Rabu, 26 November 2014

Merawat kebebasan berekspresi dan menuangkan perasaan, pendapat yang beretika di internet

Merawat kebebasan berekspresi dan menuangkan perasaan,
pendapat yang beretika di internet

               Ekspresi dapat diartikan sebagai memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, ataupun pandangan  muka yang memperlihatkan perasaan seseorang. Sedangkan etika adalah sikap atau cara memahami hak-hak orang lain, bentuknya seperti saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata karma. Pengertian lainnya yaitu : aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

               Seringkali anak-anak usia remaja mengekspresikan dirinya baik dalam hal selfie  (foto narsis) maupun mengkritik berita /  hal apapun yang sedang tenar--tenarnya melalui sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dll, dengan cara-cara yang sebenarnya kurang beretika. Sebagai contoh pada waktu pilpres 2014, ketika salah seorang memposting kejelekan dari salah satu calon presiden, maka akan ditanggapi komentar, kritikan dari orang lain yang pro  dengan capres tersebut yang kebanyakan dari komentar mereka bersifat menjelekkan pihak lawan, seperti mengatakan kata-kata yang kurang sopan.

                 Mengetahui kapan dan bagaimana cara terbaik untuk mengekspresikan apa yang kita pikirkan dan rasakan, kita harus dapat mengendalikan emosi kita, walaupun di ranah dunia maya seperti di sosial media dimana semua orang bebas menyatakan pendapatnya, tetapi  seringkali reaksi kita pada saat pikiran dan perasaan yang membawa kita untuk mengekspresikan diri, tidak menyadarinya bahwa hal tersebut baik atau buruk.  Sebagai manusia yang berpendidikan dan beretika, tidak sepantasnya hal-hal yang memalukan dari kita, kita share ke publik.

               Memang , kebebasan berekspresi harus rajin dilindungi sebagai bentuk etika, dan tidak ada hak orang yang dirugikan, karena kita hidup dijaman modern, semua serba terkomputerisasi dengan internet sebagai jalur utama untuk mengekpresikan diri, menuangkan semua perasaan. Dibutuhkan  tindakan hukum untuk melindungi perorangan dari publikasi kebohongan, merusak nama baik dan kita perlu pedoman yang memfasilitasi tanggung jawab sosial di media massa.

               Mulailah mengekspresikan diri dari hal-hal yang positif yang dapat memberikan motivasi orang lain untuk melakukannya, seperti ketika saat kita melakukan bakti sosial, menyalurkan bantuan kepada orang yang membutuhkannya, kita mengshare kegiatan-kegiatan yang luhur sekaligus menyenangkan tersebut sehingga orang lain termotivasi untuk melakukan hal tersebut.


bakti sosial
baksos
pendapat
menyatakan pendapat di forum









 Sekian dan terima kasih,,,…

Ditulis Oleh : Unknown // 12.54
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.