Senin, 15 Juni 2015

Aspek sumberdaya manusia study kelayakan bisnis

BAB V
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
   A.    Perencanaan SDM
1.      Memilih Manajemen Proyek
Kedai kami mempunyai tiga kepala bagian yang mana terdiri dari bagian keuangan, bagian produksi dan bagian pelayanan.
2.      Memilih Tim Proyek
Adapun tim proyek dari berbagai manajer yaitu bagian produksi memiliki 2 orang karyawan, bagian keuangan 1 orang karyawan dan bagian pelayan ada 3 orang karyawan.
            Setiap pemimpin memiliki tugas memberikan pengarahan dan petunjuk pada bawahannya, bawahan hanya bertugas menjalankan perintah dari pimpinan dan bawahan tidak mempunyai wawenang unukmenyusun rencana. Hal ini ssuai dengan pendekatan atas - bawah (Top Down).
   B.     Analisis pekerjaan
Yang harus dilakukan manajer :
1.      Kepala bagian produksi
Kepala bagian produksi memiliki 2 orang karyawan yang bertugas membuat cendol, es krim, menyiapkan bahan apa saja yang akan dijadikan sebuah menu seperti menyiapkan roti dan buah-buahan serta meracik menu pesanan konsumen.
Tugas kepala bagian produksi itu sendiri adalah mengawasi dan mengarahkan bagaimana cara yang tepat untuk memproduksi cendol, es krim dan mengarahkan bagaimana meracik setiap menu yang dipesan konsumen.
2.      Kepala bagian pelayanan
Memiliki 3 orang karyawan yang bertugas mencatat pesanan dan mengantarkan pesanan kepada konsumen. Menggunakan 3 orang karyawan karena untuk mengantisipasi kebanjiran konsumen.
            Tugas kepala bagian pelayanan adalah mengawasi pekerjaan dari setiap karyawan dan apabila kedai kami mengalami kebanjiran konsumen maka kepala bagian bisa terjun langsung untuk melayani konsumen.
3.      Kepala bagian keuangan
Memiliki 1 orang karyawan yang bertugas menjaga mesin kasir untuk transaksi pembayaran dari konsumen. Kemudian untuk kepala bagian keuangan bertugas untuk merinci semua biaya operasional dan merinci pendapatan yang diperoleh setiap harinya.
   C.    Rekruitmen, Seleksi dan Orientasi
1.      Rekruitmen
Rekruitmen bertujuan untuk mencari sebanyak-banyaknya calon tenaga kerja. Rekruitmen tenaga kerja adalah suatu proses untuk mendapatkan tenaga yang berkualitas dan memberikan harapan yang baik pada calon tenaga kerja tersebut untuk membuat lamaran kerja guna bekerja pada instansi/perusahaan tersebut. Kedai kami menentukan calon karyawan dengan beberapa kriteria :
a)      Laki-laki atau perempuan
b)      Minimal lulusan SMA/SMK
c)      Usia 18-25 tahun.
d)     Ramah, disiplin dan ulet
2.      Seleksi
Seleksi tenaga kerja adalah proses perusahan memilih dari sekelompok pelamar, yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada saat ini. Kedai kami membutuhkan 9 orang karyawan yang terdiri dari :
a)      1 orang kepala bagian keuangan dan 1 orang sebagai karyawan
b)      1 orang kepala bagian produksi dan 2 orang sebagai karyawan
c)      1 orang kepala bagian pelayanan dan 3 orang sebagaikaryawan
3.      Orientasi
Orientasi dilakukan untuk membantu pegawai baru mengenal pekerjaan dan perusahaan dimana tempatnya bekerja. Manfaat dari program orientasi  adalah pengurangan kecemasan karyawan baru.dengan kecemasan yang sedikit, pendatang baru dapat mempelajari tugas-tugasnya dengan lebih baik.
   D.    Produktivitas
Pada hasil sebuah produk menu aneka minuman segar dan cemilan yaitu roti bakar yang optimal diharapkan mendapatkan keuntungan yang tinggi dan  sumber daya bisa terus tersedia ketika dilakukan produksi agar produksi es cendol dan es krim tidak terhenti dengan persediaan maupun rencana jangka panjang.
   E.     Prestasi Kerja
Pada setiap organisasi baik berskala kecil maupun berskala besar prestasi kerja perlu dievaluasi sebagai dasar untuk pengambilan keputusan mengenai gaji, penugasan, promosi, keperluan training dan beberapa hal yang mempengaruhi karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Prstasi kerja di kedai kami terkait dengan bagaimana kualitas para karyawan dalam meakukan tugasnya.
   F.     Perencanaan Karier
Apabila setiap karyawan memiliki kinerja yang baik dalam kariernya maka pemilik kedai akan melakukan kenaikan tingkat gaji dan meningkatkan kesejahteraan karyawannya.
   G.    Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Pemilik usaha akan memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja kepada karyawan, misalnya memberikan biaya pengobatan gratis ketika karyawan mengalami kecelakaan kerja atau sakit pada saat kerja.
   H.    Pemberhentian Tenaga Kerja
Pemberhentian karyawan bisa terjadi karena keinginan karyawan sendiri, keinginan pemilik kedai, kesehatan terganggu, atau kedai kami mengalamikebangkrutan. Sesuai dengan yang sudah diatur dalam UU mengenai tenaga kerja.











0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.