Minggu, 01 Februari 2015

Kisah Hubungan Sinergis Antara Etika Dan Laba Dalam Bisnis

Kisah Hubungan  Sinergis  Antara 
Etika  Dan Laba Dalam Bisnis
v  Di era kompetisi yang ketat ini, reputasi baik merupakan sebuah  competitive advantage yang sulit ditiru.
v  Salah satu kasus yang sering dijadikan acuan adalah bagaimana Johnson & Johnson (J&J) menangani kasus keracunan Tylenol tahun 1982.
v  Pada kasus itu, tujuh orang dinyatakan mati secara misterius setelah mengonsumsi Tylenol di Chicago.
v  Meski penyelidikan masih dilakukan guna mengetahui pihak yang bertanggung jawab, J&J segera menarik 31 juta botol Tylenol di pasaran dan mengumumkan agar konsumen berhenti mengonsumsi produk itu hingga pengumuman lebih lanjut.
v  Hasilnya membuktikan, keracunan itu disebabkan oleh pihak lain yang memasukkan sianida ke botol-botol Tylenol. Biaya yang dikeluarkan J&J dalam kasus itu lebih dari 100 juta dollar AS.
v  Secara jangka panjang, filosofi J&J yang meletakkan keselamatan konsumen di atas kepentingan perusahaan, berbuah keuntungan lebih besar kepada perusahaan.
v  Begitu kasus diselesaikan, Tylenol dilempar kembali ke pasaran dengan penutup lebih aman dan produk itu segera kembali menjadi pemimpin pasar (market leader) di Amerika Serikat.
v  Doug Lennick dan Fred Kiel (2005) penulis buku Moral Intelligence, berargumen bahwa : perusahaan-perusahaan yang memiliki pemimpin yang menerapkan standar etika dan moral yang tinggi terbukti lebih sukses dalam jangka panjang.


0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.