Minggu, 01 Februari 2015

Memahami Apa Arti Monetisasi Dan Budaya Konsumerisme di Masyarakat Kita

Memahami Apa Arti Monetisasi Dan Budaya Konsumerisme di Masyarakat Kita
  • Terdapat beberapa karakteristik masyarakat modern dalam globalisasi yang kemudian dianggap sebagai trend umum.
  • Salah satu karakteristik itu adalah kebutuhan akan konsumsi,sebagai upaya pemenuhan kebutuhan manusia.
  • Konsumerisme adalah suatu pola pikir  serta tindakan, dimana orang melakukan  tindakan membeli sesuatu bukan dikarenakan ia membutuhkan barang itu semata, tetapi dikarenakan tindakan membeli itu sendiri memberikan kepuasan pada dirinya.
  • Konsumerisme, pada masa sekarang telah menjadi ideologi baru. Ideologi tersebut secara aktif memberi makna tentang hidup melalui; mengkonsumsi material.
  • Ideologi tersebut juga yang membuat orang tiada lelah bekerja keras mengumpulkan modal untuk bisa melakukan konsumsi.
  • Memang kenyataan: bahwa konsumsi sebagai satu sistem diferensiasi, sistem pembentukan perbedaan-perbedaan status, simbol dan prestise sosial telah menandai pola sosial masyarakat kontemporer.
  • Saat ini objek konsumsi mampu menentukan prestise, status dan simbol-simbol sosial tertentu bagi pemakainya.
  • Tidak heran jika saat ini banyak sekali kelompok-kelompok sosial, yang terbentuk berdasarkan konsumsi terhadap produk tertentu.
o   Teoritikus Sosiologi Post Modern Terkenal
  • Jean P. Baudrillard à The Consumer Society à Globalisasi, budaya masa, pola konsumsi berdasarkan life style, glamour, boros, hedonis.
Konsumerisme Sebagai Suatu Trend
·         Sulit dipungkiri bahwa dari hari ke hari semakin sempit ruang dan kesadaran kita yang tidak bisa dijangkau oleh media dan  budaya massa.
·         Secara tak langsung pemikiran, tingkah laku atau gaya hidup terbentuk oleh media
·         Hilangnya/terkikisnya kebudayaan nasional yang digantikan oleh budaya asing yang masuk  lewat media massa yang membawa kepentingan para pemodal di balik itu semua.
·         Bisnis global sangat menangkap peluang itu.
Monetisasi
·         Monetisasi merupakan proses ketika uang semakin menjadi faktor yang mendeterminasi relasi (hubungan) sosial.
·         Dalam masyarakat modern, harus diakui uang memang merupakan determinan kelas sosial yang penting.
·         Demi prestige dan status sosial, orang terdorong untuk mengkonsumsi suatu objek yang menandai kelas sosialnya.
Kesimpulan
  1. Hakekat konsumsi menurut Baudrillard adalah sistem tanda berdasarkan penafsiran terhadap tanda (simbol-simbol) sosial, dengan objeknya adl seluruh aspek kehidupan manusia.
  2. Budaya konsumerisme muncul sebagai dampak dari perubahan makna konsumsi yang disebabkan oleh sikap, pandangan dan pola hidup konsumtif, yaitu kegiatan konsumsi yang berlebihan demi mengejar status sosial dan harga diri (prestige).


Ditulis Oleh : Unknown // 21.32
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.