Sistem Informasi, Organisasi, Dan
Strategi
APAKAH ORGANISASI ITU?
Organisasi adalah struktur formal yang stabil dan formal yang
mengambil sumber daya dari lingkungan dan memprosesnya untuk menciptakan
output.
Ciri-Ciri Organisasi
1.
Rutinitas dan Proses Bisnis
Rutinitas/
operasi standar adalah peraturan, prosedur, dan praktek yang jelas yang telah
dikembangkan untuk mengatasi seluruh situasi virtual ang diharapkan. Sedangkan
proses bisnis merupakan serangkaian rutinitas.
2.
Politik Organisasi
Semua investsi besar
pada sistem informasi oleh perusahaan yang membawa perubahan signifikan pada
strategi, tujuan bisnis, proses bisnis, dan prosedur menjadi kegiatan yang
terbebani secara politik.
3.
Budaya Organisasi
Budaya organisasi
adalah kekuatan pengikat yang kuat yang menghambat konflik politik dan
mendorong pemahaman yang sama, perjanjian pada prosedur, dan praktik umum.
4.
Lingkungan Organisasi
Lingkungan
umumnya berubah lebih cepat dari organisasi. Alasan utama kegagalan organisasi
adalah ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan
cepat dan kekurangan sumber daya terutama pada perusahaan baru untuk bertahan
bahkan untuk periode yang singkat pada waktuyang bermasalah.
5.
Struktur Organisasi
Klasifikasi
Mintzberg menunjukkan lima jenis dasar struktur oeganisasi:
- Struktur
wirausaha
- Birokrasi
mesin
- Birokrasi
dengan divisi
- Birokrasi
profesional
- Adhocracy
Bagaimana Sistem
Informasi Memengaruhi Organisasi Dan Perusahaan ?
- Dampak
Ekonomi
- Dampak
Organisasi dan Perilaku
- TI Meratakan
Organisasi
- Organisasi
Pascaindustri
- Memahami
Penolakan Organisasi terhadap Perubahan
- Internet dan
Organisasi
- Implikasi
Rancangan dan Pemahaman Sistem Informasi
Model Daya Kompetitif Porter
- Pesaing
Tradisional
- Pemain Baru
di Pasar
- Produk dan
Jasa Pengganti
- Pelanggan
- Pemasok
Strategi Sistem informasi
Untuk Berhubungan Dengan Daya Kompetitif
- Kepemimpinan
Harga Rendah
Menggunakan sistem
informasi untuk membuat produk dan jasa pada harga yang lebih rendah dari
pesaing dengan peningkatan kualitas dan pelayanan.
- Diferensiasi
Produk
Menggunakan sistem
informasi untuk membedakan produk, dan mengadakan produk dan jasa baru.
- Berfokus
pada Peluang Pasar
Menggunakan sistem
informasi untuk memungkinkan strategi yang fokus pada peluang pasar;
spesialisasi.
- Menguatkan
Keakraban Pelanggan dan Pemasok
Menggunakan sistem
informasi untuk mengembangkan hubungan kuat dan kesetiaan pelanggan dan
pemasok.
Dampak Internet Pada Keunggulan Kompetitif
- Produk/ Jasa
Pengganti
- Daya Tawar
Pelanggan
- Daya Tawar
Pemasok
- Ancaman
Pemain Baru
- Persaingan
Perusahaan dan Posisi Perusahaan
Model Rantai Nilai
Model rantai
nilai (value chain model) menekankan aktivitas khusus pada bisnis dimana
strategi kompetitif dapat diterapkan dengan paling baik dan dimana sistem
informasi paling mungkin memiliki dampak strategis. Model ini mengenali
titik khusus, dan kritis dimana perusahaan dapat menggunakan TI dengan paling
efektif untuk meningkatkan posisi kompetitifnya.
0 komentar :
Posting Komentar