Minggu, 01 Februari 2015

6 Dimensi Kualitas Produk

6 Dimensi Kualitas Produk  
Menurut Alexander Gravin yang diterjemahkan oleh Durianto (2004, p.38)  konsep produk, produsen dalam memasarkan produk harus berpikir melalui tahapan dimensi, yaitu :
1.   Performance (Kinerja) 
Kinerja adalah Kesesuaian produk dengan fungsi utama produk itu sendiri atau karaktertistik operasi dari suatu produk. Kinerja disini merujuk pada karakter produk inti yang meliputi merek, artibut-artibut yang dapat diukur, dan aspek-aspek kinerja individu. Dimensi paling dasar dan berhubungan dengan fungsi utama suatu produk. Konsumen akan kecewa jika harapan mereka akan dimensi ini tidak terpenuhi.
2.   Reliability (Keandalan)
Keandalan adalah kepercayaan pelanggan terhadap produk karena kehadalannya atau karena kemungkinan kerusukan rendah. Dimensi ini berkaitan dengan timbulnya kemungkinan suatu produk mengalami keadaan tidak berfungsi pada satu periode. Kehandalan suatu produk menandakan tingkat kualitas sangat berarti bagi konsumen dalam memilih produk. Hal berkaitan dengan probabilitas atau kemungkinan suatu barang berhasil menjalankan fungsinya setiap  kali digunakan dalam periode waktu tertentu.
3.   Feature (Fitur)
 Fitur adalah ciri khas produk yang membedakan dari produk lain yang merupakan karakteristik pelengkap dan mampu menimbulkan kesan yang baik bagi pelanggan. Dapat berbentuk produk tambahan dari produk inti yang dapat menambah nilai suatu produk. Keragaman produk biasanya diukur oleh masing-masing individu (dalam hal ini konsumen) yang menunjukan adanya perbedaan kualitas produk atau jasa. dapat dikatakan sebagai aspek sekunder. Karena perkembangan fitur ini hampir tidak terbatas sejalan dengan perkembangan teknologi, maka fitur menjadi target para produsen untuk berinovasi dalam rangka memuaskan pelanggan.
4.   Durability (Keawetan)
Keawetan adalah tingkat ketahanan atau berapa lama produk dapat digunakan. Ukuran suatu produk meliputi segi ekonomis maupun teknis. Secara ekonomis,  ketahanan diartikan sebagai usia ekonomis suatu produk dilihat dari jumlah  kegunaan yang diperoleh sebelum terjadinya kerusakaan dan keputusaan untuk pergantian produk.  Secara teknis ketahanan suatu produk didefinisikan sebagai sejumlah kegunaan yang diperoleh seseorang sebelum mengalami penurunan kualitas. Dimensi kualitas produk keempat yang menunjukan suatu pengukuran terhadap siklus produk, baik secara teknis maupun waktu. Produk disebut awet  kalau bertahan setelah berulang kali digunakan atau sudah lama sekali digunakan.
5.   Conformance (Konsistensi)
Konsistensi adalah  dimensi ini menunjukan seberapa jauh suatu produk dapat menyamai standar atau spesifikasi tertentu.
6.   Design  (Desain)

Design adalah keindahan menyangkut corak, rasa, dan daya tarik produk. Design suatu produk dilihat dari bagaimana suatu produk didengar konsumen, bagaimana penampilan luar suatu produk seperti bentuk,rasa dan bau. Design merupakan diemnsi pengukuran yang paling subjektif. Dimensi yang unik dan banyak menawarkan aspek emosional dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Ditulis Oleh : Unknown // 21.24
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.