Senin, 03 Februari 2014

Manajemen SDM

Mengelola SDM
Materi oleh Bpk. Ridwan Baraba, SE. MM.

CEO yang berhasil: mampu melihat SDM sebagai aset yang harus dikelola (diarahkan) sesuai dengan kebutuhan bisnis dalam waktu dekat.

Pengelolaan ini melibatkan banyak orang dan butuh waktu yang lama hal ini juga berarti adanya upaya menyelesaikan masalah yang ada sekarang dengan tetap berorientasi jangka panjang dan adanya perbaikan cara kerja sehingga hasil yang diinginkan dapat dicapai dengan cepat.

Pengelolaan SDM meliputi: (1). Kegiatan mengelola karyawan, kebijakan, dan praktik yang dapat digunakan perusahaan sekarang, (2). Mengelola kekuatan” perubahan seperti teknologi, restrukturisasi bisnis, masalah hukum serta sosial, dan sebagainya, yang harus ditelaah organisasi supaya dapat memposisikan dirinya.
Kemitraan dalam Mengelola SDM
SDM tidak dapat dikelola hanya oleh mereka yang tergabung dalam departemen SDM namun semua manajer perusahaan bertanggung jawab untuk memimpin karyawan.
“Sumber daya manusia terlalu penting untuk ditangani oleh departemen SDM.” (Merck).

Kompetensi dan Karier M SDM
Praktisi SDM harus memiliki kompetensi inti, kompetensi pada tingkat spesifik, dan kompetensi peran spesifik.
Ada tiga kemampuan penting yang harus dimiliki: (1). Pengetahuan tentang Bisnis dan Organisasi. (2). Pengaruh dan Perubahan Manajemen. (3). Pengetahuan dan Keahlian SDM yang spesifik.
Strategi Bersaing dalam M SDM
Kemampuan untuk meraih dan mempertahankan keunggulan kompetitif merupakan upaya yang harus dilakukan perusahaan guna meningkatkan pertumbuhan dan kesejahteraan perusahaan.
Salah satu cara melakukan hal ini adalah melalui inisiatif strategik  yaitu: kemampuan untuk melakukan pengendalian atas perilaku strategik dalam industri dimana perusahaan itu berkompetisi.
 Terdapat tiga kompetisi bersaing: (1). Strategi Inovasi, (2). Strategi Peningkatan Mutu, (3). Strategi Pengurangan biaya.
Pemilihan Strategi Bersaing dalam MSDM
Pemilihan strategi mana yang terbaik tergantung bbrp faktor: keinginan pelanggan, sifat kompetitifnya.
Organisasi dapat menerapkan sekaligus lebih dari satu strategi, meskipun hal itu akan menghadirkan tantangan.
Top Manajemen mempunyai tugas dalam hal ini diantaranya; memberikan fasilitas dengan memisahkan unit atau fungsi bisnis yang memiliki strategi kompetisi yang berbeda.
Kecenderungan dalam M SDM
Adanya kecenderungan – kencenderungan baru yang akan berdampak sangat positif terhadap perkembangan dan efektivitas organisasi, baik publik maupun privat, baik kecil maupun besar.
Pencapaian Kinerja Organisasi
Kinerja organisasi dapat dilihat dari tingkat efektifitas produk tersebut dan bagaimana pelayanan organisasi diteruskan pada para pelanggan.
Sasaran dari MSDM adalah menciptakan kegiatan yang merupakan kontribusi menuju superior organization performance.
Etika SDM
Etika berhubungan dengan apa yang seharusnya dilakukan. Bagi manajer SDM mereka harus dapat bertindak secara relatif terhadap masalah SDM yang diberikan.
Masalah etika dalam manajemen termasuk dalam MSDM sering memiliki lima dimensi: (1). Konsekuensi Berkelanjutan, (2). Alternatif Beragam, (3). Hasil Campuran, (4). Konsekuensi yang tidak pasti, (5). Dampak Pribadi.

Ditulis Oleh : Unknown // 10.58
Kategori:

0 komentar :

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.