Kamis, 27 November 2014

Masalah Sistem Toko West Alameda

Masalah Sistem pada Toko West Alameda (Studi kasus materi sistem informasi manajemen)
   1.      Tempat parkir yang penuh hingga harus menunggu 10 menit untuk dapat memparkirkan kendaraannya.
   2.      Antrian kasir yang panjang dikarenakan dari 15 tempat kasir yang tersedia hanya 4 yang buka dan melayani pembeli.
   3.      Habisnya stock penyala arang yang disebabkan oleh truk yang membawa persediaan rusak di Tuba City sehingga menyebabkan antrian panjang sehingga kasir harus memberikan kupon pemesanan, akibatnya petugas bekerja 2 kali.
  4.      Keadaan gudang yang berantakan menyebabkan susahnya menemukan penyala arang yang dibutuhkan konsumen.
   5.      Antrian panjang yang disebabkan oleh orang – orang yang menunggu untuk menguangkan cek dan mengembalikan pembelian karena pengemasan barang belenjaan yang tidak baik.
   6.      Salah satu dari kasirnya adalah seorang manajer took tersebut, sehingga dia merangkap jabatan dalam posisinya.



Tindakan perbaikan yang mungkin dilakukan :
   1.      Kendala lingkungan adalah area parkir yang sempit, perusahaan dapat menata ulang pembuatan area parkir dengan melebarkan area agar pengunjung lebih nyaman saat datang ke toko tersebut.
   2.      Kurangnya tenaga kasir yang menyebabkan antrian panjang dapat di selesaikan dengan menambah jumlah karyawan bagian kasir, semakin lancar kondisi di dalam gedung, maka semakin banyak pula orang-orang yang berminat membeli di took tersebut.
   3.      Dalam sebuah perusahaan yang membutuhkan pemasok, seharusnya mempunyai lebih dari satu pemasok yang professional sehingga apabila terjadi hal yang tidak inginkan dapat diatasi dengan baik.
   4.      Pengaturan persediaan yang buruk dapat diperbaiki dengan menata ulang kondisi persediaan yang dapat memudahkan para pegawainya untuk menyediakan barang yang dibutuhkan konsumen.
   5.      Pengemasan barang konsumen seharusnya dipisahkan oleh pegawai tersendiri yang mempunyai keahlian pengemasan  sehingga barang yang diberiakn lebih berkualitas.
    6.      Seorang manajer tidak seharusnya menangani hal-hal seperti kasir secara langsung karena dia telah memiliki tugas tersendiri sesuai strandar manajer secara umum.
Sistem Konseptual yang Dilakukan :
System yang digunakan adalah system lingkaran tertutup yaitu suatu sitem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian. System seperti ini dapat mengendalikan output-nya dengan membuat penyesuaian-penyesuaian pada input-nya.
Jadi, untuk menghasilkan output yang memuaskan, perlu diperbaiki terlebih dahulu input yang masih tidak sesuai system dimana dapat merusak target output yang maksimal.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.