Minggu, 01 Februari 2015

E--commerce pasar digital dan barang digital

E-COMMERCE : PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL
1. E-COMMERCE dan internet
E-commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi di antara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet dan web.
E-commerce dimulai pada tahun 1995 ketika salah satu portal internet pertama, Netscape.com, menerima iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar dan mempopulerkan ide bahwa Web dapat digunakan sebagai medium baru untuk beriklan dan berjualan.
Situs jaringan sosial adalah jenis komunitas online yang telah menjadi sangat populer. Jaringan sosial merupakan kegiatan memperbanyak jumlah kontak sosial atau kontak bisnis seseorang dengan membuat hubungan lewat individu-individu.
Situs jaringan sosial menghubungkan orang-orang melalui hubungan bisnis atau pribadi mereka, memungkinkann menambah teman untuk tujuan berjualan, meperoleh tips mendapatkan pekerjaan, atau mendapat teman baru.
MySpace, Facebook, Friendster adalah jaringan sosial atau media sosial untuk mengumpulkan teman sebanyak mungkin. 
Perusahaan menggunakan situs-situs ini untuk berinteraksi dengan pelanggan yang potensial. Situs-situs seperti ini yang terpopuler menarik begitu banyak pengunjung dan situs ini begitu “lengket” sehingga mereka menjadi perangkat pemasaran yang sangat hebat. Contohnya adalah MySpace yang dikatakan sebagai suatu model bisnis.
Jaringan sosial begitu menarik sehingga menginspirasi sebuah jenis perdagangan baru yang disebut belanja sosial.
Konten Digital, Hiburan,dan Layanan
      Kemampuan untuk mengirimkan barang digital dan konten digital melalui web telah menghasilkan alternatif dari media televisi dan media cetak tradisional. Kita dapat membaca versi digital dari publikasi cetak, seperti New York Times atau Wall Street Journal. Anda juga dapat mendengarkan beberapa stasiun radio kesayangan anda, seperti Classic Rock atau BBC. Banyak dari anda menggunakan Web untuk mendengar dan mengunduh musik.  Popularitas yang fenomenal dari layanan musik iTunes Apple dan alat musik portabel iPod-nya telah menginspirasi bentuk pengiriman muatan digital yang bari, disebut Podcasting.
Podcasting adalah metode penyiaran audio melalui Internet, memungkinkan pengguna yang telah terdaftar untuk mengunduh file audio melalui PC atau alat musik portabel mereka.
Sebagai model bisnis e-commerce, portal merupakan “situs super” yang menyediakan titik masuk yang komprehensif untuk sejumlah sumber dan layanan di Internet yang sangat banyak.
      Yahoo! Adalah contohnya. Situs ini menyediakan fungsi untuk mendapatkan informasi di Internet dari surat kabar,olahraga,perkiraan cuaca,buku petunjuk telepon,peta,permainan,belanja,e-mail,chat,papan diskusi,dan link ke situs lainnya.
      Contohnya StarMedia merupakan portal yang dirancang untuk pengguna internet dari Amerika Latin, dan Sina.com untuk pengguna dari Cina.
2. e-commerce
Jenis – jenis E-Commerce
        1. E-Commerce bisnis ke konsumen (B2C)
        2. E-Commerce bisnis  ke bisnis (B2B)
        3. E-Commerce konsumen ke konsumen (C2C)
PEMASARAN INTERAKTIF DAN PERSONALISASI
      Internet dan e-commerce telah membantu beberapa penjual mendapatkan apa yang diidam-idamkan dalam dunia pemasaran.
      Teknik personalisasi Web adalah penyaringan kolaboratif (collaborative filtering), yang membandingkan informasi yang diperoleh mengenai perilaku pengguna situs Web dengan data tentang konsumen lain yang minatnya sama untuk memperkirakan apa yang berikutnya ingin dilihat oleh pengguna.
blog
      Blog telah muncul sebagai alat pemasaran berbasis Web lainnya yang menjanjikan.
      Blog dapat memuat blogroll (kumpulan link ke blog-blog yang lain) dan TrackBack (daftar catatan pada blog lain yang mengacu pada isi blog yang pertama)
      Perusahaan yang memiliki blog publik menggunakan blog ini sebagai saluran baru untuk menjangkau pelanggan.
E-commerce bisnis ke bisnis : efisien dan hubungan baru
      E-commerce B2B masih didasarkan pada sistem berbayar untuk pertukaran data elektronik (electronic data interchange-EDI), yang memungkinkan pertukaran informasi komputer antara dua organisasi dari transaksi standae, seperti penagihan, surat jalan, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.
      Meskipun banyak organisasi masih menggunakan jaringan swasta untuk EDI, makin banyak perusahaan yang menggunakan Internet untuk tujuan pembelian ini karena internet menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan platform yang berbiaya rendah untuk terhubung dengan perusahaan lain.
Contohnya adalah
v   Pengadaan
v   Jaringan industri swasta
v   Ruang pasar internet
v   Pertukaran
3. M-COMMERCE
a. Aplikasi dan Layanan M-Commerce
v   layanan berbasis muatan dan lokasi      :
v   layanan perbankan dan keuangan
v   periklanan nirkabel
v   permainan dan hiburan
b. Mengakses Informasi Dari Web Nirkabel
Meskipun telepon seluler, PDA, dan perangkat genggam mobile lainnya sangat dimungkinkan untuk mengakses Web setiap saat dan dari mana saja, jumlah informasi yang dapat diperoleh pada waktu tertentu sebenarnya terbatas. Portal nirkabel khusus memberikan muatan dan layanan yang lebih optimal bagi perangkat mobile untuk mengarahkan pengguna ke informasi yang memang dibutuhkan.
c. Tantangan M-Commerce
Implementasi layanan mobile m-commerce telah terbukti menimbulkan banyak permasalahan. Tombol dan layar di telepon seluler masih terlalu tipis dan lemah digunakan. Kecepatan transfer data pada jaringan seluler generasi kedua sangat lambat dibandingkam dengan kecepatan dial-up dan sambungan Internet kecepatan tingggi untuk PC.


Ditulis Oleh : Unknown // 21.38
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.