Minggu, 15 Desember 2013

pasar konsumen dan pasar bisnis

http://newpediainfo.blogspot.com/
1. Point-point penting (key point) dalam materi “ Analisis Pasar Konsumen dan Pasar Bisnis” Pasar konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli /mendapatkan barang/jasa untuk konsumsi pribadi. Konsumen adalah : pelaku pembelian akhir barang / jasa untuk konsumsi pribadi Faktor –faktor yang mempengaruhi peilaku pembelian konsumen adalah : a. Faktor budaya Budaya, sub-budaya dan kelas sosial mempunyai peranan yang sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling dasar. b. Faktor sosial Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh beberapa faktor sosial diantaranya kelompok acuan, keluarga, serta peran dan status sosial. c. Faktor pribadi Faktor pribadi meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan dan lingkungan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, gaya hidup dan nilai. Hal ini penting bagi para pemasar karena memiliki dampak sangat langsung pada perilaku konsumen d. Faktor Psikologis Proses psikologis utama apakah yang memengaruhi tanggapan konsumen terhadap program pemasaran? a. Motivasi Motivasi berasal dari kata motif yaitu suatu kebutuhan yang cukup mampu mendorong seseorang bertindak. Ada tiga teori yang mendasari tentang wacana motivasi Teori Maslow tentang motivasi b. Persepsi c. Pembelajaran d. Memori Bagaimanakah cara pembeli membuat keputusan? Proses Pembelian Apakah yang disebut Pasar Bisnis? Dan apakah perbedaanya dengan Pasar Konsumen? Pasar bisnis merupakan suatu tempat dimana produsen-produsen melakukan penawaran barang dan jasa kepada para konsumen dengan strategi pemasaran yang handal untuk mempengaruhi konsumen agar dapat memiliki barang dan jasa yang ditawarkan produsen tersebut. Perbedaan pasar bisnis dengan pasar konsumen 1. Struktur pasar Pemasar bisnis biasanya berhubungan dengan pembeli yang jumlahnya jauh lebih sedikit tetapi berkapasitas lebih besar dari pada pemasar konsumen 2. Karakteristik permintaan dari permintaan konsumen Sifat permintaan bisnis merupakan sifat permintaan turunan.artinya naik turunnya permintaan terhadap produk-produk bisnis dipengaruhi oleh besar kecilnya permintaan konsumen terhadap sesuatu. 3. Karakteristik unit pembelian Disbanding dg pembelian konsumen , pembelian bisnis biasanya melibatkan peserta keputusan yanglebih banyak an usaha pembelian yang lebih professional. Pasar bisnis memiliki beberapa ciri yang sangat berbeda dengan pasar konsumen : a) Pembelinya lebih sedikit b) Pembelinya lebih besar c) Hubungan pemasok - pelanggan erat d) Para pembeli terkonsentrasi geografisnya e) Permintaan turunan f) Permintaannya tidak elastis g) Permintaaannya berfluktuasi h) Pembelian professional i) Kunjungan penjualan ganda j) Pembelian langsung k) Sewa guna usaha / leasing : Banyak pembeli industri menyewa guna usaha dan bukannya membeli peralatan berat seperti mesin dan truk. Penerima sewa guna ( lessee ) mendapat sejumlah keuntungan : menghemat modal, mendapatkan produk terbaru dari penjual, mendapat layanan yang lebih baik, dan mendapat penghasilan bersih yang lebih besar dan kesempatan untuk menjual kepada para pelanggan yang tidak mampu membeli tunai. Pengaruh Utama yang Mempengaruhi Pembeli Bisnis 1. Faktor Lingkungan Para pembeli bisnis memberi perhatian yang besar pada faktor – faktor ekonomi yang sedang berlangsung atau yang diperkirakan, seperti level produksi, investasi, pengeluaran konsumen, dan tingkat suku bunga. Pada masa resesi, pembeli bisnis mengurangi investasi untuk pabrik, peralatan, dan persediaan. Para pemasar bisnis hampir tidak dapat melakukan apa – apa untuk merangsang permintaan total di dalam lingkungan itu. Mereka hanya dapat berjuang keras untuk meningkatkan atau mempertahankan pangsa permintaan mereka. 2. Faktor Organisasi Setiap organisasi memiliki tujuan, kebijakan, prosedur, struktur organisasi, dan sistem yang spesifik, dan pemasar bisnis harus memahami factor-faktor ini dengan baik. Pertanyaan seperti ini bisa timbul: berapa banyak orang yang terlibat dalam keputusan pembelian? Siapa mereka? Apa kriteria evaluasi mereka? Apa kebijakan dan batasan perusahaan pada pembelinya? 3. Faktor Antar – Pribadi dan Faktor Pribadi Pusat pembelian biasanya terdiri dari beberapa peserta dengan minat, wewenang, status, empati, dan daya bujuk yang berbeda – beda. Para pemasar bisnis cenderung tidak mengetahui dinamika kelompok seperti apa yang muncul selama proses keputusan pembelian, walaupun semua informasi yang dapat ditemukannya tentang faktor kepribadian dan antar – pribadi akan bermanfaat. Proses pembelian bisnis 2. Analisis aplikasi konsep-konsep pasar konsumen dan pasar bisnis dalam kegiatan bisnis riel PT INDOMOBIL SUZUKI INTERNASIONAL Transaksi bisnis yang dilibatkan dalam produksi : Pemasok menjual besi , baja, mesin-mesin, peralatan, karet dan barang – barang lain kepada PT ISI yang diperlukan untuk membuat produknya Sedangkan Saluran distribusi PT ISI menggunakan three level channel, yaitu: PT Indomobil Suzuki Internasional bertindak sebagai pabrikan, maksudnya adalah bahwa PT ISI memproduksi produk produk kendaraan bermotornya di pabriknya sendiri. Sedangkan PT Indomobil Niaga Internasional berperan sebagai sole distributor (Agen tunggal) yang bertugas memasarkan produk Produk Suzuki kepada main dealer dan sub dealer. Main dealer biasanya mensuplai produk Suzuki dalam jumlah besar kepada sub dealer maupun langsung pada konsumen Pasar Konsumen/ Konsumen akhir mempunyai dua jenis dealer alterantif jika ingin membeli produk Suzuki, yaitu main dealer atau sub dealer PT. INDOFOOD (Khususnya Produk Indomie) Saluran pendistribusiannya sbb: Produsen Distributor agen Pasar swalayan/mini market/took toko kecil/grosir Konsumen Produsen ( sbg penyalur awal barang ) , produk dijual dengan skala besar ke tangan distributor (berperan sbg pemasok) selanjutnya di salurkan kea gen (sbg penyalur) ke swalayan/mini market, took,grosir barulah sampi pada konsumen. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen untk membeli Indomie 1. Faktor Budaya Masyarakat kita sebagian besar menyukai produk yang instan, cepat saji, mudah di dapat dan harganya lebih terjangkau.Sehingga Produk Indomie begitu popular di kalangan masyarakat 2. Faktor Pribadi Adalah factor pekerjaan, siklus hidup lingkungan dan keadaan ekonomi pribadi seseorang Ketika akam membeli suatu produk. 3. Factor bahwa Indomie adalah market leader (pemimin pasar) sehingga konsumen akan memilih produk yang sudah teruji kualitasnya.

Ditulis Oleh : Unknown // 15.19
Kategori:

1 komentar :

 
Diberdayakan oleh Blogger.