Selasa, 25 November 2014

Mengelola TI dalam permainan merger dan akuisisi

Sesi Interaktif : Manajemen
MENGELOLA TI DALAM PERMAINAN MERGER DAN AKUISISI

    1.      Sebutkan beberapa risiko yang dilibatkan saat satu perusahaan mengakuisisi infrastruktur TI perusahaan lain !

Risiko kerugian financial, karena perusahaan pengakuisisi menilai terlalu tinggi asset infrastruktur TI perusahaan yang diakuisis, karena mungkin infrastruktur TI mereka sudah ketinggalan jaman, aplikasi-aplikasi barunya sudah tertinggal jauh dibelakang dengan aplikasi-aplikasi perusahaan pesaing.
Perusahaan yang diakuisisi kemungkinan besar telah mengabaikan  pemeliharaan mengenai infrastruktur TI mereka karena untuk mengurangi biaya-biaya dan memperbesar keuntungan.
Biaya baru yang cukup besar karena untuk proses mentransfer lisensi peranti lunak  perusahaan yang diakuisisi ke perusahaan barunya. Infrastruktur TI perusahaan yang diakuisisi mungkin sudah ketinggalan jaman dan system perusahaan tidak sesuai  dengan system pada perusahaan pengakuisisi, sehingga perusahaan kesulitan dalam menggabungkan system TI keduanya ataupun untuk menciptakan system baru.

    2.      Mengapa perusahaan seringkali  gagal memperhitungkan system informasi  dan infrastruktur TI perusahaan yang akan diakuisisi ?

Karena perusahaan pengakuisisi terlalu menganggap remeh resiko akuisisi dan kurang sistematis dalam memperhitungakan asset perusahaan yang akan diakuisisi sehingga kebanyakan dari mereka menilai  terlalu tinggi infrasttruktur TI perusahaan yang akan di akuisisi.
Karena mungkin para manajer salah memperhitungkan  bahwa sesungguhnya infastruktur TI perusahaan yang diakuisisi lebih baik daripada perusahaannya, tetapi mereka mamaksakan untuk memberhentikannya dan mengganti dengan system yang baru dan memakan biaya yang besar.


    3.      Apa yang akan anda lakukan dalam memperkirakan nilai infrastruktur  TI dan kapabilitass operasional perusahaan lain?
Pertanyaan apa yang akan anda ajukan ?
            Yang akan saya lakukan dalam memperkirakan nilai infrastruktur TI dan kapabilitas operasional perusahaan lain yaitu : saya akan mengkategorikan asset-aset infrastruktur TI perusahaan lain ke kategori penting ( bernilai tinggi ), sedang dan kurang penting. Penting apabila infrastruktur TI perusahaan lain adalah yang dimana system informasinya setara dengan pesaing (misalnya aplikasinya  tidak tertinggal dengan aplikasi perusahaan lain/update, dan apakah palanggan mereka sangat tergantung dengan system yang mereka miliki.
Pertanyaan yang akan saya ajukan :
1.      Seberapa tergantung proses bisnis dan operasional perusahaan anda dengan system Informasi yang Anda miliki?
2.      Seberapa besar pelanggan yang bergantung dengan aplikasi/system TI yang anda miliki mengenai layanan yang Anda berikan kepada pelannggan?
3.      Apakah system TI perusahaan anda ini merupakan system yang mutakhir (dalam artian tidak tertinggal dengan aplikasi  dengan perusahaan lain )

4.      Berapa nilai mengenai infrastruktur TI yang anda miliki dalam perusahaan ini?

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.