Senin, 15 Juni 2015

Worry Marketing pada Lifebuoy

   Analisis sistem penjualan berbasis strategi Worry Marketing pada PT Unilever dengan produknya : sabun Lifebuoy clini shield 10
Gambar iklan lifebuoy dengan stimuli kekhawatiran : kuman yang berevolusi
Gambar iklan lifebuoy dengan stimuli kekhawatiran : kuman yang berevolusi

A.    Pengertian
Worry marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada  kekhawatiran pelanggan untuk meningkatkan omzet penjualan.
B.     Analisis :
Ø  Stimuli kekhawatiran dalam iklan produk lifebuoy yakni : tubuh menjadi sangat rentan terkena penyakit karena kuman berevolusi lebih cepat.
Ø  Latar belakang pemicu pembentukan stimuli diatas :
Seiring dengan semakin padatnya penduduk, perpindahan kuman pun semakin cepat terutama di area publik, termasuk rumah sakit. Kuman pun terus berevolusi sehingga berpotensi menciptakan berbagai macam penyakit. Karena itu, tindakan pencegahan perlu dilakukan, sehigga PT. Unilever melalui produknya sabun lifebuoy mengangkat isu ini untuk menjadi iklan dengan strategi worry. Dijelaskan dalam iklan ini, sekarang ini, kuman terus bertambah kuat, lebih cepat menyebar, dan mudah beradaptasi. Dan tangan adalah salah satu media penyebaran kuman melalui sentuhan. Terkait ini, pihak Unilever pun melakukan survei, khususnya kepada para ibu yang memiliki anak usia di atas 4 tahun. Survei pun memperlihatkan bahwa 92 persen ibu menyadari kuman berevolusi dan anak-anak rentan terhadap berbagai macam penyakit yang diakibatkan olehnya. Akan tetapi, para ibu kerap tidak sadar bagaimana dan di mana kuman bisa cepat menyebar.
Oleh karena itu Unilever meluncurkan produk terbaru Lifebuoy ini mengandung formula activ natural shield yang ditemukan para ilmuwan Unilever serta telah direview oleh British Skin Foundation dan berbagai laboratorium internasional.  activ natural shield merupakan gabungan 2 molekul yaitu terpineol yang berasal dari pohon pinus dan thymol yang berasal dari daun thyme. Kombinasi kedua molekul tersebut bisa memberikan efek anti bakteri.
Ø  Efek iklan lifebuoy dengan strategi worry terhadap penjualan :
Pasar merespon kehadiran produk inovasi yang baru dengan lifebuoy dengan teknologinya yakni active natural shield dengan sangat baik , terbukti di peluncuran pertamanya, lifebuoy dapat menjadi leader diantaranya sabun keluarga lainnya. produk sabun ini dikategorikan sebagai produk premium. Harga sabun Lifebuoy Clini-Shield10 bentuk batang dengan ukuran 70 gram Rp 5.000 per buah.  Mahalnya harga produk ini mengingat teknologi yang digunakan terbilang mutakhir. Sabun ini mengandung Activ Naturol Shield


Ditulis Oleh : Unknown // 08.18
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.