Senin, 03 Februari 2014

Analisis Pekerjaan dan Tenaga Kerja

Analisis Pekerjaan dan Analisis Tenaga Kerja

Materi oleh Bpk. Ridwan Baraba, SE. MM.

A.    Pengertian Analisis Pekerjaan

Marihot Tua EH:“ Sebagai pengumpulan, penilaian, dan penyusunan informasi secara sistematis mengenai tugas – tugas dalam organisasi, yang biasanya dilakukan oleh seorang ahli.”
Dengan kata lain usaha u/ mencari tau tentang jabatan atau pekerjaan yang berkaitan dengan tugas – tugas yang dilakukan dalam pekerjaan tersebut.
Data yang dikumpulkan meliputi tugas – tugas , tanggung jawab, kemampuan manusia dan standar unjuk kerja.

B.     Dimensi Pekerjaan
Ada lima dimensi yang saling berkaitan dan dapat menentukan tingkat produktivitas kerja dan keputusan kerja (Simamora, 2004):
  1. Fisik
  2. Psikologis
  3. Sosial
  4. Kultural
  5. Kekuasaan
C.     Tujuan Analisis Pekerjaan
1.      Job Description
  1. Job Classification
  2. Job Evaluation
  3. Job Design Restructuring
  4. Personnel Requirement atau Specification
  5. Performance Appraisal
  6. Worker Training
  7. Worker Mobility
  8. Efficiency
  9. Safety
  10. Human Resource Planning
  11. Legal atau Quasi Legal Requirements

D.    Manfaat Analisis Pekerjaan

1.      Analisis Penyusunan Kepegawaian
  1. Desain Organisasi
  2. Redesain Pekerjaan
  3. Telaah dan Perencanaan Kinerja
  4. Suksesi Manajemen
  5. Pelatihan dan Pengembangan
  6. Jalur Karier
  7. Kriteria Seleksi
  8. Evaluasi Pekerjaan

E.     Jenis Analisis Pekerjaan
1.      Analisis Pekerjaan Tradisional, hanya mencari informasi tentang tiga aspek: Tanggung jawab, Kewajiban – kewajiban dan Kualifikasi – kualifikasi.
  1. Analisis Pekerjaan Berorientasi Hasil, analisis ini memuat keterangan – keterangan yang berkisar pada pertanyaan – pertanyaan seperti: Tasks, Condition, Standards, SKAs, Qualifications.
F.      Teknik Pengumpulan Informasi Analisis Pekerjaan
Menurut S. Mangkuprawira, 2011:
1.      Observasi
2.      Wawancara
3.      Kuesioner
4.      Catatan Kerja Harian Karyawan
G.    Tahap – Tahap Analisis Pekerjaan
  1. Perencanaan Analisis Pekerjaan
1.      Mempersiapkan dan Mengkomunikasikan Analisis Pekerjaan
  1. Melakukan Analisis Pekerjaan
  2. Mengembangkan Uraian Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan
  3. Mempertahankan dan Memutakhirkan Uraian Pekerjaan dan Spesifikasi Pekerjaan

I.       Aspek Pekerjaan yang Dianalisis
1.      Keluaran Pekerjaan
  1. Aktivitas atau Tugas yang Dilakukan
  2. Kemampuan atau Kompetensi
  3. Struktur Imbalan atau Balas Jasa

J.       Analisis Tenaga Kerja
Merupakan penilaian terhadap tenaga kerja yang ada dalam suatu departmen dan yang pindah ke dalam, melalui atau keluar dari departmen tersebut.
Analisis ini dapat mencakup: jumlah tenaga kerja, komposisi tenaga kerja, kualitas tenaga kerja.








Ditulis Oleh : Unknown // 10.08
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.