Kamis, 19 Desember 2013

Contoh membuat resensi

Kata Pengantar

1 . Ucapan Puji Syukur
       Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan makalah Resensi buku  ini dengan baik.
 2. Penegasan Maksud          
       Maksud pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas kelompok Bahasa Indonesia.
3 . Ucapan Terimakasih
       Pertama- tama penulis ucapkan terimakasih untuk orang tua penulis karena telah mendukung untuk menyelesaikan makalah ini, kedua untuk Guru saya Bapak Sudarso S.pd karena telah membimbing penulis dalam pembuatan makalah ini , dan terakhir kami ucapkan terimakasih untuk semua pihak yang telah membantunya untuk menyelesaikan ini yang tidak dapat                                                   di sebutkan satu persatu.

4 . Harapan Penulis
Harapan Penulis dalam pembuatan makalah ini agar bisa bermanfaat bagi semua siswa, khususnya siswa SMP N 3 Kutowinangun dan penulis mengharapkan saran dan kritikan agar makalah ini bisa lebih sempurna.        
               
                                                                                             

Kebumen, 22 September 2013

                                 
                                                                                  Penulis


                                                                                                                                          
RESENSI BUKU

A.    IDENTITAS BUKU

1.    Judul                     : Benteng Remaja Menolak NARKOBA
2.    Penulis                  : R.W. Dodo, S.Pd.i
3.    Penerbit                : Nobel Edumedia
4.    Tahun terbit           : 2008
5.    Ketebalan buku       : 79 halaman


B.    ISI BUKU

          Istilah Narkoba sudah tidak asing lagi bagi kita. Baik media cetak maupun elektronik sering memberitakan tentang narkoba, baik pecandu maupun pengedarnya. Penggunaan narkoba sangat berbahaya apabila penggunaanya tidak tepat. Obat terlarang ini selain juga merusak kesehatan juga akan merusak generasi muda bangsa.                                                         Remaja merupakan masa yang paling rawan terhadap narkoba. Oleh karena itu, pengetahuan akan bahaya narkoba sangat penting bagi semua kalangan, khususnya remaja. Ada banyak cara untuk menghindari narkoba. Diantaranya, memilih pergaulan dengan teman yang baik, jangan lari dari masalah, serta peranan keluarga sangat penting dalam menanggulani pengaruh narkoba ini.
          Pemerintah juga sudah mengatur ancaman hukuman bagi pengguna dan pengedar narkoba yakni undang-undang No. 22 tahun 1997 tentang Narkotika dan undang-undang No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika. Apabila sudah terkena pengaruh narkoba, maka penderita akan sulit untuk memperbaikinya.
          Narkoba menghancurkan generasi muda bangsa, Narkoba membuat jiwa tidak tenang, Narkoba membuat efek negative terhadap fisik, maka katakan “TIDAK” Untuk narkoba.        




C.     KESIMPULAN

1.    KELEBIHAN
     Kelebihan dari buku ini yaitu dari segi temanya. Tema narkoba yang digunakan  dalam buku ini sangatlah pas, Karena pada saat ini mulai marak penyalahgunaan narkoba, khususnya pada kalangan remaja. 

2.    KEKURANGAN
     Kekurangan dari buku ini yaitu dari segi bahasa. Bahasanya terlalu bertele-tele jadi pembaca sulit memahami isi dari buku ini dan juga buku ini jarang ada di Perpustakan sekolah.

3.    MANFAAT
Ø  Buku ini sangat menginspirasi bagi semua kalangan khususnya remaja.
Ø  Buku ini bisa menambah pengetahuan kita akan bahaya narkoba.
Ø  Bagi guru buku ini juga bisa dipakai untuk proses pembelajaran di kelas.
Ø  Buku ini juga memberi amanat bagi pembaca untuk   menggunakan narkoba dengan benar.
4.    SARAN
a.    Untuk penulis
      Memang buku ini  sudah bagus, hanya saja yang kurang dari buku ini yaitu pada  isi buku yang kurang rinci, detail dan tata letaknya kurang pas.
b.    Untuk pembaca
     Bagi Pembaca, makalah ini belum tentu  sudah benar. Oleh karena itu jika ada tugas membuat resensi buku, carilah sumber buku yang lebih benar atau lebih lengkap.
      


PENUTUP
                   Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa selesailah sudah pengerjaan atau penulisan makalah ini dengan susunan yang sederhana namun detail. Penulis meyakini dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan namun kiranya wajar sebab penulis masih dalam taraf belajar.
                   Penulis mengharapkan kritikan dan saran dari pembaca yang bersifat membangun agar tercipta kesempurnaan makalah ini di masa mendatang. 

                   Penulis berharap, semoga Makalah resensi buku ini bermanfaat bagi siswa SMP N 3 Kutowinangun.                          

Ditulis Oleh : Unknown // 08.37
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.