perubahan yang direncanakan
  1. Pengembangan sistem dan perubahan dalam perusahaaan
        Teknologi informasi dapat mendukung berbagai tingkatan perubahan dalam perusahaan, mulai dari yang setahap demi setahap hingga yang jauh kedepan.
        Empat macam perubahan struktural organisasi yang disebabkan oleh teknologi informasi:
Ø  Otomatisasi
Ø  Rasionalisasi
Ø  Rekayasa ulang
Ø  Pergeseran paradigma
B. Rekayasa ulang proses bisnis
Langkah- langkah rekayasa ulang yang efektif:
Pertimbangan untuk menentukan proses mana yang perlu diperbaiki: Analisis strategis dan aspek-aspek yang menyakitkan.
Setelah proses bisnis yang tepat dipilih,perusahaan akan melakukan aktivitas-aktivitas berikut : mengidentifikasi masalah dan keluaran proses bisnis, mengidentifikasi aliran dari produk atau layanan, mengidentifikasi jaringan aktivitas dan penyangga dalam proses, mengidentifikasi semua sumberdaya,
Selanjutnya memahami berapa yang dihabiskan untuk proses tersebut dan berapa lama proses tersebut berjalan. Ketika proses bisnis yang ada telah dipahami benar, langkah selanjutnya adalah memikirkan cara memperbaikinya.
C. Perbaikan proses:
Manajemen proses bisnis
                adalah upaya untuk membantu perusahaan mengelola perubahan proses yang dibutuhkan dibanyak bidang bisnis.
      Manajemen kualtas total dan six sigma
                Manajemen kualitas adalah bidang lain dari proses perbaikan yang kontinu. Banyak yang menggunakan manajemen kualitas total (TQM) untuk menjadikan kualitas sebagai tanggung jawab semua orang dan fungsi di dalam suatu organisasi.
                Sedang six sigma adalah ukuran kualitas yang spesifik,mempresentasikan 3,4 cacat per sejuta kesempatan

Sekilas mengenai pengembangan sistem
Proses pengembangan sistem
a. Analisis sistem
adalah analisis masalah yang dicoba diselesaikan perusahaan dengan sistem informasi.
Menentukan kebutuhan informasi
Pada tingkatan paling dasar,kebutuhan informasi dari sistem baru meliputi identifikasi siapa yang membutuhkan informasi apa, di mana, kapan, dan bagaiman caranya.
b. Perancangan sistem
Analis sistem menggambarkan apa yang harus dilaksanakan oleh sistem untuk memenuhi kebutuhan informasi, dan perancangan sistem memperlihatkan bagaimana sistem tersebut akan memenuhi sasaran ini. Perancangan sistem informasi adalah keseluruhan rencana atau model untuk sistem itu.
Bagaimana sistem informasi mendukung peningkatan kualitas?
      Sistem informasi dapat membantu perusahaan-perusahaan mencapai sasaran kualitasnya dengan membantu perusahaan menyederhanakan produku atau proses, meningkatkan kualitas dan ketelitian rancangan dan produksi, dan memenuhi standarbenchmarking.
      Benchmarking terdiri atas pengaturan standar-standar yang ketat untuk produk, layanan, dan aktivitas lainnya, kemudian mengukur kinerja terhadap standar tersebut.
c. Menyempurnakan proses pengembangan sistem
a.   Pemrograman
b.   Pengujian
c.   Konversi
d.   Produksi dan pemeliharaan
d. Pemodelan dan perancangan sistem
Metodelogi terstruktur
Pengembangan berorientasi objek
Rekayasa ulang peranti lunak berbantuan komputer
Rekayasa ulang peranti lunak berbantuan computer (CASE) terkadang disebut rekayasa ulang sistem berbantuan komputer menyediakan peralatan peranti lunak untuk mengotomatisasi metodelogi yang baru dijelaskan untuk mengurangi jumlah kerja repetitif yang harus dilakukan oleh programmer. Perangkat CASE juga memfasilitasi pembuatan dokummentasi yang jelas dan koordinasi upaya tim programmer. Kebanyakan perangkat CASE adalah berbasis PC, dengan kemampuan grafis yang hebat.

Pendekatan alternatif pengembangan sistem
a.   Siklus hidup sistem tradisional
Siklus hidup sistem adalah metode pengembangan sistem informasi yang paling tua. Metodologi siklus hidup adalah pendekatan bertahap untuk membangun sistem, membagi pengembangan sistem menjadi tahapan-tahapan yang formal.
b. Pembuatan prototipe
        Langkah-langkah pembuatan prototipe:
  1. Mengidentifikasi kebutuhan
  2. Mengembangkan prototipe awal
  3. Menggunakan prototipe
  4. Merevisi dan memperbaiki prototipe
      Keuntungan dan kerugian pembuatan prototipe:
Keuntungan:Pembuatan prototype paling bermanfaat ketika terdapat beberapa ketidakpastian tentang kebutuhan atau solusi rancangannya, dan sering digunakan untuk merancang sistem informasi antarmuka pengguna akhir, atau bagian dari sistem yang berinteraksi dengan pengguna, seperti tampilanonline dan layar masukan data, laporan, atau halaman web.
Kerugian: pembuatan prototipe secara cepat dapat melupakan langkah-langkah penting dalam pengembangan sistem.
c. Pengembangan oleh pengguna akhir
      bantuan formal dari spesialis teknis, atau bahkan Beberapa jenis sistem informasi dapat dikembangkan oleh pengguna akhir dengan sedikit tidak sama sekali. Fenomena ini disebut pengembangan oleh pengguna akhir. 
      d. Paket peranti lunak aplikasi dan alih kontrak
Ø   Paket peranti lunak aplikasi
Ketika solusi paket peranti lunak telah dipilih, perusahaan tidak lagi mengendalikan proses perancangan sistem secara keseluruhan. Alih-alih menyesuaikan spesifikasi rancangan sistem secara langsung dengan kebutuhan pengguna, upaya perancangan akan meliputi mencoba menyesuaikan kebutuhan pengguna dengan cara kerja paket dan paketnya tidak bisa disesuaikan, perusahaan harus beradaptasi dengan paket tersebut dan mengubah prosedur-prosedurnya.
Ø  Alih kontrak
      Beberapa perusahaan melakukan alih kontrak karena staf sistem informasi internal mereka tidak dapat mengejar perubahan teknologi atau praktik bisnis inovatif atau karena mereka ingin mengalokasikan talenta-talenta yang langka dan mahal untuk kegiatan bisnis yang menghasilkan keuntungan lebih tinggi.
      4. Pengembangan aplikasi untuk perusahaan digital
      Rapid aplication development (RAD)
RAD  digunakan untuk menggambarkan proses pembuatan sistem yang dapat dilangsungkan dalam waktu yang singkat.
      Pengembangan berbasis komponen dan layanan WEB
Perusahaan- perusahaan menggunakan pengembangan berbasis komponen untuk mrmbuat aplikasi ecommerce dengan menggabungkan komponen-komponen yang tersedia secara komersial untuk program shopping cart (kereta belanja), autentikasi pengguna, mesin pencarian, dan catalog, dengan potongan-potongan peranti lunak untuk kebutuhan bisnis mereka tersendiri.
       


0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.