Senin, 15 Juni 2015

kebijakan karir tenaga penjualan

   Asumsikan anda sebagai seorang manajer dalam perusahaan
 bagaimana merancang “Kebijakan Karir” bagi tenaga penjualan di perusahan ?

Saya akan menggunakan teknik system perencanaan karir yang terpusat pada organisasi yakni  memfokuskan pada pekerjaan-pekerjaan dan pada pembangunan jalur karier yang menyediakan tempat bagi kemajuan diantara berbagai pekerja yang ada dalam organisasi. Jalur karir yang akan diterapkan adalah vertical system dimana seorang dapat menaiki jabatan dengan system hierarki perusahaan. Jalur  ini adalah yang dapat diikuti oleh individu untuk mengembangkan karir mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Namun untuk seorang tenaga penjualan, karir mereka sedikit terbatas, misalnya gambaran umumnya apabila tenaga penjualan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang perusahaan maka jenjang karirnya  :

1.            Junior sales
Dimana pada level ini dibutuhkan penguasaan keahlian bidang administrasi ; penguasaan computer dengan pekerjaan : membuat jadwal kerja, jadwal pertemuan dengan customer, penguasaan pengetahuan mengenai produk dan fasilitas
2.            Executif sales / senior sales
Pada tahap ini, senior sales memiliki selling skills dimana tanggung jawabnya lebih luas seperti : Memiliki jaringan kerjasama dengan para travel agent , korporasi, Industry , dalam menjalankan kegiatan sehari hari untuk menunjang tercapainya target penjualan, Memiliki sense terhadap market inteligen, pemahaman mengenai kompetitor , dan penguasaan terhadap selling point/unique selling point, strukturisasi harga , pemahaman mengenai karakter masing masing market/segment.
3.            Sales Management
Pada tahap ini seorang tenaga penjualan memimpin sebuah tim penjualan dan memotivasi mengarahkan secara langsung mengenai tugas dan tanggung jawab kepada tenaga penjualan
4.            Sales Leader/manajer penjualan.
Pada tahap direktur bagian penjualan tentunya memiliki kemampuan manajerial dengan tingkat pendidikan yang mumpuni, bertugas merancang business plan tahunan, event-event tertentu, strategi yang akan diterapkan dan pengambilan keputusan.

Karir untuk tenaga penjualan memang terbatas, dan tentunya jenjang karir dengan memperhatikan beberapa faktor seperti :
1.      Kebutuhan staffing (manajer penjualan) dimasa yang akan datang
2.      Mengukur potensi individual dan kebutuhan pelatihan.
3.      Mencocokkan kebutuhan staffing perusahaan dengan kemampuan individu tenaga penjual.
4.      Tingkat pendidikan tenaga penjualan.
Tujuan  dari perencanaan karir diatas adalah :
1.      Mengembangkan karyawan yang dapat dipromosikan
2.      Menyaring potensi karyawan
3.      Memuaskan kebutuhan karyawan untuk berkembang
Kriteria yang dinilai dalam kenaikan karir karyawan yakni :
1.      Prestasi
2.      Tingkat pendidikan
3.      Sikap

4.      Tanggung jawab

Ditulis Oleh : Unknown // 08.32
Kategori:

1 komentar :

  1. Bolavita Merupakan Bandar Bola Online Terbesar di indonesia, yang menyediakan Promo Bonus Member baru & Cashback 10%..
    Bolavita Juga Menyediakan banyak game online seperti :

    # Sabung Ayam
    # Casino
    # Togel
    # Tangkas
    # Wm Casino
    # Play1628 (Slot)
    # Tembak ikan
    # Poker

    Bila Anda Ingin bergabung bersama kami, Dapat hubungi :
    Line : cs_bolavita
    WA: 0812-2222-995
    Telegram : @bolavitacc

    Daftar Secara gratis di http://159.89.197.59/register

    BalasHapus

 
Diberdayakan oleh Blogger.