E-COMMERCE : PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL
1. E-COMMERCE dan internet
E-commerce adalah
lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi di antara
banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang
terjadi dalam internet dan web.
E-commerce
dimulai pada tahun 1995 ketika salah satu portal internet pertama,
Netscape.com, menerima iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar dan
mempopulerkan ide bahwa Web dapat digunakan sebagai medium baru untuk beriklan
dan berjualan.
Situs jaringan
sosial adalah jenis komunitas online yang telah menjadi sangat populer.
Jaringan sosial merupakan kegiatan memperbanyak jumlah kontak sosial atau
kontak bisnis seseorang dengan membuat hubungan lewat individu-individu.
Situs jaringan
sosial menghubungkan orang-orang melalui hubungan bisnis atau pribadi mereka,
memungkinkann menambah teman untuk tujuan berjualan, meperoleh tips mendapatkan
pekerjaan, atau mendapat teman baru.
MySpace,
Facebook, Friendster adalah jaringan sosial atau media sosial untuk
mengumpulkan teman sebanyak mungkin.
Perusahaan
menggunakan situs-situs ini untuk berinteraksi dengan pelanggan yang potensial.
Situs-situs seperti ini yang terpopuler menarik begitu banyak pengunjung dan
situs ini begitu “lengket” sehingga mereka menjadi perangkat pemasaran yang
sangat hebat. Contohnya adalah MySpace yang dikatakan sebagai suatu model
bisnis.
Jaringan sosial begitu menarik sehingga menginspirasi
sebuah jenis perdagangan baru yang disebut belanja sosial.
Konten Digital, Hiburan,dan Layanan
• Kemampuan untuk
mengirimkan barang digital dan konten digital melalui web telah menghasilkan
alternatif dari media televisi dan media cetak tradisional. Kita dapat membaca
versi digital dari publikasi cetak, seperti New York Times atau Wall Street
Journal. Anda juga dapat mendengarkan beberapa stasiun radio kesayangan anda,
seperti Classic Rock atau BBC. Banyak dari anda menggunakan Web untuk mendengar
dan mengunduh musik. Popularitas yang
fenomenal dari layanan musik iTunes Apple dan alat musik portabel iPod-nya
telah menginspirasi bentuk pengiriman muatan digital yang bari, disebut
Podcasting.
Podcasting adalah
metode penyiaran audio melalui Internet, memungkinkan pengguna yang telah
terdaftar untuk mengunduh file audio melalui PC atau alat musik portabel
mereka.
Sebagai model
bisnis e-commerce, portal merupakan “situs super” yang menyediakan titik masuk
yang komprehensif untuk sejumlah sumber dan layanan di Internet yang sangat
banyak.
• Yahoo! Adalah
contohnya. Situs ini menyediakan fungsi untuk mendapatkan informasi di Internet
dari surat kabar,olahraga,perkiraan cuaca,buku petunjuk
telepon,peta,permainan,belanja,e-mail,chat,papan diskusi,dan link ke situs
lainnya.
• Contohnya StarMedia
merupakan portal yang dirancang untuk pengguna internet dari Amerika Latin, dan
Sina.com untuk pengguna dari Cina.
2. e-commerce
Jenis – jenis E-Commerce
1.
E-Commerce bisnis ke konsumen (B2C)
2.
E-Commerce bisnis ke bisnis (B2B)
3.
E-Commerce konsumen ke konsumen (C2C)
PEMASARAN INTERAKTIF DAN PERSONALISASI
• Internet dan
e-commerce telah membantu beberapa penjual mendapatkan apa yang diidam-idamkan
dalam dunia pemasaran.
• Teknik personalisasi
Web adalah penyaringan kolaboratif (collaborative filtering), yang
membandingkan informasi yang diperoleh mengenai perilaku pengguna situs Web
dengan data tentang konsumen lain yang minatnya sama untuk memperkirakan apa
yang berikutnya ingin dilihat oleh pengguna.
blog
• Blog telah muncul
sebagai alat pemasaran berbasis Web lainnya yang menjanjikan.
• Blog dapat memuat
blogroll (kumpulan link ke blog-blog yang lain) dan TrackBack (daftar catatan
pada blog lain yang mengacu pada isi blog yang pertama)
• Perusahaan yang
memiliki blog publik menggunakan blog ini sebagai saluran baru untuk menjangkau
pelanggan.
E-commerce bisnis ke bisnis : efisien dan hubungan baru
• E-commerce B2B masih
didasarkan pada sistem berbayar untuk pertukaran data elektronik (electronic
data interchange-EDI), yang memungkinkan pertukaran informasi komputer
antara dua organisasi dari transaksi standae, seperti penagihan, surat jalan,
jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.
• Meskipun banyak
organisasi masih menggunakan jaringan swasta untuk EDI, makin banyak perusahaan
yang menggunakan Internet untuk tujuan pembelian ini karena internet
menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan platform yang berbiaya rendah untuk
terhubung dengan perusahaan lain.
Contohnya adalah
v Pengadaan
v Jaringan industri swasta
v Ruang pasar internet
v Pertukaran
3. M-COMMERCE
a. Aplikasi dan Layanan M-Commerce
v layanan berbasis muatan dan lokasi :
v layanan perbankan dan keuangan
v periklanan nirkabel
v permainan dan hiburan
b. Mengakses Informasi Dari Web Nirkabel
Meskipun telepon
seluler, PDA, dan perangkat genggam mobile lainnya sangat dimungkinkan untuk
mengakses Web setiap saat dan dari mana saja, jumlah informasi yang dapat
diperoleh pada waktu tertentu sebenarnya terbatas. Portal nirkabel khusus
memberikan muatan dan layanan yang lebih optimal bagi perangkat mobile untuk
mengarahkan pengguna ke informasi yang memang dibutuhkan.
c. Tantangan M-Commerce
Implementasi
layanan mobile m-commerce telah terbukti menimbulkan banyak permasalahan.
Tombol dan layar di telepon seluler masih terlalu tipis dan lemah digunakan.
Kecepatan transfer data pada jaringan seluler generasi kedua sangat lambat
dibandingkam dengan kecepatan dial-up dan sambungan Internet kecepatan
tingggi untuk PC.
0 komentar :
Posting Komentar