Minggu, 01 Februari 2015

Analisa Peluang Pasar Melalui Segmentasi Pasar

Analisa Peluang Pasar  Melalui Segmentasi Pasar
  Kosep peluang pasar
  1. Kotler (1997:72): adalah suatu bidang kebutuhan pembeli di mana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan.
  2. Pearce dan Robinson (2000:230) adalah situasi penting yang paling menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
  3. Kotler (1997:118), potensi pasar adalah batas yang didekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah ditentukan.
  Analisa peluang pasar
  Analisa peluang pasar merupakan proses riset terhadap faktor-faktor lingkungan eksternal yang mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan tersebut.
  Lingkungan eksternal merupakan kekuatan yang tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga menghasilkan ancaman dan peluang.
  Perusahaan harus berhati-hati dalam menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil manfaat dari peluang.
Analisis peluang pasar merupakan upaya diagnostik untuk menginterpretasikan atribut-atribut lingkungan serta perubahannya.
  Tujuan analisa peluang pasar
Menganalisa peluang pasar untuk membuat keputusan apakah perusahaan akan terus menjalankan kegiatannya dengan meningkatkan produktifitasnya atau harus keluar dari pasar.
  Indentifikasi dan evaluasi peluang pasar
  Melalui segmentasi pasar
1.   Segmentasi geografi, pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda seperti negara, negara bagian, wilayah, provinsi, kota atau lingkungan rumah tangga
2.   Segmentasi demografis, kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografis seperti, usia, ukuran keluarga, jenis kelamin, penghasilan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial
3.   Segmentasi psikografis, mengelompokkan pembeli yang berbeda  berdasarkan gaya hidup atau kepribadian akan nilai.
4.   Segmentasi perilaku, menjadi kelompok- kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian, atau tanggapan mereka terhadap suatu produk
  Indentifikasi dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
  Melalui segmentasi pasar
1.   Segmentasi ekonomi, daya beli yang dipengaruhi oleh pendapatan, harga, tabungan, utang, ketersediaan kredit (leasing);
2.   Segmentasi lingkungan alam,  kerusakan alam akan mengakibatkan kurang bahan baku, penigkatan level tinggi, peningkatan beaya enerji, kebijakan pemerintah terhadap ;perlindungan linjgkungan hidup;
3.   Segmentasi teknologi, perkembangan teknologi akan mempengaruhi kegidupan manusia;
4.   Segmentasi politik dan hukum, pemasaran akan sangat dipengaruhi oleh kondisi politik dan hukum, misalnya: wajib mensitasi jurnal internasional;
5.   Segmentasi sosial budaya, masyarakatlah yang membentuk keyakinan, norma dan nilai. Terkadang masyarakat tidak menyadari telah menyerap pandangan dunia.
Indentifikasi dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
Para marketer harus:
  1. mampu “membaca” secara seksama situasi-situasi di luar tersebut beserta setiap perubahan yang terjadi di dalamnya. Setelah itu,
  2. harus mampu “menerjemahkan” situasi serta perubahan tersebut ke dalam kerangka peluang pasarnya (marketing opportunities).
Marketing opportunity analysis [MOA] is the diagnostic activity of interpreting environmental attributes and change” (Zikmund dan D’Amico 1989, p.57)
  Indentifikasi dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
  dua hal pokok yang harus dicermati, yaitu:
  kekuatan dan kelemahan
  akan mampu menyediakan informasi yang berharga tentang para pesaing (competitors) dan para pendatang/pesaing baru, serta perbandingan kekuatan dan kelemahan mereka secara relatif dengan organisasi milik kita.
  kesesuaian antara peluang dengan kemampuan organisasi.
  di luar organisasi mungkin menawarkan begitu banyak peluang, tetapi  tidak semua peluang tersebut dapat dijadikan sebagai peluang yang realistik, karena organisasi dihadapkan pada keterbatasan sumber daya serta visi:
  tidak semua peluang sesuai dengan interest perusahaan
  setiap perusahaan hanya akan berbisnis secara menguntungkan pada peluang-peluang tertentu yang memang “fit” dengan kemampuan yang dimilikinya.
  Indentifikasi dan evaluasi peluang pasar-lanjutan
  Stanton dkk. (1994) menemukan bahwa, sejumlah perusahaan telah mencoba mengembangkan sejumlah pertanyaan yang bersifat memandu untuk membantu mereka dalam melalukan analisis peluang pasar. Pertanyaan-pertanyaan yang bersifat memandu tersebut adalah:
  Keunggulan bersaiang apakah yang akan kita miliki sehingga dapat membantu kita dalam memasuki peluang atau pasar tersebut? (misalnya, pengalaman dalam penjualan dan advertensi atau kita telah memiliki jaringan distribusi yang cukup kuat)
  Apakah kita memiliki kemampuan-kemampuan khusus untuk membawa kita memasuki pasar tersebut? (kemampuan yang bersifat technical atau skill tertent)
  Apakah kita memiliki kelemahan-kelemahan tertentu yang bisa menghambat kelancaran kita dalam memasuki pasar tersebut? (sumber daya keuangan atau pengalaman manajemen dalam industri tersebu)
  Apakah peluang pasar tersebut cocok dengan harapan-harapan perusahaan? (sejumlah perusahaan menginginkan return on investment yang tertentu atau dia hanya ingin beroperasi pada jenis usaha tertentu)
  Apakah peluang tersebut tepat/sesuai dengan dengan rencana jangka panjang perusahaan? (misalnya: memperluas pasar memasuki pasar global.


Ditulis Oleh : Unknown // 21.24
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.