Sistem Informasi, Organisasi, Dan
Strategi 
APAKAH ORGANISASI ITU? 
Organisasi adalah struktur formal yang stabil dan formal yang
mengambil sumber daya dari lingkungan dan memprosesnya untuk menciptakan
output. 
Ciri-Ciri Organisasi 
1.  
Rutinitas dan Proses Bisnis
Rutinitas/
operasi standar adalah peraturan, prosedur, dan praktek yang jelas yang telah
dikembangkan untuk mengatasi seluruh situasi virtual ang diharapkan. Sedangkan
proses bisnis merupakan serangkaian rutinitas.
2.  
Politik Organisasi
Semua investsi besar
pada sistem informasi oleh perusahaan yang membawa perubahan signifikan pada
strategi, tujuan bisnis, proses bisnis, dan prosedur menjadi kegiatan yang
terbebani secara politik.
3.  
Budaya Organisasi
Budaya organisasi
adalah kekuatan pengikat yang kuat yang menghambat konflik politik dan
mendorong pemahaman yang sama, perjanjian pada prosedur, dan praktik umum.
4.  
Lingkungan Organisasi
Lingkungan
umumnya berubah lebih cepat dari organisasi. Alasan utama kegagalan organisasi
adalah ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan
cepat dan kekurangan sumber daya terutama pada perusahaan baru untuk bertahan
bahkan untuk periode yang singkat pada waktuyang bermasalah.
5.  
Struktur Organisasi
Klasifikasi
Mintzberg menunjukkan lima jenis dasar struktur oeganisasi:
- Struktur
     wirausaha
 - Birokrasi
     mesin
 - Birokrasi
     dengan divisi
 - Birokrasi
     profesional
 - Adhocracy
 
Bagaimana Sistem
Informasi Memengaruhi Organisasi Dan Perusahaan ?
- Dampak
     Ekonomi
 - Dampak
     Organisasi dan Perilaku
 
- TI Meratakan
     Organisasi
 - Organisasi
     Pascaindustri
 - Memahami
     Penolakan Organisasi terhadap Perubahan
 
- Internet dan
     Organisasi
 - Implikasi
     Rancangan dan Pemahaman Sistem Informasi 
 
Model Daya Kompetitif Porter 
- Pesaing
     Tradisional
 - Pemain Baru
     di Pasar
 - Produk dan
     Jasa Pengganti
 - Pelanggan
 - Pemasok 
 
Strategi Sistem informasi
Untuk Berhubungan Dengan Daya Kompetitif 
- Kepemimpinan
     Harga Rendah
 
Menggunakan sistem
informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari
pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan.
- Diferensiasi
     Produk
 
Menggunakan sistem
informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru.
- Berfokus
     pada Peluang Pasar
 
Menggunakan sistem
informasi untuk memungkinkan strategi yang fokus pada peluang pasar;
spesialisasi.
- Menguatkan
     Keakraban Pelanggan dan Pemasok
 
Menggunakan sistem
informasi untuk mengembangkan hubungan kuat dan kesetiaan pelanggan dan
pemasok.
Dampak Internet Pada Keunggulan Kompetitif 
- Produk/ Jasa
     Pengganti
 - Daya Tawar
     Pelanggan
 - Daya Tawar
     Pemasok
 - Ancaman
     Pemain Baru
 - Persaingan
     Perusahaan dan Posisi Perusahaan 
 
Model Rantai Nilai 
Model rantai
nilai (value chain model) menekankan aktivitas khusus pada bisnis dimana
strategi kompetitif dapat diterapkan dengan paling baik dan dimana sistem
informasi paling mungkin memiliki dampak strategis. Model ini mengenali
titik khusus, dan kritis dimana perusahaan dapat menggunakan TI dengan paling
efektif untuk meningkatkan posisi kompetitifnya. 
0 komentar :
Posting Komentar