Senin, 03 Februari 2014

Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan Sumber Daya Manusia

Materi oleh Bpk. Ridwan Baraba, SE. MM.

A.    Pengertian dan Manfaat Perencanaan SDM

Perencanaan merupakan proses untuk memutuskan tujuan – tujuan apa yang akan dicapai selama periode waktu mendatang dan apa yang akan dilakukan agar mencapai tujuan tersebut.
Pengertian Perencanaan SDM, yaitu: Kegiatan yang berkaitan dengan memprediksi atau memperkirakan seberapa banyak orang atau pegawai yang dibutuhkan untuk melakukan tugas – tugas, baik jumlahnya maupun jenisnya, berapa yang akan tersedia, dan apa yang dilakukan untuk memastikan bahwa penawaran sama dengan permintaan pada waktu yang bersamaan (Torrington dan Tan Chwee Huat).


Perencanaan sumber daya manusia yang efektif dua hal, yaitu perencanaan kepegawaian dan perencanaan program (Simamora, 2004).
Manfaat Perencanaan SDM (Irawan):
Mengoptimalkan SDM yang ada.
Memperkirakan kebutuhan SDM yang akan datang.
Memberikan gambaran situasi pasar kerja yang tepat.
Sebagai dasar penyusunan program – program SDM.

B.     Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perencanaan SDM

1.      Faktor Internal: berbagai kendala yang terdapat di dalam organisasi itu sendiri, meliputi: rencana strategik, anggaran, estimasi produksi dan penjualan, usaha atau kegiatan baru, rancangan organisasi dan tugas pekerjaan.
2.      Faktor Eksternal: berbagai hal yang pertumbuhan dan perkembangannya berada diluar kemampuan organisasi untuk mengendalikannya, meliputi: situasi ekonomi, sosbud, politik, peraturan perundang-undangan, teknologi, pesaing.
Kedua faktor saling berinteraksi dan berpengaruh. Perencanaan SDM harus bertitik tolak dari pengkajian terhadap kedua faktor itu.
C.     Perencanaan SDM untuk Organisasi Kecil

Manajemen SDM dan akhirnya Perencanaan SDM adalah Penting pada organisasi kecil. Masalah manusia berada di antara hal yang paling membuat frustasi bagi pemilik usaha kecil dan bersifat wiraswasta:
1.      Evolusi Kegiatan SDM
2.      Perusahaan Kecil dengan isu keluarga.




Ditulis Oleh : Unknown // 11.09
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.