Senin, 15 Juni 2015

Aspek lingkungan hidup study kelayakan bisnis

BAB X
ASPEK LINGKUNGAN HIDUP

A.      Mengapa AMDAL
AMDAL diperlukan untuk studi kelayakan perusahaan kami karena :
1.      Undang-undang dan peraturan pemerintah yang ada sangat membantu dalam perusahaan kami untuk lebih memperhatikan kualitas lingkungan yang ada disekitar perusahaan.
2.      Perusahaan kami membuat AMDAL untuk mencegah kerusakan lingkungan dan mejaga kualitas lingkungan akibat dari limbah perusahaan. Para pembuat proyek industri harus membuat AMDAL dengan mengeluarkan biaya karena merupakan pihak yang bertanggung jawab.
B.       Kegunaan AMDAL
1.    Peran AMDAL dalam pengelolaan lingkungan.
Untuk mengelola lingkungan kami, telah memperkirakan dampak proses produksi es cendol dan roti bakar yang hanya berupa limbahkulit dari buah kelapa ( buah kelapa sebagai toping untuk es cendol khususnya “es Chocopedol” dan ampas dari pembuatan cendol  itu sendiri. Kulit kelapa muda tersebut nantinya akan dijadikan bahan bakar untuk memasak dan ampas dari pembuatan   tidak begitu berdampak dalam lingkungan karena tidak terdapat campuran zat kimia didalamnya yang merusak lingkungan atau akan menyebabkan polusi. Oleh karena itu perusahaan kami mempunyai tempat khusus untuk membuang limbah.
2.    Peran AMDAL dalam pengelolaan proyek
Kami sebagai pengelola usaha yang nantinya akan menggunakan lokasi sebagai tempat usaha seharusnya juga ikut dan memberikan masukan agar mendapatkan tempat yang sesuai harapan untuk memulai usaha.
3.    AMDAL sebagaidokumen penting.
Perusahaan kami menggunakan laporan AMDAL yang sangat detail karena hal tersebut sangat penting untuk kelangsungan lingkungan maupun perusahaan kami. Jika lingkungan dapat terjaga dengan baik maka keadaan perusahaan pun akan baik pula. Lingkungan sangat mempengaruhi perusahaan laporan AMDAL sangat penting bagi perusahaan kami guna mengevaluasi proyek, membangun proyek, dan sebagai alat legalitas
C.      Peraturan dan Perundang-undangan
Kami masih pada tahap awal memulai bisnis dan masih dalam skala usaha kecil oleh karena itu kami lebih mengacu pada tingkat nasional, sektoral maupun regional. Misal pada peraturan Pemerintah RI No 51 tahun 1993 tentang analis mengenai dampaklingkungan yangditindaklanjutioleh SK Menteri Negara Lingkungan Hidup No 10-15 tahun 1994.
D.      Komponen AMDAL
Berupa dokumen yang terdiri dari:
1.    PIL (Penyajian Informasi Lingkungan)
2.    KA (Kerangka Acuan)
3.    ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan)
4.    RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan)
5.    RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan)
E.       Sistematika Pengelola Lingkungan

AMDAL merupakan suatu proses yang panjang dengan system urutan langkah  Environment Impact menurut PP 29 tahun 1986. AMDAL perlu disusun sistematis sehingga dapat langsung mengemukakan masukan penting yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan, perencanaan, dan pengelolaan rencana usaha atau kegiatan. AMDAL juga dapat memuat uraian singkat tentang rencana usaha atau kegiatan dengan berbagai kemungkinan dampak besar dan pentingnya, baik pada tahap prakonstruksi, kontruksi, operasi mauun pasca operasi. Serta memuat keterangan mengenai kemungkinan adanya kesenjangan data informasi, berbagai kekurangan dan keterbatasan yang dihadapi selama penyusunan AMDAL.

1 komentar :

  1. Iron Lady – Titsonic Wedding Band | TITanium Arts
    Iron Lady titanium gravel bike band. titanium network surf freely Iron snow peak titanium Lady is an online band created to promote the success of titanium rod the Iron Lady band. It was founded to damascus titanium be an

    BalasHapus

 
Diberdayakan oleh Blogger.