Memahami Apa Arti Monetisasi
Dan Budaya Konsumerisme di Masyarakat Kita
- Terdapat
     beberapa karakteristik masyarakat modern dalam globalisasi yang
     kemudian dianggap sebagai trend umum.
 - Salah
     satu karakteristik itu adalah kebutuhan akan konsumsi,sebagai upaya
     pemenuhan kebutuhan manusia. 
 - Konsumerisme
     adalah suatu pola pikir  serta tindakan, dimana orang melakukan 
     tindakan membeli sesuatu bukan dikarenakan ia membutuhkan barang itu
     semata, tetapi dikarenakan tindakan membeli itu sendiri memberikan
     kepuasan pada dirinya. 
 - Konsumerisme,
     pada masa sekarang telah menjadi ‘ideologi’
     baru. Ideologi tersebut secara aktif memberi makna tentang hidup melalui;
     mengkonsumsi material. 
 - Ideologi
     tersebut juga yang membuat orang tiada lelah bekerja keras mengumpulkan
     modal untuk bisa melakukan konsumsi. 
 - Memang
     kenyataan: bahwa konsumsi sebagai satu sistem
     diferensiasi, sistem pembentukan perbedaan-perbedaan status, simbol dan
     prestise sosial telah menandai pola sosial masyarakat kontemporer. 
 - Saat
     ini objek konsumsi mampu menentukan prestise, status dan simbol-simbol
     sosial tertentu bagi pemakainya. 
 - Tidak
     heran jika saat ini banyak sekali kelompok-kelompok sosial,
     yang terbentuk berdasarkan konsumsi terhadap produk tertentu. 
 
o  
Teoritikus Sosiologi Post Modern Terkenal
- Jean P. Baudrillard à The
     Consumer Society à Globalisasi, budaya masa, pola
     konsumsi berdasarkan life style, glamour, boros, hedonis. 
 
Konsumerisme
Sebagai Suatu Trend
·        
Sulit dipungkiri
bahwa dari hari ke hari semakin sempit ruang dan kesadaran kita yang tidak bisa
dijangkau oleh media dan  budaya massa.
·        
Secara tak
langsung pemikiran, tingkah laku atau gaya hidup terbentuk oleh media
·        
Hilangnya/terkikisnya
kebudayaan nasional yang digantikan oleh budaya asing yang masuk  lewat
media massa yang membawa kepentingan para pemodal di balik itu
semua.
·        
Bisnis global
sangat menangkap peluang itu. 
Monetisasi
·        
Monetisasi
merupakan proses ketika uang semakin menjadi faktor yang mendeterminasi relasi
(hubungan) sosial.
·        
Dalam masyarakat
modern, harus diakui uang memang merupakan determinan kelas sosial yang
penting. 
·        
Demi prestige
dan status sosial, orang terdorong untuk mengkonsumsi suatu objek yang menandai
kelas sosialnya. 
Kesimpulan
- Hakekat konsumsi menurut Baudrillard
     adalah sistem tanda berdasarkan penafsiran terhadap tanda (simbol-simbol)
     sosial, dengan objeknya adl seluruh aspek kehidupan manusia.
 - Budaya konsumerisme muncul sebagai
     dampak dari perubahan makna konsumsi yang disebabkan oleh sikap, pandangan
     dan pola hidup konsumtif, yaitu kegiatan konsumsi yang berlebihan demi
     mengejar status sosial dan harga diri (prestige). 
 
0 komentar :
Posting Komentar