Memahami Apa Arti Monetisasi
Dan Budaya Konsumerisme di Masyarakat Kita
- Terdapat
beberapa karakteristik masyarakat modern dalam globalisasi yang
kemudian dianggap sebagai trend umum.
- Salah
satu karakteristik itu adalah kebutuhan akan konsumsi,sebagai upaya
pemenuhan kebutuhan manusia.
- Konsumerisme
adalah suatu pola pikir serta tindakan, dimana orang melakukan
tindakan membeli sesuatu bukan dikarenakan ia membutuhkan barang itu
semata, tetapi dikarenakan tindakan membeli itu sendiri memberikan
kepuasan pada dirinya.
- Konsumerisme,
pada masa sekarang telah menjadi ‘ideologi’
baru. Ideologi tersebut secara aktif memberi makna tentang hidup melalui;
mengkonsumsi material.
- Ideologi
tersebut juga yang membuat orang tiada lelah bekerja keras mengumpulkan
modal untuk bisa melakukan konsumsi.
- Memang
kenyataan: bahwa konsumsi sebagai satu sistem
diferensiasi, sistem pembentukan perbedaan-perbedaan status, simbol dan
prestise sosial telah menandai pola sosial masyarakat kontemporer.
- Saat
ini objek konsumsi mampu menentukan prestise, status dan simbol-simbol
sosial tertentu bagi pemakainya.
- Tidak
heran jika saat ini banyak sekali kelompok-kelompok sosial,
yang terbentuk berdasarkan konsumsi terhadap produk tertentu.
o
Teoritikus Sosiologi Post Modern Terkenal
- Jean P. Baudrillard à The
Consumer Society à Globalisasi, budaya masa, pola
konsumsi berdasarkan life style, glamour, boros, hedonis.
Konsumerisme
Sebagai Suatu Trend
·
Sulit dipungkiri
bahwa dari hari ke hari semakin sempit ruang dan kesadaran kita yang tidak bisa
dijangkau oleh media dan budaya massa.
·
Secara tak
langsung pemikiran, tingkah laku atau gaya hidup terbentuk oleh media
·
Hilangnya/terkikisnya
kebudayaan nasional yang digantikan oleh budaya asing yang masuk lewat
media massa yang membawa kepentingan para pemodal di balik itu
semua.
·
Bisnis global
sangat menangkap peluang itu.
Monetisasi
·
Monetisasi
merupakan proses ketika uang semakin menjadi faktor yang mendeterminasi relasi
(hubungan) sosial.
·
Dalam masyarakat
modern, harus diakui uang memang merupakan determinan kelas sosial yang
penting.
·
Demi prestige
dan status sosial, orang terdorong untuk mengkonsumsi suatu objek yang menandai
kelas sosialnya.
Kesimpulan
- Hakekat konsumsi menurut Baudrillard
adalah sistem tanda berdasarkan penafsiran terhadap tanda (simbol-simbol)
sosial, dengan objeknya adl seluruh aspek kehidupan manusia.
- Budaya konsumerisme muncul sebagai
dampak dari perubahan makna konsumsi yang disebabkan oleh sikap, pandangan
dan pola hidup konsumtif, yaitu kegiatan konsumsi yang berlebihan demi
mengejar status sosial dan harga diri (prestige).
0 komentar :
Posting Komentar