Jumat, 05 Desember 2014

Apakah alih kontrak ke luar negeri menimbulkan dilema etis? Mengapa atau mengapa tidak?

      Apakah alih kontrak ke luar negeri  menimbulkan dilemma etis? Mengapa atau mengapatidak?
                   Alih kontrak ke luar negeri merupakan strategi perusahaan saat ini  untuk menu    runkan biaya mereka dengan mencari sumber-sumber tenaga kerja  yang lebih murah . Keinginan untuk tenaga kerja murah didorong oleh motif keuntungan . Dengan biaya menurun , perusahaan berharap dapat meningkatkan keuntungan . Salah satunya adalah untuk ekspor/memindahkan  pekerjaan ke negara-negara di mana  tingkat gaji  yang lebih rendah
                   Alih kontrak ke luar negeri menimbulkan dilema etis karena,  merampas pekerjaan  dari orang-orang  dinegara dengan tingkat upah tinggi dimana perusahaan itu berdiri yang seharusnya mereka dapat  memperoleh pekerjaan, tetapi karena alih kontrak keluar negeri dimana pekerjaan  dipindahkan ke negara dengan tingkat upah yang lebih rendah. Selain itu juga memaksa  pekerja di negara dengan tinngkat upah tinggi untuk mau menerima upah rendah agar tetap bekerja.
                  Disisi lain, alih kontrak juga tidak dapat dihindari dalam era bisnis globalisasi saat ini, globalisasi  telah membuka pasar besar bagi produk-produk dari negara-negara maju dan  telah memberikan pelanggan dengan barang-barang baru dan lebih murah ( membuat haganya lebih kompetitif), artinya tingkat persaingan yang semakin ketat, dimana perusahaan harus   memberikan kualitas yang baik dengan biaya yang murah agar tetap terus bertahan. Perusahaaan alih kontrak ke luar negeri serng kali memberikan kualitas keja yang lebih baik dengan bia  ya yang lebih rendah. 

Apakah alih kontrak keluar negeri harus dibatasi? Bagaimana cara untuk membatasinya ? Mengapa atau mengapa tidak?
a.         Ya, alih kontrak ke luar negeri harus dibatasi karena ahli kontrak ke luar negeri memin    dahkan pekerjaan dari negara dengan tingkat upah tinggi ke nagara-negara dengan tingkat upah rendah akan merampas pekerjaan pada suatu negara yang tingkat upahnya tinggi dan memaksa pekerja untuk mau menerima upah rendah untuk tetap bekerja. 


b.         Cara membatasinya yaitu 
v  Dengan membagi pekerja  kontrak luar negeri ke dalam pekerjaan yang sifatnya ren    dah pemrograman dipindahkan ke negara-negara yang upahnya rendah sedangkan pekerjaan perancangan tingkat tinggi  menajerial dan manajemen diterapkan di dalam  ne geri.  seperti contoh untuk pekerja kontrak luar negeri mendapatkan  pekerjaan di pusat panggilan telepon, pekerjaan telemarketing, serta pekerjaan perbankan dan asu ransi.
v  Negara harus membuat rancangan undang – undang yang mengharuskan lembaga negara dan kontraktor untuk menggunakan tenaga kerja dari dalam. Seperti peraturan komposisi pekerjaan untuk di alihkan ke luar negeri.
c.         Karena dikawatirkan pekerja yang terdidik dan terlatih dengan baik akan terdesak karena dampak globalisasi seperti halnya dengan cara pekerja kasar. Meskipun perusahaan alih kontrak luar negeri sering kali memberikan kualitas kerja yang lebih baik dengan biaya lebih rendah.
  
    Bagaimana mungkin melakukan alih kontrak di AS dapat menciptakan pekerjaan baru di AS      pula? Jelaskan !
                   Dengan cara perusahaan yang alih kontrak ke luar negeri menggunakan sebagian besar dari keuntungannya untuk memperluas bisnis di negaranya dengan menciptakan bisnis baru yang dapat tenaga kerja di dalam negeri tersebut. Diperkirakan lebih dari 200.000 pekerjaan yang berhubungan dengan TI, dari pemrograman tingkat rendah sampai administrasi system, manajemen, dan perancangan yang diterapkan di Amerika serta pengaruh ahli kontrak ke luar negeri terhadap industry teknologi informasi sehingga pertengahan juli 2003 IBM membuat berita besar ketika pers mengetahui rencana perusahaan untuk memindahkan lebih banyak pekerjaan pemrograman dan pekerjaan kerah putih lainnya ke luart negeri. Sehingga IBM telah mempekerjakan kurang lebih 40.000 orang ke India pada tahun 2006.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.