Senin, 15 Juni 2015

Ringkasan hasil study

RINGKASAN HASIL STUDI
1.      Rangkuman Tiap-tiap Aspek Aspek Pasar dan Pemasaran
Kedai kami menurut jenis struktur pasarnya dikelompokkan ke dalam pasar peraingan monopolistik yaitu pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan memiliki ukuran-ukuran yang relative sama besarnya. Targeting perusahaan terdiri dari mahasiswa, masyarakat sekitar purworejo  dan wisatawan yang datang ke purworejo dimana produk kami yakni bermacam aneka es cendol dan roti yang  dijual dengan harga yang sangat terjangkau.
2.      Aspek Teknik dan Teknologi
Dalam produksi es cendol (es krim cendol) kami menggunakan teknologi ice cream maker tipe  T1800D30B yang dapat memuat 10 liter dalam waktu sekitar 30 menit dan per liternya dapat dijadikan 10 porsi es krim (hal ini dilakukukan saat adonan es krim telah jadi) dan untuk roti bakar kami menggunakan alat pemanggang biasa. Kami juga mendesain lay out tempat kerja dengan mempertimbangkan jalannya proses produksi agar lebih efisien dan efektif.
3.      Aspek Manajemen
Perusahaan harus menentukan visi dan misi yang jelas agar tujuan dari perusahaan itu dapat tercapai.Program kerja di kedai kami menggunakan teknik APP (Analisis Persoalan Potensial) yaitu teknik perencanaan yang berguna terutama dalam rangka mengamankan satu program kerja agar dapat mengantisipasi setiap persoalan yang muncul pada waktu pelaksanaannya. Teknik ini akan kami pakai  untuk mengantisipasi persoalan seperti masalah pesaing yang semakin merajalela di sekitar lokasi kedai.
4.      Aspek Sumber Daya Manusia
Kedai kami memiliki 6 karyawan, diantaranya  bagian produksi 2 orang,  bagian pelayanan 3 orang dan  bagian keuangan 1 orang. Kepala bagian produksi memiliki 1 orang karyawan, kepala bagian pelayanan memiliki 2 orang karyawan dan kepala bagian keuangan merangkapsebagai karyawan.Perusahaan sudah memperkirakan dan mempertimbangkan bahwa dengan jumlah karyawan tersebut sudah cukup mampu untuk menjalankan sebuah usaha.
5.      Aspek Finansial
Sumber dana yang diperoleh perusahaan terdiri dari modal sendiri sebesar 60% dan modal asing dari Lembaga Keuangan sebesar 40%. Melihat dari analisis PP, NPV, ARR, IRR, PI hasil penilaian investasi kedai “esti” (es dan roti) dinyatakan layak untuk dijalankan.
6.      Aspek Ekonomi, Sosial, dan Budaya
Dilihat dari aspek ekonomi perusahaan berupaya menciptakan lapangan pekerjaan yang baru dan memanfaatkan bahan baku yang memiliki nilai jual rendah menjadi lebih tinggi. Dilihat aspek social selain untuk memperoleh keuntungan perusahaan juga mempunyai misi sosial kemasyarakatan. Dilihat dari aspek politik setiap kebijakan pemerintah berubah maka akan berpengaruh kepada kebijakan lembaga keuangan.
7.      Aspek Lingkungan Industri
Perusahaan sudah bersiap-siap untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi yaitu diantaranya ancaman masuk pendatang baru, persaingan sesama perusahaan dalam industri, ancaman dari produk pengganti, kekuatan tawar menawar pembeli, kekuatan tawar menawar produk dan pengaruh kekuatan stakeholder lainnya.
8.      Aspek Yuridis
Perusahaan menggunakan bentuk badan usaha perseroan untuk  usaha yang dijalankan selain itu perencanaan lokasi wilayah dan status tanah yang digunakan untuk usaha sudah dengan peraturan perundang-undangan. Jadi perusahaan kami berstatus perusahaan legal.
9.      Aspek Lingkungan Hidup
Dengan mengelola AMDAL, hal ini memudahkan kami untuk memperkirakan dampak proses produksi es cendol yang hanya berupa limbah kulit dari buah dan air sabun sisa cucianyang tidak begitu berdampak dalam lingkungan karena tidak terdapat campuran zat kimia didalamnya yang merusak lingkungan atau akan menyebabkan polusi. Oleh karena itu kedai kami mempunyai tempat khusus untuk membuang limbah tersebut.
  1. Rekomendasi Pelaksanaan Dilakukan
Melihat hasil analisis mengenai berbagai aspek yang telah diperkirakan dan dipertimbangkan kami mendapatkan hasil bahwa usaha “Kedai EsTi” merupakan bisnis yang layak untuk dijalankan.Hasil analisis dapat menjadi acuan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha es dan roti untuk kemajuan perusahaaan.Dan suatu saat perusahaan dapat mengembangkan produk yang lebih inovatif sehingga memiliki keunggulan kompetitif untuk memenangkan persaingan.




Ditulis Oleh : Unknown // 12.28
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.