Kisah Hubungan Sinergis
Antara
Etika Dan Laba Dalam Bisnis
Etika Dan Laba Dalam Bisnis
v Di
era kompetisi yang ketat ini, reputasi baik merupakan sebuah competitive advantage yang sulit
ditiru.
v Salah
satu kasus yang sering dijadikan acuan adalah bagaimana Johnson & Johnson
(J&J) menangani kasus keracunan Tylenol tahun 1982.
v Pada
kasus itu, tujuh orang dinyatakan mati secara misterius setelah mengonsumsi
Tylenol di Chicago.
v Meski
penyelidikan masih dilakukan guna mengetahui pihak yang bertanggung jawab,
J&J segera menarik 31 juta botol Tylenol di pasaran dan mengumumkan agar
konsumen berhenti mengonsumsi produk itu hingga pengumuman lebih lanjut.
v Hasilnya
membuktikan, keracunan itu disebabkan oleh pihak lain yang memasukkan sianida
ke botol-botol Tylenol. Biaya yang dikeluarkan J&J dalam kasus itu lebih
dari 100 juta dollar AS.
v Secara jangka panjang,
filosofi J&J yang meletakkan keselamatan konsumen di atas kepentingan
perusahaan, berbuah keuntungan lebih besar kepada perusahaan.
v Begitu
kasus diselesaikan, Tylenol dilempar kembali ke pasaran dengan penutup lebih
aman dan produk itu segera kembali menjadi pemimpin pasar (market leader)
di Amerika Serikat.
v Doug Lennick dan Fred Kiel (2005) penulis buku Moral Intelligence,
berargumen bahwa : perusahaan-perusahaan
yang memiliki pemimpin yang menerapkan standar etika dan moral yang tinggi
terbukti lebih sukses dalam jangka panjang.
0 komentar :
Posting Komentar