Senin, 15 Juni 2015

aspek ekonomi, sosial dan politik study kelayakan bisnis

BAB VII
ASPEK EKONOMI, SOSIAL, DAN POLITIK

A.      Aspek Ekonomi
1.    Sisi Rencana Pembangunan Nasional
Analisis manfaat proyek, dimaksudkan agar proyek dapat :
a.    Memberikan Kesempatan Kerja bagi Masyarakat
Tenaga kerja yang dipakai yaitu tenaga kerja lokal yang meliputi warga sekitar dan kerabat dekat. Dan kami tidak menggunakan tenaga kerja asing karena belum membutuhkan dan skala perusahaan kami lokal.
b.    Penggunaan Sumber Daya Lokal
Komponen bahan baku lokal yaitu dawet, kelapa muda. Pemasok dawet dari pemasok atau petani lokal daerah Purworejo. Menggunakan pemasok lokal karena menghemat biaya produksi dan akan meningkatkan perekonomian daerah.
c.       Menghemat Devisa
Menggunakan bahan baku kelapa muda dan cendol dari lokal (Purworejo) maka tidak perlu menggunakan devisa dan ruang lingkup penjualan masih lokal belum bisa mengekspor jadi belum menghasilkan devisa yang masuk untuk Negara.
d.   Turut menyediakan kebutuhan konsumen dalam negeri sesuai dengan kemampuan
Memberikan pilihan es dawet yaitu es dawet  Cocopendol ( chocolate, coconut, peanut cendol), vanilla cendol, original cendol. yang merupakan variasi dari es dawet yang sebelumnya hanya dawet dan larutan gula.
e.    Menambah Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional yaitu adanya tarif pajak dari pemerintah.
f.       Menumbuhkan industri lain
Dengan adanya proyek bisnis yang baru,diharapkan tumbuh industri lain baik yang sejenis atau industri pendukung lainnya yang mendukung usaha tersebut.
1). Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
2). Bagi petani buah lokal akan berupaya untuk meningkatkan kualitas produksinya.
2.    Sisi Distribusi Nilai Tambah
Nilai tambah berupa peningkatan ekonomi kepada pemilik perusahaan, para pegawai karyawan, dan pemasok bahan baku.
3.    Sisi Nilai Investasi per Tenaga Kerja
Perusahaan menciptakan kesempatan kerja kepada karyawan dan memberikan pelatihan kepada karyawan cara pembutan es cendol, cara pembuatan roti bakar yang baik.
4.    Hambatan di Bidang Ekonomi
Hambatan-hambatan yang terjadi, seperti:
a.    Produktivitas rendah yaitu perusahaan belum mampu memproduksi dalam skala besar karena belum mempunyai pelanggan yang loyal.
b.    Belum mampu mengekspor padahal ada peluang yang terbuka. Karena masih  belum ditemukan cara untuk membuat es cendol ini awet dan tidak merubah rasa.
c.    Tarif pajak yang akan mengurangi laba perusahaan.
5.    Dukungan Pemerintah
Pemerintah memberikan dukungan kepada perusahaan agar mampu bersaing dalam pasar persaingan bebas yang akan datang. Misalnya dengan jalan mempermudah peijinan pendirian usaha, membantu dalam permodalan usaha.
B.       Aspek Sosial
Adapun tanggung jawab sosial perusahaan,antara lain:
1.    Perusahaan sebagai Lembaga Sosial
Karena perusahaan kami masih dalam skala perusahaan kecil maka Misi sosial kemasyarakatan yaitu sebagai sponsor dalam even-even tertentu, seperti kegiatan baksos, kegiatan promosi, pameran, bazaar, dll.
2.    Perubahan Kondisi Sosial yang Komplek
Meningkatkan kualitas karyawan dengan memberikan pelatihan kerja dan memperlakukan karyawan dengan baik serta mensejahterakan karayawan dengan memberikan kompensasi yang semestinya. Perusahaan berusaha menjalin hubungan yang baik karena karyawan berasal dari kerabat dekat.
3.    Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik
Dengan adanya kedai es cendol ini maka perusahaan dapat memberikan perngaruh ataupun dorongan kepada masyarakat sekitar untuk mampu berwirausaha mandiri agar dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.
 Dari sisi Pengaruh Sosial :
a.       Lapangan kerja baru
Dengan adanya kedai ini, maka akan menyerap tenaga kerja dari wilayah sekitarnya.
b.      Alih teknologi
Pembuatan es krim yang dilakukuan di kedai ini, menggunakan teknologi pembuat es krim (ice cream maker) sehingga terjadi peralihan teknologi  yang sebelumnya hanya menggunakan mixer saja.
c.        Mutu hidup
Peningkatan mutu hidup karena kedai kami memberikan produk es dengan  berbagai buah segar dan tentunya berkualitas yang dapat meningkatkan nutrisi dalam tubuh
C.      Aspek Politik
Ketika adanya perubahan kepemimipinan seperti presiden, menteri-menteri, dan UU yang baru maka akan ada kebijikan-kebijakan yang baru yang akan berpengaruh pada kebijakan lembaga keuangan. Lembaga keuangan akan lebih hati-hati dalam memberikan pinjaman uang karena setiap pemimpin tentu mempunyai kebijakan yang berbeda-beda. Itu tentu akan berpengaruh pada perkembangan perusahaan.









0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.